Iklan

Iklan

Pertanyaan

Interaksi kompetesiakan terjadi apabila relung dasar ( fundamental niche ) dari dua spesies yang berbeda saling selingkup SEBAB Selingkupan merupakan relung yang sesungguhnya ( realized niche ) dari dua spesies tersebut.

Interaksi kompetesiakan terjadi apabila relung  dasar (fundamental niche) dari dua spesies yang berbeda saling selingkup

SEBAB

Selingkupan merupakan relung yang sesungguhnya (realized niche) dari dua spesies tersebut.

  1. Pernyataan benar, sebab benar, saling berkaitan

  2. Pernyataan benar, sebab benar, tidak saling berkaitan

  3. Pernyataan benar, sebab salah,

  4. Pernyataan salah, sebab benar,

  5. Pernyataan salah, sebab salah

Iklan

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tipe relung menurut Hutchinson terbagi menjadi dua yaitu: 1. Relung dasar ( Fundamental niche ) merupakan segala kondisi lingkungan yang memungkinkan suatu organisme dapat bertahan hidup tanpa adanya pesaing. 2. Relung nyata ( Realized niche ) merupakan kondisi lingkungan yang memungkinkan organisme atau populasi dapat bertahan hidup dengan baik meski adanya pesaing. Berdasarkan definisi dan soal di atas dapat disimpulkan pernyataan pertama adalah benar. Apabila terdapat dua relung dasar yang saling selingkup dari dua spesies berbeda maka akan terjadi interaksi kompetisi. Sementara selingkupannya merupakan relung nyata dari dua spesies tersebut, sebab di relung nyata itu terdapat kompetisi.

 

Tipe relung menurut Hutchinson terbagi menjadi dua yaitu:

1.  Relung dasar (Fundamental niche) merupakan segala kondisi lingkungan yang memungkinkan suatu organisme dapat bertahan hidup tanpa adanya pesaing.

2. Relung nyata (Realized niche) merupakan kondisi lingkungan yang memungkinkan organisme atau populasi dapat bertahan hidup dengan baik meski adanya pesaing.

Berdasarkan definisi dan soal di atas dapat disimpulkan pernyataan pertama adalah benar. Apabila terdapat dua relung dasar yang saling selingkup dari dua spesies berbeda maka akan terjadi interaksi kompetisi. Sementara selingkupannya merupakan relung nyata dari dua spesies tersebut, sebab di relung nyata itu terdapat kompetisi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Levi Mumpo

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh kompetisi terlihat pada ... (1) anggrek yang tumbuh sebagai epifit di batang pohon (2) hifa ektomikoriza dan akar pinus (3) ikan remora dan ikan paus (4) tanaman cabe dan rumput teki di s...

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia