Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kewajiban pengguna pertamaks untuk mobil dinas pemerintah, badan usaha milik negera, dan badan usaha milik daerah ternuata membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah. Sejumlah daerah mengajukan tambahan dana untuk membeli pertamaks. Pembatasan bahan bakara minyak (BBM) bersubsidi pada mobil dinas disikapi pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan menaikkan anggaran operasional kendaraan. Kenaikkan anggaran ini menuai keceman dari lembaga swadaya masyarakat karena justru akan memebebani rakyat. Ada kemungkinan anggaran opersional kendaran dinasa akan membekak karena harga pertamaks dua kali lipas harga premium. Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

Kewajiban pengguna pertamaks untuk mobil dinas pemerintah, badan usaha milik negera, dan badan usaha milik daerah ternuata membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah. Sejumlah daerah mengajukan tambahan dana untuk membeli pertamaks. Pembatasan bahan bakara minyak (BBM) bersubsidi pada mobil dinas disikapi pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan menaikkan anggaran operasional kendaraan. Kenaikkan anggaran ini menuai keceman dari lembaga swadaya masyarakat karena justru akan memebebani rakyat. Ada kemungkinan anggaran opersional kendaran dinasa akan membekak karena harga pertamaks dua kali lipas harga premium.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

  1. Kewajiban menggunakan BBM nonsubsidi

  2. dampak kewajiban penggunaan pertamaks

  3. batas penggunaan BBM pada mobil dinas

  4. kecaman dari Lembaga Swadaya Masyarakat

  5. Pengajuan tambahan dana pada pemerintah

Iklan

H. Utami

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Ide pokok adalah ide yang menjiwai (yang menjadi dasar) keseluruhan isi teks. Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Dalam hal ini, kalimat utama adalah kalimat pertama, Kewajiban pengguna untuk mobil dinas pemerintah, badan usaha milik daerah ternyata membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah. Dalam klausa membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah terkandung ide pokok secara implisit, yakni dampak kewajiban penggunaan pertamaks. Kalimat ini dipertegas oleh kalimat selanjutnya, Sejumlah daerah mengajukan tambahan dana untuk membeli pertamaks … Adapun jenis paragraf ini adalah paragraf deduktif, yakni paragraf yang kalimatnya terletak di awal. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Ide pokok adalah ide yang menjiwai (yang menjadi dasar) keseluruhan isi teks. Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Dalam hal ini, kalimat utama adalah kalimat pertama, Kewajiban pengguna untuk mobil dinas pemerintah, badan usaha milik daerah ternyata membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah. Dalam klausa membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah terkandung ide pokok secara implisit, yakni dampak kewajiban penggunaan pertamaks. Kalimat ini dipertegas oleh kalimat selanjutnya, Sejumlah daerah mengajukan tambahan dana untuk membeli pertamaks… Adapun jenis paragraf ini adalah paragraf deduktif, yakni paragraf yang kalimatnya terletak di awal. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan ide pokok pada paragraf pertama!

28

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia