Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan teks berikut.
 

Budi daya ikan lele adalah salah satu usaha yang patut dicoba karena mudah dan menguntungkan. Beberapa keuntungan budi daya ikan lele, antara lain memiliki pangsa pasar yang luas, peralatannya relatif mudah, yakni kita tidak perlu memberikan perlakuan khusus dalam merawat atau membudidayakan ikan lele karena ikan lele termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Selain peralatannya yang mudah, ikan lele juga dapat dipanen dalam waktu yang singkat.undefined 

Buatlah pemetaan teks (peta konsep) yang sesuai dengan uraian isi teks tersebut!

Buatlah pemetaan teks (peta konsep) yang sesuai dengan uraian isi teks tersebut!undefined 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

peta konsep diawali dengan gagasan pokok teks, kemudian diberi cabang berisi poin-poin penting yang terdapat pada kalimat penjelasnya.

peta konsep diawali dengan gagasan pokok teks, kemudian diberi cabang berisi poin-poin penting yang terdapat pada kalimat penjelasnya. space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Peta konsep adalah ilustrasi grafis yang menggambarkan hubungan antarkonsep. Untuk membuat peta konsep dari paragraf yang telah diberikan, perlu diketahui terlebih dulu kalimat utama dan kalimat penjelas yang dimilikinya. Kalimat utama adalah kalimat berisi hal utama yang dibicarakan pada paragraf, sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat berisi penjabaran dari kalimat utama. Dengan mengetahui kalimat utama dan kalimat penjelas maka dapat diketahui pula gagasan pokok dari paragraf tersebut. Kalimat utama dapat berada di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), ataupun di awal dan akhir paragraf (campuran). Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah "Budidaya ikan lele adalah salah satu usaha yang patut dicoba karena mudah dan menguntungkan." karena kalimat kedua hingga kalimat akhir berisi penjabaran keuntungan dalam membudidayakan ikan lele. Dengan demikian, gagasan pokok yang didapat dari paragraf tersebut adalah k euntungan budidaya lele. Kemudian, cabangdari peta konsep tersebut adalah poin-poin penting pada kalimat penjelas, yaitumemiliki pangsa pasar yang luas, peralatan yangrelatif mudah, dan dapat dipanen dalam waktu singkat. Dengan demikian, peta konsep diawali dengan gagasan pokok teks, kemudian diberi cabang berisi poin-poin penting yang terdapat pada kalimat penjelasnya.

Peta konsep adalah ilustrasi grafis yang menggambarkan hubungan antarkonsep. Untuk membuat peta konsep dari paragraf yang telah diberikan, perlu diketahui terlebih dulu kalimat utama dan kalimat penjelas yang dimilikinya. Kalimat utama adalah kalimat berisi hal utama yang dibicarakan pada paragraf, sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat berisi penjabaran dari kalimat utama. Dengan mengetahui kalimat utama dan kalimat penjelas maka dapat diketahui pula gagasan pokok dari paragraf tersebut.

Kalimat utama dapat berada di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), ataupun di awal dan akhir paragraf (campuran). Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah "Budidaya ikan lele adalah salah satu usaha yang patut dicoba karena mudah dan menguntungkan." karena kalimat kedua hingga kalimat akhir berisi penjabaran keuntungan dalam membudidayakan ikan lele. Dengan demikian, gagasan pokok yang didapat dari paragraf tersebut adalah keuntungan budidaya lele.

Kemudian, cabang dari peta konsep tersebut adalah poin-poin penting pada kalimat penjelas, yaitu memiliki pangsa pasar yang luas, peralatan yang relatif mudah, dan dapat dipanen dalam waktu singkat.

Dengan demikian, peta konsep diawali dengan gagasan pokok teks, kemudian diberi cabang berisi poin-poin penting yang terdapat pada kalimat penjelasnya. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Rafa Al Hafidz

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget

FySeok

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah .....

8

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia