Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Indonesia memiliki banyak sekali warisan budaya yang sarat dengan makna filosofis. Salah satunya adalah rumah adat khas suku Dayak. Rumah ini masih bisa ditemukan di Kalimantan Tengah. Keunikan dari rumah ini adalah nilai filosofisnya yang sangat menginspirasi. Rumah adat ini bernama rumah panjang atau dalam bahasa Dayak disebut Huma Betang.

    Dari segi arsitektur, Huma Betang biasanya mempunyai panjang 150 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 3 meter. Rumah ini berjenis panggung, karena pada zaman dahulu suku Dayak kebanyakan tinggal di daerah pinggiran sungai. Bentuk rumah yang demikian, bertujuan untuk mencegah rumah terendam banjir dan menghindari serangan hewan buas.

    Dalam satu Huma Betang, biasanya dihuni oleh beberapa keluarga. Mereka hanya terpisahkan sebuah sekat untuk membedakan keluarga satu dengan yang lain. Masyarakat Dayak hidup berdampingan dan kompak dengan beberapa keluarga meskipun satu rumah. Hal ini karena tingginya rasa kekerabatan dan merasa semuanya bersaudara. Tanggung jawab merupakan hal yang dijunjung tinggi dalam masyarakat Dayak. Dengan adanya tanggung jawab, maka muncul budaya untuk menghormati sesama. Masyarakat Dayak memberikan contoh bagaimana cara hidup bermasyarakat lewat Huma Betang. Tidak pernah ada perselisihan, saling menghargai, menghormati, dan saling tolong-menolong merupakan sesuatu yang mereka junjung tinggi.

https://www.goodnewsfromindonesia.idspace 

Gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah .....

Gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah .....space 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah segi arsitektur Huma Betang.

gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah segi arsitektur Huma Betang.space 

Iklan

Pembahasan

Gagasan utama adalahide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf.Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok suatu paragraf dapat ditemukan dalam kalimat utama. Gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah segi arsitektur Huma Betang. Hal itu karena gagasan tersebut menjadi topik pembahasan dalam paragraf kedua. Dengan demikian, gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah segi arsitektur Huma Betang.

Gagasan utama adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Ide pokok suatu paragraf dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah segi arsitektur Huma Betang. Hal itu karena gagasan tersebut menjadi topik pembahasan dalam paragraf kedua.

Dengan demikian, gagasan utama paragraf kedua dari bacaan di atas adalah segi arsitektur Huma Betang.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan ide pokok pada paragraf pertama!

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia