Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketika sebagian besar besar anggota masyarakat sepakat tentang batas-batas teritorial negaranya, ini berarti ...

Ketika sebagian besar besar anggota masyarakat sepakat tentang batas-batas teritorial negaranya, ini berarti ...

  1. terdapat konsensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama sebagai bangsa harus diwujudkan dan keputusan diselenggarakan

  2. terdapat keyakinan untuk mempertahankan negara sesuai dengan batas-batasnya

  3. terdapat kesadaran nasional yang membedakan apakah seseorang termasuk sebagai warga suatu bangsa atau tidak

  4.  

    terdapat konsensus nasional akan membela negara yang ditempatinya


  5. terdapat konsensus nasional tentang jurnlah warga negaradan batas teritorial negaranya

Iklan

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Menurut pendapat R. William Liddle suatu integrasi nasional yang tangguh hanya dapat berkembang apabila: Sebagian besar anggota suatu masyarakat bangsa sepakat atas batas-batas teritoral dari negara sebagai suatu kehidupan politik dalam mana mereka menjadi warganya. Oleh karena anggota masyarakat tersebut memiliki kesadaran bersama sebagai kesatuan warga dalam lingkup batas-batas teritorial yang telah disepakati, sebagian masyarakat tersebut menciptakan konsensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama sebagai bangsa harus diwujudkan dan diselenggarakan. Keseluruhan hal tersebut dilakukan dengan tujuan menciptakan integrasi nasional yang kuat. Apabila sebagian besar anggota masyarakat tersebut bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan daripada proses politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat di atas wilayah tersebut. Integrasi nasional yang tangguh hanya akan berkembang di atas konsensus nasional mengenai batas-batas suatu masyarakat politik dan sistem politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat tersebut.

Menurut pendapat R. William Liddle suatu integrasi nasional yang tangguh hanya dapat berkembang apabila:

  1. Sebagian besar anggota suatu masyarakat bangsa sepakat atas batas-batas teritoral dari negara sebagai suatu kehidupan politik dalam mana mereka menjadi warganya. Oleh karena anggota masyarakat tersebut memiliki kesadaran bersama sebagai kesatuan warga dalam lingkup batas-batas teritorial yang telah disepakati, sebagian masyarakat tersebut menciptakan konsensus nasional mengenai bagaimana suatu kehidupan bersama sebagai bangsa harus diwujudkan dan diselenggarakan. Keseluruhan hal tersebut dilakukan dengan tujuan menciptakan integrasi nasional yang kuat.
  2. Apabila sebagian besar anggota masyarakat tersebut bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan daripada proses politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat di atas wilayah tersebut.
  3. Integrasi nasional yang tangguh hanya akan berkembang di atas konsensus nasional mengenai batas-batas suatu masyarakat politik dan sistem politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat tersebut.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Terbukanya akses merata bagi seluruh lapisan masyarakat dan menimbulkan kesetaraan, hal ini dapat mendorong terjadinya sebuah integrasi sebab ….

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia