Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ketersediaan minyak bumi yang semakin menipis dan hasil pembakaran minyak bumi yang menyebabkan pemanasan global mendorong penggunaan bahan bakar alternatif. Salah satunya biodiesel sebagai pengganti atau bahan campuran solar.Solar terdiri atas senyawa alkana dengan rantai panjang C 16 ​ − C 20 ​ .Sementara itu, biodiesel diperoleh dari proses transesterifikasi minyak nabati dan lemak hewani. Biodesel yang terbuat dari minyak kanola berasal dari reaksi transesterifikasi kandungan minyak didalamnya yaitu asam oleat ( C 18 ​ H 34 ​ O 2 ​ ) , asam linoleat ( C 18 ​ H 32 ​ O 2 ​ ) , asam linolenat ( C 18 ​ H 30 ​ O 2 ​ ) , dan asam palmitat ( C 16 ​ H 32 ​ O 2 ​ ) .Perbandingan rumus struktursolar dan biodiesel dari minyak kanola yang tepat berturut-turut adalah ....

Ketersediaan minyak bumi yang semakin menipis dan hasil pembakaran minyak bumi yang menyebabkan pemanasan global mendorong penggunaan bahan bakar alternatif. Salah satunya biodiesel sebagai pengganti atau bahan campuran solar. Solar terdiri atas senyawa alkana dengan rantai panjang . Sementara itu, biodiesel diperoleh dari proses transesterifikasi minyak nabati dan lemak hewani. Biodesel yang terbuat dari minyak kanola berasal dari reaksi transesterifikasi kandungan minyak didalamnya yaitu asam oleat , asam linoleat , asam linolenat , dan asam palmitat . Perbandingan rumus struktur solar dan biodiesel dari minyak kanola yang tepat berturut-turut adalah ....

  1.  dan 

  2.  dan 

  3.  dan 

  4.  dan 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Rumus struktur solar dapat ditentukan berdasarkan pernyataan: “ Solar merupakan bahan bakar yang berasal dari pengolahan minyak bumi yang kandungannya terdiri atas senyawa-senyawa alkana rantai panjang C 16 ​ − C 20 ​ .” Berdasarkan hal tersebut maka solar merupakan senyawa normal alkana dengan jumlah atom C antara 16 – 20. Rumus struktur komponen utama biodiesel dapat ditentukan berdasarkan pernyataan berikut. “Proses pembuatan biodiesel melibatkan reaksi transesterifikasi minyak/lemak dengan pereaksi alkohol dan basa kuat menghasilkan monoalkilester dan gliserin sebagai hasil samping.” Reaksi transesterifikasi adalah reaksi pertukaran gugus alkil ester (minyak/lemak) dengan gugus alkil alkohol yang dikatalis oleh basa kuat. Dengan demikian, perbandingan rumus struktursolar dan biodiesel dari minyak kanola yang tepat berturut-turut adalah dan Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Rumus struktur solar dapat ditentukan berdasarkan pernyataan:

Solar merupakan bahan bakar yang berasal dari pengolahan minyak bumi yang kandungannya terdiri atas senyawa-senyawa alkana rantai panjang .”

Berdasarkan hal tersebut maka solar merupakan senyawa normal alkana dengan jumlah atom C antara 16 – 20. 

Rumus struktur komponen utama biodiesel dapat ditentukan berdasarkan pernyataan berikut.

“Proses pembuatan biodiesel melibatkan reaksi transesterifikasi minyak/lemak dengan pereaksi alkohol dan basa kuat menghasilkan monoalkilester dan gliserin sebagai hasil samping.”

Reaksi transesterifikasi adalah reaksi pertukaran gugus alkil ester (minyak/lemak) dengan gugus alkil alkohol yang dikatalis oleh basa kuat.

 

 

Dengan demikian, perbandingan rumus struktur solar dan biodiesel dari minyak kanola yang tepat berturut-turut adalah

 dan 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan beberapa kegunaan dari senyawa ester!

23

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia