Pertanyaan

Kemajemukan masyarakat Indonesia dapat menjadi pendorong konsolidasi sosial. Maka dari itu, ada banyak kelompok yang terbangun atas unsur kedaerahan ataupun agama tertentu di masyarakat. Hal ini dapat mengarah pada semakin menguatnya solidaritas kelompok berdasarkan unsur kedaerahan ataupun agama tersebut. Namun, ini juga dapat memberikan dampak yang bertolak belakang, yaitu ….

Kemajemukan masyarakat Indonesia dapat menjadi pendorong konsolidasi sosial. Maka dari itu, ada banyak kelompok yang terbangun atas unsur kedaerahan ataupun agama tertentu di masyarakat. Hal ini dapat mengarah pada semakin menguatnya solidaritas kelompok berdasarkan unsur kedaerahan ataupun agama tersebut. Namun, ini juga dapat memberikan dampak yang bertolak belakang, yaitu …. space 

  1. melemahnya sikap etnosentrisme dalam kelompok mayoritasspace space 

  2. munculnya interseksi heterogen dalam masyarakat yang beragamspace space 

  3. menguatnya semangat kebangsaan sebagai warga negara Indonesia space 

  4. memicu sikap konsumerisme yang memengaruhi struktur masyarakat space 

  5. memicu terjadinya perpecahan dalam suatu masyarakat yang beragamspace 

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Konsolidasi sosial menurut Peter M. Blau adalah menghasilkan suatu hubungan yang justru menciptakan perbedaan-perbedaan sosial yang mencolok dalam masyarakat . Keberagaman masyarakat di Indonesia dapat menjadi faktor pendorong konsolidasi sosial. Kondisi masyarakat yang beragam membuatmasyarakat terbagi atas kelompok-kelompok, ada yang mayoritas dan minoritas. Dari sinilah mereka yang mayoritas maupun minoritas memperkuat solidaritas kelompoknya berdasarkan latar belakang ras, suku, agama, kepercayaan, maupun profesi yang sama. Terjadinyapeneguhan atau penguatan ciri sosial suatu kelompok, kemudian akan menimbulkan munculnya sikap stereotip dalam masyarakat. Agama A identik dengan kelompok A dan agama B identik dengan kelompok B. Konsolidasi sosial dapat mempertajam perbedaan-perbedaan sosial dalam masyarakat, maka dampak selanjutnya yang akan muncul adalah konflik dalam masyarakat. Konflik inilah yang akhirnya menghambat persatuan antarmasyarakat dan justru memicu terjadinya perpecahan dalam suatu masyarakat yang beragam. Maka, berdasarkan pemaparan di atas jawaban yang tepat adalah E.

Konsolidasi sosial menurut Peter M. Blau adalah menghasilkan suatu hubungan yang justru menciptakan perbedaan-perbedaan sosial yang mencolok dalam masyarakat. Keberagaman masyarakat di Indonesia dapat menjadi faktor pendorong konsolidasi sosial. Kondisi masyarakat yang beragam membuat masyarakat terbagi atas kelompok-kelompok, ada yang mayoritas dan minoritas. Dari sinilah mereka yang mayoritas maupun minoritas memperkuat solidaritas kelompoknya berdasarkan latar belakang ras, suku, agama, kepercayaan, maupun profesi yang sama. Terjadinya peneguhan atau penguatan ciri sosial suatu kelompok, kemudian akan menimbulkan munculnya sikap stereotip dalam masyarakat. Agama A identik dengan kelompok A dan agama B identik dengan kelompok B. Konsolidasi sosial dapat mempertajam perbedaan-perbedaan sosial dalam masyarakat, maka dampak selanjutnya yang akan muncul adalah konflik dalam masyarakat. Konflik inilah yang akhirnya menghambat persatuan antarmasyarakat dan justru memicu terjadinya perpecahan dalam suatu masyarakat yang beragam.

Maka, berdasarkan pemaparan di atas jawaban yang tepat adalah E. space 

15

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawah ini! Hubungan antarkelompok pada gambar menunjukkan konsolidasi karena terjadi ….

383

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia