Di tengah masyarakat modern dengan pemikiran yang terbuka, masih banyak terjadi pernikahan di bawah umur yang dilakukan oleh remaja di Indonesia. Padahal, usia remaja pada dasarnya belum matang secara emosi, pengalaman dan pengetahuan yang masih minim, serta kesiapan akan alat-alat reproduksi yang juga belum matang secara baik jika dilihat dari sudut pandang ilmu kesehatan. Pernikahan di bawah umur, telah membuat para remaja tersebut kehilangan masa remaja mereka, termasuk dengan kehilangan kesempatan untuk mendapat pendidikan tinggi, mengeksplorasi dunia kerja, memiliki lingkup pertemanan yang luas, dan melakukan hal-hal yang disenangi. Realitas yang tergambar dalam ilustrasi tersebut adalah ….

Pertanyaan

Di tengah masyarakat modern dengan pemikiran yang terbuka, masih banyak terjadi pernikahan di bawah umur yang dilakukan oleh remaja di Indonesia. Padahal, usia remaja pada dasarnya belum matang secara emosi, pengalaman dan pengetahuan yang masih minim, serta kesiapan akan alat-alat reproduksi yang juga belum matang secara baik jika dilihat dari sudut pandang ilmu kesehatan. Pernikahan di bawah umur, telah membuat para remaja tersebut kehilangan masa remaja mereka, termasuk dengan kehilangan kesempatan untuk mendapat pendidikan tinggi, mengeksplorasi dunia kerja, memiliki lingkup pertemanan yang luas, dan melakukan hal-hal yang disenangi. Realitas yang tergambar dalam ilustrasi tersebut adalah ….space  

  1. munculnya kesenjangan peran akibat pernikahan dini space 

  2. munculnya konflik peran antara orang tua dan anaknya space 

  3. adanya kegagalan peran orang tua dalam membesarkan anaknya space 

  4. ada ketegangan peran yang muncul dalam diri anak yang menikah dini space 

  5. ada perbedaan konsep peran dalam keluarga antara anak dan orang tua space 

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Konflik peran bisa menghasilkan kesenjangan peran atau role distance. Kesenjangan peran ini dapat terjadi apabila seseorang harus menjalankan peran yang sebenarnya tidak menjadi prioritas atau keinginan dalam hidupnya. Akibatnya, ketika seseorang menjalaninya, ia akan merasa tertekan atau tidak cocok menjalankan peran tersebut. Misalnya, dalam kasus pernikahan dini atau pernikahan anak. Status sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga terpaksa dijalani. Padahal, anak masih berada pada usia sekolah dan ingin melanjutkan sekolahnya. Inilah yang menimbulkan tekanan pada anak dalam menjalankan perannya tersebut. Oleh karena itu, kesenjangan peran yang dialaminya akibat dinikahkan pada usia dini tersebut akan menghilangkan peran yang seharusnya menjadi prioritasnya, yaitu sebagai seorang anak dan pelajar.

Maka, berdasarkan pemaparan di atas jawaban yang tepat adalah A.space  

57

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut yang menunjukkan konflik sosial secara sosiologis adalah ….

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia