Pertanyaan

Ketika perbedaan suku, ras, maupun agama menghasilkan kedudukan sosial yang sama di masyarakat, maka struktur sosial horizontal tercipta. Namun, perbedaan kedudukan sosial ini juga dapat menghasilkan struktur sosial secara vertikal, contohnyaketika terjadidiskriminasi yang dilakukan oleh kelompok budaya mayoritas terhadap kelompok budaya minoritas. Untuk dapat menghindari hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah ….

Ketika perbedaan suku, ras, maupun agama menghasilkan kedudukan sosial yang sama di masyarakat, maka struktur sosial horizontal tercipta. Namun, perbedaan kedudukan sosial ini juga dapat menghasilkan struktur sosial secara vertikal, contohnya ketika terjadi diskriminasi yang dilakukan oleh kelompok budaya mayoritas terhadap kelompok budaya minoritas. Untuk dapat menghindari hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah …. space 

  1. meningkatkan eksklusivisme kelompok minoritasspace 

  2. mengembangkan kebudayaan kelompok masing-masingspace 

  3. menerima dengan terbuka kelompok budaya lain yang berbedaspace 

  4. memupuk sikap primordial untuk menghindari dominasi budayaspace  space 

  5. menjamin keadilan kelompok minoritas dalam aturan yang tegasspace 

T. TeachingAssistantSakinah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan

Perbedaan ras, suku, dan agama tidak hanya menunjukkan adanya struktur sosial horizontal, tetapi juga bisa menghasilkan pola hubungan yang tidak sederajat atau vertikal. Dalam sosiologi, struktur sosial vertikal ini disebut juga sebagai stratifikasi sosial. Misalnya, ketika kelompok minoritas didiskriminasi oleh kelompok mayoritas, berarti ada pola hubungan yang dibentuk oleh tinggi rendahnya kedudukan sosial antara kedua kelompok tersebut. Diskriminasi ini dapat muncul karena kelompok mayoritas menganggap budayanya yang paling unggul sehingga mereka yang lebih berkuasa dibandingkan kelompok minoritas. Sikap seperti itu harus dihindari dan perlu ada penerimaan terhadap kelompok budaya lain yang berbeda dari budayanya. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perbedaan ras, suku, dan agama tidak hanya menunjukkan adanya struktur sosial horizontal, tetapi juga bisa menghasilkan pola hubungan yang tidak sederajat atau vertikal. Dalam sosiologi, struktur sosial vertikal ini disebut juga sebagai stratifikasi sosial. Misalnya, ketika kelompok minoritas didiskriminasi oleh kelompok mayoritas, berarti ada pola hubungan yang dibentuk oleh tinggi rendahnya kedudukan sosial antara kedua kelompok tersebut. Diskriminasi ini dapat muncul karena kelompok mayoritas menganggap budayanya yang paling unggul sehingga mereka yang lebih berkuasa dibandingkan kelompok minoritas. Sikap seperti itu harus dihindari dan perlu ada penerimaan terhadap kelompok budaya lain yang berbeda dari budayanya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

10

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Di dalam masyarakat terdapat perbedaan-perbedaan seperti suku, agama, ras, dan budaya. Selain itu di masyarakat juga terdapat perbedaan antara orang kaya dan miskin, berbagai jenis tingkatan dalam org...

29

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia