Roboguru

Kebinekaan budaya Indonesia menuntut sikap toleransi, keterbukaan, serta menghindari sikap etnosentrisme. Salah satu contoh sikap keterbukaan adalah...

Pertanyaan

Kebinekaan budaya Indonesia menuntut sikap toleransi, keterbukaan, serta menghindari sikap etnosentrisme. Salah satu contoh sikap keterbukaan adalah...space 

  1. menumbuhkan sikap fundamentalisspace 

  2. adanya forum dialog lintas agama dan lintas budayaspace 

  3. mewujudkan masyarakat yang aman dan tenteramspace 

  4. tidak terpancing pada hal-hal negatifspace 

  5. mampu menyikapi keragaman dan perubahan budayaspace 

Pembahasan Soal:

Kebinekaan Budaya adalah bermacam - macamnya suku, budaya, agama dan adat istiadat yang hiodup bersama tanpa adanya perselisihan. Kebinekaan budaya menuntut dan memerlukan sikap keterbukaan.

Sikap terbuka adalah sikap untuk bersedia memberitahukan dan sikap untuk bersedia menerima pengetahuan atau informasi dari pihak lain. Sikap terbuka dapat dimiliki oleh setiap orang, masyarakat dan warga negara. Sikap terbuka ditandai dengan interaksi seseorang dengan dunia luar seperti bergabung dalam organisasi, melakukan kerjasama, dan saling berbagi informasi dalam forum dialog dengan orang lain. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B, adanya forum dialog lintas agama dan lintas budayaspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelancelapansatu

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Surabaya sebagai kota metropolitan didatangi oleh berbagai kelompok suku bangsa yang memiliki karakter beragam. Keragaman karakter, sikap, dan perilaku di antara mereka sering menggunakan primordial u...

Pembahasan Soal:

Fragmentasi kelompok merupakan bentuk masyarakat yang dihuni oleh kelompok etnis yang  beranekaragam perbedaan suku bangsa tetapi tidak ada suatu dominasi dalam suatu kelompok masyarakat. Dalam ilustrasi soal memfokuskan pada sentimen primordialisme tetapi tidak ada bentuk dominasi dalam kelompok tersebut sehingga komposisi tersebut beupa fragmentasi kelompok.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Minoritas dominan merupakan bentuk masyarakat majemuk dimana masyarakat minoritas mendominasi aspek kehidupan masyarakat.
  • Mayoritas dominan merupakan bentuk masyarakat majemuk dimana masyarakat mayoritas mendominasi aspek kehidupan di masyarakat.
  • Komposisi seimbang merupakan masyarakat majemuk yang dibentuk oleh sejumlah kelompok etnis dengan kekuatan kompetitif yang seimbang.
Roboguru

Perhatikan perilaku masyarakat berikut! 1) Menyukai hasil budaya suku bangsa lain. 2) Memilih pemimpin yang berasal dari putra daerah. 3) Menilai budaya dari daerah lain secara subjektif. 4) Menerima ...

Pembahasan Soal:

Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang memiliki karakteristik sosial dan budaya yang beragam sehingga masing-masing kelompok tidak saling membaur satu sama lain. Oleh karena itu, perilaku yang sesuai dengan kondisi masyarakat multikultural dapat ditunjukkan dengan adanya sikap menyukai budaya suku lain, sebab dengan begitu kita dapat menghargai keragaman budaya yang ada. Selain itu, menerima perbedaan pendapat dalam diskusi kelompok juga bagian dari perilaku yang sesuai dengan kemajemukan masyarakat, sebab toleransi terhadap perbedaan tidak hanya dilakukan karena perbedaan SARA, tetapi dapat didukung dari adanya penghargaan terdapat pendapat ataupun ide seseorang atau kelompok. Kemudian, menghargai solidaritas antarkelompok suku bangsa berbeda juga bagian dari perilaku yang sesuai dengan kondisi masyarakat majemuk.

Roboguru

Beberapa ciri kehidupan sosial berikut! I. Sering mengalami konflik sosial antarkelompok II. Konsensus bersama terjadi atas paksaan III. Tidak terdapat stigma sosial antarkelompok IV. Saling mengh...

Pembahasan Soal:

Masyarakat multikultural yang ideal adalah masyarakat yang berbeda-beda dalam agama, ras, etnis, namun tetap bersatu. Tanpa ada stigma di antara kelompok yang berbeda, tanpa ada konflik yang melahirkan kekerasan, dan mudah dalam kerjasama meski terdapat berbagai perbedaan.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E. III, IV, dan Vundefined space space

Roboguru

Masyarakat Indonesia terbagi atas kelompok-kelompok heterogen yang terdiri dari ras, suku bangsa, dan agama yang berbeda. Keberagaman tersebut akan menciptakan ....

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas kehidupan sosial sebagai objektivitas.

Soal menanyakan akibat dari keberagaman. Masyarakat Indonesia yang sangat heterogen dan memiliki banyak perbedaan baik dari segi ras, suku maupun agama. Hal tersebut merupakan awal terciptanya kemajemukan masyarakat, yang dapat dilihat secara horizontal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  space space space space 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menumbuhkan sikap bangga terhadap budaya sendiri bukan yang lain Sikap menerima perbedaan pendapat dalam suatu diskusi kelompok Tawuran suporter sepakbola karena pe...

Pembahasan Soal:

Menurut J.S. Furnivall, masyarakat majemuk merupakan masyarakat yang terdiri atas dua atau lebih komunitas maupun kelompok-kelompok yang secara budaya dan ekonomi terpisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu dengan lainnya. Realitas dalam kehidupan masyarakat majemuk ditunjukkan ketika terdapat dua kelompok atau lebih dengan karakteristik yang berbeda (suku, agama, ras, dan lain sebaganya) menjalin hubungan sosial yang harmonis dan mulai berbaur satu sama lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka perilaku yang menggambarkan realitas majemuk ditunjukkan oleh pilihan jawaban D. (2), (4), dan (5).

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved