Roboguru

Menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis terhadap kondisi ekonomi di Indonesia sudah berlangsung cukup lama. Bentuk konfigurasi dalam tatanan masyarakat tersebut adalah....

Pertanyaan

Menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis terhadap kondisi ekonomi di Indonesia sudah berlangsung cukup lama. Bentuk konfigurasi dalam tatanan masyarakat tersebut adalah....

  1. komposisi seimbang
     

  2. mayoritas dominan
     

  3. minoritas dominan
     

  4. segmentasi seimbang
     

  5. fragmentasi kelompok

Pembahasan Soal:

Menurut J.S. Furnivall, konfigurasi dan komunitas etniknya dibedakan dalam empat kategori/tipe, yaitu:
•    Masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang. Masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif yang seimbang. Artinya, setiap etnik yang ada di masyarakat berhak untuk bersaing dalam berbagai bidang, seperti bidang politik (DPR/DPRD) dan ekonomi.
•    Masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan, terdiri atas sejumlah komunitas etnik dengan kekuatan kompetitif tidak seimbang atau adanya suatu kelompok/komunitas berdasarkan jumlah anggotanya banyak (mayoritas) dan memiliki kekuatan dominan.
•    Masyarakat majemuk dengan minoritas dominan, berarti etnik minoritas memiliki keunggulan kompetitif sehingga mendominasi kehidupan politik atau ekonomi masyarakat.
•    Masyarakat majemuk dengan fragmentasi, terdiri atas kelompok etnik kecil sehingga tidak memiliki posisi dominan dalam politik dan ekonomi.
Berdasarkan pernyataan pada soal, menguatnya posisi kelompok pengusaha dari berbagai etnis terhadap kondisi ekonomi di Indonesia merupakan bentuk konfigurasi masyarakat majemuk dengan komposisi seimbang karena berasal berbagai etnis yang memiliki kekuatan kompetitif seimbang.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 22 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved