Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kebijakan politik etis dalam bidang pendidikan berhasil meningkatkan kesejahteraan kaum bumiputra. Menurut Anda, pernyataan tersebut benar atau salah? Deskripsikan pendapat Anda!

Kebijakan politik etis dalam bidang pendidikan berhasil meningkatkan kesejahteraan kaum bumiputra. Menurut Anda, pernyataan tersebut benar atau salah? Deskripsikan pendapat Anda!undefined

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penyataan tersebut benar.Politik Etis Belanda adalah kebijakan balas budi kepada bumiputera yang salah satu kebijakannya adalah edukasi. Dengan berdirinya sekolah-sekolah untuk bumiputera, masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik sehingga kesejahteraannya lebih meningkat terutama lahirnya golongan-golongan terpelajar sebagai cikal bakal lahirnya organisasi-organisasi pergerakan nasional.

penyataan tersebut benar. Politik Etis Belanda adalah kebijakan balas budi kepada bumiputera yang salah satu kebijakannya adalah edukasi. Dengan berdirinya sekolah-sekolah untuk bumiputera, masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik sehingga kesejahteraannya lebih meningkat terutama lahirnya golongan-golongan terpelajar sebagai cikal bakal lahirnya organisasi-organisasi pergerakan nasional.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kebijakan politik etis yang dicetuskan sejak akhir abad ke-19 menjelang awal abad ke-20 masehi, merupakan salah satu kebijakan pemerintah Kolonial Hindia Belanda atas respon dari beberapa tokoh seperti van Deventeer, agar Belanda dapat memberikan balas budi terhadap jasa-jasa Indonesia dalam membantu Belanda. Penerapan kebijakan Politik Etis mencakup dalam tiga hal: transmigrasi, irigasi dan edukasi. Dalam bidang pendidikan, kebijakan ini diwujudkan dengan pendirian sekolah-sekolah bagi bumiputra. Sekolah-sekolah ini kelak menghasilkan golongan terpelajar dari kalangan bumiputra. Para golongan terpelajar ini mampu meningkatkan kesejahteraan mereka dengan menjadi pegawai Belanda dan mendapatkan gaji. Selain itu, mereka pun dapat meningkatkan kesejahteraan anggota keluarganya. Dengan demikian penyataan tersebut benar.Politik Etis Belanda adalah kebijakan balas budi kepada bumiputera yang salah satu kebijakannya adalah edukasi. Dengan berdirinya sekolah-sekolah untuk bumiputera, masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik sehingga kesejahteraannya lebih meningkat terutama lahirnya golongan-golongan terpelajar sebagai cikal bakal lahirnya organisasi-organisasi pergerakan nasional.

Kebijakan politik etis yang dicetuskan sejak akhir abad ke-19 menjelang awal abad ke-20 masehi, merupakan salah satu kebijakan pemerintah Kolonial Hindia Belanda atas respon dari beberapa tokoh seperti van Deventeer, agar Belanda dapat memberikan balas budi terhadap jasa-jasa Indonesia dalam membantu Belanda. 
Penerapan kebijakan Politik Etis mencakup dalam tiga hal: transmigrasi, irigasi dan edukasi. Dalam bidang pendidikan, kebijakan ini diwujudkan dengan pendirian sekolah-sekolah bagi bumiputra. Sekolah-sekolah ini kelak menghasilkan golongan terpelajar dari kalangan bumiputra. Para golongan terpelajar ini mampu meningkatkan kesejahteraan mereka dengan menjadi pegawai Belanda dan mendapatkan gaji. Selain itu, mereka pun dapat meningkatkan kesejahteraan anggota keluarganya. 

Dengan demikian penyataan tersebut benar. Politik Etis Belanda adalah kebijakan balas budi kepada bumiputera yang salah satu kebijakannya adalah edukasi. Dengan berdirinya sekolah-sekolah untuk bumiputera, masyarakat Indonesia memiliki pengetahuan untuk mendapatkan pekerjaan lebih baik sehingga kesejahteraannya lebih meningkat terutama lahirnya golongan-golongan terpelajar sebagai cikal bakal lahirnya organisasi-organisasi pergerakan nasional.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

195

sabila

Jawaban tidak sesuai

12_Gilang Reza Erlangga

Pembahasan tidak menjawab soal

MUHAMAD TARIEKH ALFARIZI

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Budi Utomo merupakan salah satu organisasi pelopor pergerakan nasional yang dibentuk kaum intelektual. Keberadaan organisasi tersebut menunjukkan bahwa ....

32

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia