Pertanyaan

Cermatilah cerita fantasi berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!


Saat itu peri adalah makhluk mungil nan cantik yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak manusia. Mereka pergi ke bumi melalui pintu-pintu ceria yang akan mengantarkannya ke setiap kamar anak manusia. Kemudian, dengan sayapnya, para peri dengan lincah terbang dan melakukan atraksi yang membuat anak manusia tertawa girang. "Vixxio, kenapa kamu melamun?" Tiba-tiba dari atas datang peri tua, Pak Pettu. "Kenapa kau tidak bergegas ke Pintu Ceria?" Wajah Vixxio semakin sedih, "Tapi Pak Pettu, aku tidak mempunyai sayap untuk terbang dan beratraksi. Bagaimana aku bisa membuat anak-anak tertawa riang?". Pak Pettu yang bijaksana terdiam. "Pak Pettu, kenapa Tuhan tidak memberiku sayap seperti yang lain? Bukankah jika aku memiliki sayap, aku pasti akan menebarkan keceriaan juga."space 

Kata ganti mereka pada kalimat kedua digunakan unuk menunjukkan ....

Kata ganti mereka pada kalimat kedua digunakan unuk menunjukkan ....space 

  1. peri tak bersayapspace 

  2. anak-anak manusiaspace 

  3. Pak Pettu dan peri tua lainnyaspace 

  4. peri yang bertugas memberikan keceriaan pada anak-anakspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.

jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi yaitu penggunaan kata ganti. Kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan kata benda atau nomina. Jenis-jenis kata ganti sebagai berikut: Kata ganti orang : saya , aku , kita , kamu , dia , beliau , dan lain-lain. Kata ganti pemilik : -ku , -mu , -nya , kami , mereka . Kata ganti penanya : kapan , di mana , siapa , apa , mengapa , bagaimana , dan lain-lain. Kata ganti penunjuk : ini , itu , sana , sini , situ , dan lain-lain. Kata ganti penghubung : yang . Berdasarkan kutipan: Saat itu peri adalah makhluk mungil nan cantik yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak manusia. Mereka pergi ke bumi melalui pintu-pintu ceria yang akan mengantarkannya ke setiap kamar anak manusia. Dapat disimpulkan, kata ganti mereka pada kalimat kedua merujuk kepada peri yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak karena telah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi yaitu penggunaan kata ganti. Kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan kata benda atau nomina. Jenis-jenis kata ganti sebagai berikut:

  1. Kata ganti orang: saya, aku, kita, kamu, dia, beliau, dan lain-lain.
  2. Kata ganti pemilik: -ku, -mu, -nya, kami, mereka.
  3. Kata ganti penanya: kapan, di mana, siapa, apa, mengapa, bagaimana, dan lain-lain.
  4. Kata ganti penunjuk: ini, itu, sana, sini, situ, dan lain-lain.
  5. Kata ganti penghubung: yang.


Berdasarkan kutipan:

Saat itu peri adalah makhluk mungil nan cantik yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak manusia. Mereka pergi ke bumi melalui pintu-pintu ceria yang akan mengantarkannya ke setiap kamar anak manusia.

Dapat disimpulkan, kata ganti mereka pada kalimat kedua merujuk kepada peri yang bertugas memberikan keceriaan bagi anak-anak karena telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

52

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata ganti Kami menggantikan subjek ....

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia