Telaah unsur kebahasaan kata ganti, kata hubung dan kalimat langsung yang dipakai oleh penulis cerita fantasi "Mimpi Burukku"! Laporkan hasil penelaahanmu dalam format seperti di bawah ini!

Pertanyaan

Baca berita fantasi lainnya berikut ini dengan saksama!


Mimpi Burukku

    Namaku Ellie. Panggil saja aku Lie. Aku ini adalah anak yang suka membangkang dan melawan ayah dan ibuku. Pada suatu malam aku tertidur sangat lelap. Sampai-sampai aku tak dapat menahan mataku untuk terbuka lagi. "Ellie. Ayo mandi. Cepat sekolah," ucap seorang dengan lembut kepadaku. Ya itu Ibu. "Iya Bu."

    Saat di tengah jalan, aku melihat sebuah kunci yang berbentuk Bunga Mawar. Dengan sigap aku mengambilnya . Karena menurutku itu sangat indah. Saat hampir sampai di sekolah aku membeli nasi kuning dulu untuk bekal. Jadi, aku harus melewati Gang Kelinci. Saat itu ada teman ku bernama Bilia (perempuan) memanggilku. Karena tak melihat jalan dan lalai akhirnya aku terjatuh di selokan. Aku memandangi seluruh bajuku yang basah. Akan tetapi aku terpukau. "Kenapa bajuku nggak kotor dan bau ya?" tanyaku dalam hati.

    Saat itu juga aku melihat ada lubang yang sangat besar. Aku berani mencelup-celupkan kakiku ke situ. Saat kelima kali nya aku mencelupkan kakiku, aku seperti tersedot ke dalam lubang itu.

    Aku terjatuh. Saat aku membuka mataku, aku kaget melihat banyak sekali animasi-animasi yang hidup tanpa sadar ada yang membawa ku masuk ke dalam rumahnya.

    "Siapa kamu?" tanyaku.

    "Aku Marvel. Kamu pasti Ellie kan?" kata nya bertanya kembali padaku.

    "Benar aku Ellie."

    "Dan kamu sering dipanggil dengan sebutan Lie kan?''

    "Ya. Benar. Darimana kamu mengetahui itu semua Marvel?" tanyaku kepadanya.

    "Dari bola sihir ajaib. Hanya kamu yang dapat membebaskan kami dari kutukan monster jahat, yaitu Ton Marv Ridd yang sering dipanggil Lord Bomm. Lord B begitulah kami memanggilnya karena kami takut pada nya. Kamu adalah anak dari Lord B, Ellie kamu bukan anak kandung Ibu dan Ayahmu."

    "Apa? Tidak mungkin! Aku adalah anak kandung ayah dan ibu. Kau salah Marvel. Aku tidak mungkin punya ayah yang jahat seperti Lord B."

    "Sebaliknya kamulah yang salah. Aku tau siapa tokoh kartun kesukaanmu. Yang juga disukai Lord B. Tom and Jerry kan?"

    "Itu pasti cuma kebetulan," sahutku. "Muka kalian itu sangat mirip Ellie. Coba lihat inilah wajah asli Ton Marv Ridd yang dulu," katanya menegaskan sambil memperlihatkan Lord B dan seorang wanita yang sangat cantik. Wanita itu memegang sebuah bayi kecil yang sangat mirip denganku."

    "I... itu... itu kan gambar wajah ayah."

    "Dan coba kamu lihat gambar ayahmu yang ada di dunia."

    "Kenapa ayah jadi berkumis? Dan ayah jadi manusia kerdil? Kenapa? Ayo jawab Marvel."

    "Itu karena Lord B bersikeras menemukan putrinya yang hilang. Saat dia mengetahui kalau istrinya ternyata tinggal di rumah yang selama ini kamu tinggali dia merubah bentuk ayahmu dan ibumu," jawab Marvel.

    "Kenapa dia sejahat itu?"

    "Karena dia ingin bertemu putri sulungnya."

    "TIDAK BUKAN AKU, AKU BUKAN ANAK LORD V BUKAN MARVEL... BUKAN AKU AKU NGGAK MAU... AKU PUNYA ORANGTUA YANG BAIK NGGAK JAHAT MARVEL. AKU JANJI NGGAK AKAN NAKAL LAG!. HIKS HIKS BUKAN AKU," teriakku kencang.

    "Ada apa Ellie?" tanya ayah dan ibu hampir bersamaan. Ternyata tadi hanya mimpi buruk. Tak menunggu apa-apa lagi aku langsung memeluk ayah dan ibu. Walau bingung ayah dan ibu langsung tersenyum. Oh Tuhan, terima kasih atas berkatmu padaku yang telah memberikan ayah dan ibu yang baik. Bisikku dalam hati.

(Sumber: Ivana Angelita, http://cerpenmu.com/cerpen-fantasi-fiksi/mimpi-burukku.html)

Telaah unsur kebahasaan kata ganti, kata hubung dan kalimat langsung yang dipakai oleh penulis cerita fantasi "Mimpi Burukku"! Laporkan hasil penelaahanmu dalam format seperti di bawah ini!

space

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

    Cerita fantasi merupakan sebuah karya yang diciptakan dalam alur yang normal, tetapi bersifat imajinatif. Dalam hal ini, cerita fantasi berisi imajinasi yang biasanya tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Selain itu, latar, penokohan, maupun konflik yang terdapat dalam cerita fantasi biasanya tidak realistis bahkan terkesan dilebih-lebihkan.

    Unsur kebahasaan teks cerita fantasi terdiri atas kata ganti, kata hubung, dan kalimat langsung.

    Kata ganti orang adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan nama orang. Kata ganti orang dibagi menjadi tiga jenis, yaitu (1) kata ganti orang pertama, contohnya saya, aku, daku, kita, kami. (2) kata ganti orang kedua, contohnya engkau, kamu, kalian. (3) kata ganti orang ketiga, contohnya ia, dia, beliau, mereka, -nya.

    Kata ganti orang dalam cerita fantasi “Mimpi Burukku” sebagai berikut.

  • Kata ganti orang pertama seperti dalam kutipan “Namaku Ellie. Panggil saja aku Lie. Aku ini adalah anak yang suka membangkang dan melawan ayah dan ibuku.”
  • Kata ganti orang kedua seperti dalam kutipan "Siapa kamu?"
  • Kata ganti orang ketiga seperti dalam kutipan "Karena dia ingin bertemu putri sulungnya."

    Kata penghubung atau konjungsi adalah sebuah kata tugas yang berfungsi untuk menggabungkan klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat dan paragraf dengan paragraf. Konjungsi pilihan atau disjungtif adalah bentuk konjungsi yang berfungsi menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih dengan tujuan untuk memilih. Kata hubung yang biasa digunakan adalah setelah itu, sesudah itu, tetapi, suatu hari, dan, atau, sedangkan, agar, sejak, dengan, saat sejak, dan sebagainya.

    Kata hubung dalam cerita fantasi “Mimpi Burukku” sebagai berikut.

  • Dan dalam kutipan “Aku ini adalah anak yang suka membangkang dan melawan ayah dan ibuku.”
  • Pada dalam kutipan “Pada suatu malam aku tertidur sangat lelap.”
  • Saat dalam kutipan “Saat di tengah jalan, aku melihat sebuah kunci yang berbentuk Bunga Mawar.”
  • Akan tetapi dalam kutipan “Akan tetapi aku terpukau”
  • Karena dalam kutipan “"Karena dia ingin bertemu putri sulungnya."

    Kalimat langsung adalah sebuah kalimat kutipan yang dilontarkan langsung oleh pembicara tanpa melalui perantara apa pun. Kalimat langsung berasal dari kutipan langsung hasil pembicaraan yang sama persis dengan yang diucapkan penutur. Kalimat langsung biasanya memiliki ciri sebagai berikut.

  • Diawali dan diakhiri dengan tanda petik ("...").
  • Huruf awal setelah tanda petik ditulis menggunakan huruf kapital.
  • Antara pembicara dengan apa yang dikatakan harus dipisahkan dengan tanda baca titik dua (:).

    Kalimat langsung dalam cerita fantasi “Mimpi Burukku” sebagai berikut.

  • "Ellie. Ayo mandi. Cepat sekolah," ucap seorang dengan lembut kepadaku.
  • "Dan kamu sering dipanggil dengan sebutan Lie kan?''
  • "Itu pasti cuma kebetulan," sahutku. "Muka kalian itu sangat mirip Ellie. Coba lihat inilah wajah asli Ton Marv Ridd yang dulu," katanya menegaskan sambil memperlihatkan Lord B dan seorang wanita yang sangat cantik.space 

67

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Kata ganti "dia" pada kalimat kedua cuplikan cerita fantasi di atas adalah untuk mengidentifikasi ....

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia