Pertanyaan

Perhatikan kalimat berikut.


Album itu berisi foto-foto diriku bersama kedua sahabatku dulu, tapi sekarang mereka berubah, mereka bukan sahabatku lagi.space 

Kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas adalah untuk mengidentifikasi ....

Kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas adalah untuk mengidentifikasi ....space 

R. Almira

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertamina

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas untuk mengidentifikasi"kedua sahabatku".

jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas untuk mengidentifikasi "kedua sahabatku".space  

Pembahasan

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi yaitu penggunaan kata ganti. Kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan kata benda atau nomina. Jenis-jenis kata ganti sebagai berikut: Kata ganti orang : saya , aku , kita , kamu , dia , beliau , dan lain-lain. Kata ganti pemilik : -ku , -mu , -nya , kami , mereka . Kata ganti penanya : kapan , di mana , siapa , apa , mengapa , bagaimana , dan lain-lain. Kata ganti penunjuk : ini , itu , sana , sini , situ , dan lain-lain. Kata ganti penghubung : yang . Berdasarkan kutipan: Album itu berisi foto-foto diriku bersama kedua sahabatku dulu, tapi sekarang mereka berubah, mereka bukan sahabatku lagi. Dapat disimpulkan, kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas adalah untuk mengidentifikasi "kedua sahabatku" yang terdapat pada kalimat sebelumnya. Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas untuk mengidentifikasi"kedua sahabatku".

Teks cerita fantasi adalah teks cerita yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Peristiwa yang terjadi di dalam teks cerita fantasi tidak nyata atau fiksi. Salah satu kaidah kebahasaan pada teks cerita fantasi yaitu penggunaan kata ganti. Kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan kata benda atau nomina. Jenis-jenis kata ganti sebagai berikut:

  1. Kata ganti orang: saya, aku, kita, kamu, dia, beliau, dan lain-lain.
  2. Kata ganti pemilik: -ku, -mu, -nya, kami, mereka.
  3. Kata ganti penanya: kapan, di mana, siapa, apa, mengapa, bagaimana, dan lain-lain.
  4. Kata ganti penunjuk: ini, itu, sana, sini, situ, dan lain-lain.
  5. Kata ganti penghubung: yang.


Berdasarkan kutipan:

Album itu berisi foto-foto diriku bersama kedua sahabatku dulu, tapi sekarang mereka berubah, mereka bukan sahabatku lagi.

Dapat disimpulkan, kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas adalah untuk mengidentifikasi "kedua sahabatku" yang terdapat pada kalimat sebelumnya.

Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah kata ganti "mereka" pada cuplikan cerita fantasi di atas untuk mengidentifikasi "kedua sahabatku".space  

145

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kata ganti Kami menggantikan subjek ....

20

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia