Iklan

Iklan

Pertanyaan

Karbohidrat dalam lambung manusia akan terhidrolisis. Hasil hidrolisis tersebut akan disimpan oleh insulin sebagai cadangan makanan yang digunakan untuk menghasilkan energi. Zat cadangan tersebut adalah ...

Karbohidrat dalam lambung manusia akan terhidrolisis. Hasil hidrolisis tersebut akan disimpan oleh insulin sebagai cadangan makanan yang digunakan untuk menghasilkan energi. Zat cadangan tersebut adalah ...space

  1. maltosaspace

  2. sukrosaspace

  3. glukosaspace

  4. fruktosaspace

  5. glikogenspace

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

karbohidrat tersebut adalah glikogen.

karbohidrat tersebut adalah glikogen.space

Iklan

Pembahasan

Pilihan jawaban yang tepat adalah E. Karbohidrat adalahsenyawa polihidroksi aldehid atau polihidroksi keton yang mengandung unsur C, H, dan O dengan rumus empiris ( CH 2 ​ O ) n ​ . Karbohidrat dalam tubuh yang merupakan polisakarida akan terhidrolisis menjadimonosakarida (glukosa). Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh. Namun, ketika kadar glukosa dianggap berlebihdalamaliran darah, glukosa tersebut akan disimpan oleh insulin dalam bentuk glikogenyang dapat menjadi energi cadangan. Kemudian, ketika tubuh kembali membutuhkan energi dan kadar glukosa menurun, glikogen sebagai energi cadangan akan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa kembali dan mengalirkannya menuju aliran darah sehingga bisa digunakan oleh sel-sel tubuh. Jadi, karbohidrat tersebut adalah glikogen.

Pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Karbohidrat adalah senyawa polihidroksi aldehid atau polihidroksi keton yang mengandung unsur C, H, dan O dengan rumus empiris .

Karbohidrat dalam tubuh yang merupakan polisakarida akan terhidrolisis menjadi monosakarida (glukosa). Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh. Namun, ketika kadar glukosa dianggap berlebih dalam aliran darah, glukosa tersebut akan disimpan oleh insulin dalam bentuk glikogen yang dapat menjadi energi cadangan. Kemudian, ketika tubuh kembali membutuhkan energi dan kadar glukosa menurun, glikogen sebagai energi cadangan akan dipecah oleh tubuh menjadi glukosa kembali dan mengalirkannya menuju aliran darah sehingga bisa digunakan oleh sel-sel tubuh.

Jadi, karbohidrat tersebut adalah glikogen.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan beberapa contoh polisakarida dan kegunaannya!

9

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia