Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa perbedaan antara beras ketan dan beras biasa, jika ditinjau dari komposisi senyawanya?

Apa perbedaan antara beras ketan dan beras biasa, jika ditinjau dari komposisi senyawanya?space

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Perbedaan antara beras ketan dan beras biasa, jika ditinjau dari komposisi senyawanya adalah beras pada umumnya mengandung amilosa lebih dari 20%, sedangkan ketan mempunyai kandungan amilosa hanya sekitar 1-2%. Polisakarida merupakan polimer dari beberapa monosakarida. Amilum atau pati terdapat pada biji-bijian, misalnya padi, jagung, gandum, atau pada umbi-umbian, misalnya ketela, singkong, talas, dan kentang. Amilum merupakan polimer dari a-D-glukosa, dengan dua struktur, yaitu amilosa dan amilopektin. Amilopektin memberikan sifat lengket pada beras. Semakin banyak amilopektinnya, semakin lengket nasi yang dihasilkan oleh beras tersebut. Semakin banyak amilosa pada beras, semakin keras nasi yang dihasilkan. Beras pada umumnya mengandung amilosa lebih dari 20%, sedangkan ketan mempunyai kandungan amilosa hanya sekitar 1-2%.

Perbedaan antara beras ketan dan beras biasa, jika ditinjau dari komposisi senyawanya adalah beras pada umumnya mengandung amilosa lebih dari 20%, sedangkan ketan mempunyai kandungan amilosa hanya sekitar 1-2%.

Polisakarida merupakan polimer dari beberapa monosakarida. Amilum atau pati terdapat pada biji-bijian, misalnya padi, jagung, gandum, atau pada umbi-umbian, misalnya ketela, singkong, talas, dan kentang. Amilum merupakan polimer dari a-D-glukosa, dengan dua struktur, yaitu amilosa dan amilopektin.space 

Amilopektin memberikan sifat lengket pada beras. Semakin banyak amilopektinnya, semakin lengket nasi yang dihasilkan oleh beras tersebut. Semakin banyak amilosa pada beras, semakin keras nasi yang dihasilkan. Beras pada umumnya mengandung amilosa lebih dari 20%, sedangkan ketan mempunyai kandungan amilosa hanya sekitar 1-2%.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

27

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan beberapa contoh polisakarida dan kegunaannya!

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia