Roboguru

Karakteristik bioma flora dan fauna di Indonesia....

Pertanyaan

Karakteristik bioma flora dan fauna di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Fauna di Indonesia terbagi menjadi 3 zona fauna, yaitu sebagai berikut :

  1. zona Indonesia barat ; zona ini disebut juga dengan zona Asiatis karena merupakan hewan-hewan tipe Asiatis. Contoh fauna yang ada adalah harimau, gajah, orang utan, dan sebagainya.
  2. zona Indonesia tengah ; zona ini disebut juga dengan zona Peralihan karena merupakan peralihan antara hewan-hewan tipe Asiatis dan tipe Australis. Contoh fauna yang ada adalah komodo, anoa, babi rusa, dan sebagainya.
  3. zona Indonesia timur ; zona ini disebut juga dengan zona Australis karena merupakan hewan-hewan tipe Australis. Contoh fauna yang ada adalah kanguru, cenderawasih, dan sebagainya.

Flora di Indonesia mayoritas dipengaruhi oleh tiga jenis bioma, yakni sebagai berikut :

  1. Bioma hutan hujan tropis ; dicirikan dengan hutan lebat yang banyak turun hujan, kerapatan antar pohon sangat rapat.
  2. Bioma hutan musim ; dicirikan dengan hutan agak lebat dengan curah hujan yang jarang, kerapatan antar pohon agak renggang.
  3. Bioma sabana ; padang rumput yang diselilingi tanaman belukar dan pohon-pohon.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Habitat flora dan fauna Asiatis di Indonesia yang berada di wilayah Paparan Sunda meliputi pulau-pulau di bawah ini, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Secara geografis, kawasan Paparan Sunda dikenal sebagai Sundaland atau Tanah Sunda. Tanah Sunda termasuk Semenanjung Malaya, Kepulauan Sunda Besar termasuk Kalimantan, Sumatra, dan Jawa, Bali serta laut dangkal di sekitarnya, yaitu Laut Jawa, Selat Malaka, Selat Karimata, Teluk Siam, dan bagian selatan Laut China Selatan. Pulau Sunda Besar pernah bersatu dengan benua Asia dibuktikan dengan sebaran jenis mamalia Asia seperti beberapa jenis kera, gajah, macan dan harimau yang ditemukan di benua Asia, Sumatra, Jawa, dan Bali; serta adanya Orangutan baik di Sumatra dan Kalimantan.undefined

Jadi, yang tidak termasuk wilayah paparan sunda adalah Sulawesi.

0

Roboguru

Jelaskan tentang 3 zonasi fauna di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis fauna yang dibedakan berdasarkan garis Wallacea dan garis Weber. Berdasarkan A.R. Wallacea dan M. W Carl Weber kelompok fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu:

Tipe Asiatis
Kelompok hewan asiatis tersebar di wilayah Indonesia bagian barat. Daerah yang termasuk kelompok ini yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan merupakan pulau-pulau yang berada bagian barat yang dibatasi oleh Selat Makassar dan Selat Lombok. Contoh fauna tipe asiatis yaitu:

  • Jenis mamalia, contohnya ajah, badak bercula satu, harimau, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet,kukang dan lainnya.
  • Jenis reptil, contohnya buaya, kura-kura, ular, biawak, trenggiling, dan lainnya.
  • Jenis burung, contohnya burung hantu, elang, jalak, merak, kutilang, ungags, dan lainnya.
  • Jenis ikan, contohnya ikan air tawar dan pesut.

Tipe Austaralis
Kelompok hewan Australis tersebar di wilayah Papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Contoh fauna tipe australis yaitu:

  • Jenis mamalia, contohnya kanguru, wallaby, beruang, nokdiak (landak Papua), opossum laying (pemanjat berkantung), kuskus, dan kelelawar.
  • Jenis reptil, contohnya buaya, biawak, ular, kadal, kura-kura.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya nuri, raja udang, cendrawasih, kasuari, dan namudur.

Tipe Peralihan
Tipe peralihan tersebar di wilayah Indonesia bagian tengah, yaitu Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Tipe peralihan diantaranya:

  • Jenis mamalia, contohnya anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang, tarsius, monyet seba, kuda, sapi, banteng
  • Jenis reptil, contohnya biawak, komodo, buaya, soa-soa, ular.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya burung dewata, rangkong, kakatua, nuri, merpati, maleo, mandar, raja udang dan lainnya. 

0

Roboguru

Sebutkan pengelompokan fauna berdasarkan iklim!

Pembahasan Soal:

Menurut Alfred Russel fauna di dunia terbagi menjadi 6 wilayah, diantaranya:

  1. Wilayah Neartik; Meliputi Greenland dan Amerika bagian utara, jenis fauna di kawasan ini dipengaruhi oleh jenis vegetasi dan kondisi alam, seperti antelop bertanduk cabang tiga, praraire (sejenis tupai dari Amerika Utara), kalkun, burung biru salamander dan Byson.
  2. Wilayah Neotropik; Sebagian besar beriklim tropis kecuali di daerah utara lebih dipengaruhi oleh iklim sedang, kawasan neotropik meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Meksiko. Fauna khas kawasan ini adalah piranha, belut listrik, anaconda, alpaca, kera dan tapir.
  3. Wilayah Oriental; Kondisi fisik wilayah Oriental bervariasi, sebagian kawasan beriklim tropis sehingga terdapat hutan hujan tropis yang kaya flora dan fauna. Fauna kawasan oriental di dominasi oleh babon dan orang utan. Fauna khas oriental tersebar di wilayah India, Sri Lanka, Indo-Cina, Tiongkok bagian selatan, Indonesia bagian barat, dan Malaysia.
  4. Wilayah Ethiopian; Tersebar di wilayah Afrika selatan, Pegunungan Atlas, Gurun Sahara, dan Barat Daya Arabia. Fauna khas kawasan ini adalah zebra, kuda nil, singa, badak, jerapah, dan berbagai jenis burung.
  5. Wilayah Australis; Tipe Australis tersebar di daerah Papua dan pulau kecil sekitarnya. seperti Kanguru, Kakaktua, burung cenderawasih, burunh emu, dan masih banyak lagi.
  6. Wilayah Paleartik; mencakup wilayah eropa dan asia bagian utara, fauna yang ada seperti reptil, domba, kambing, bison dan ikan salmon.

0

Roboguru

Perhatikan jenis hewan berikut ini! tapir komodo wallabi tarsius anoa Hewan endemik di wilayah Indonesia bagian tengah terdapat pada angka ….

Pembahasan Soal:

Pengelompokan hewan di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu tipe Asiatis, tipe Australis dan tipe Peralihan. Wilayah Indonesia bagian tengah merupakan wilayah dengan tipe fauna peralihan seperti berikut ini.

  • Jenis mamalia, contohnya anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang, tarsius, monyet seba, kuda, sapi, banteng.
  • Jenis reptil, , contohnya biawak, komodo, buaya, soa-soa, ular.
  • Jenis amfibia, contohnya katak pohon, katak terbang, katak air.
  • Jenis burung, contohnya burung dewata, rangkong, kakatua, nuri, merpati, maleo, mandar, raja udang dan lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Sebutkan pembagian fauna di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Pembagian fauna di Indonesia dipisahkan oleh garis Wallace dan garis Weber, sehingga menghasilkan tiga zona sebagai berikut.

  1. Indonesia bagian barat, meliputi wilayah Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, dan wilayah di sekitarnya. Fauna yang hidup pada zona ini mirip dengan fauna yang ada di Benua Asia, seperti gajah dan orang utan.
  2. Indonesia bagian tengah, meliputi Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan pulau lain di sekitarnya. Fauna yang hidup pada zona ini disebut sebagai fauna tipe peralihan, seperti anoa dan komodo.
  3. Indonesia bagian timur, meliputi wilayah Papua dan sekitarnya. Fauna yang hidup pada zona ini mirip dengan fauna yang ada di Benua Australia, seperti kanguru dan walabi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembagian fauna di Indonesia terdiri dari Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved