Roboguru

Kapan waktu pelaksanaan konfrontasi militer?

Pertanyaan

Kapan waktu pelaksanaan konfrontasi militer?

Pembahasan Soal:

Konfrontasi militer adalah sebuah kebijakan pemerintah Indonesia yang mengambil sikap tegas dan bermusuhan dengan memakai kekuatan senjata terhadap Belanda yang bersikeras mempertahankan Irian Barat. Hal ini terjadi karena kegagalan diplomasi bilateral dan multilateral yang telah ditempuh. Kegagalan ini dilatar belakangi oleh: adanya keinginan Belanda untuk berkuasa atas wilayah Irian Barat, ketidakseriusan Belanda untuk mengembalikan Irian Barat ke Indonesia dalam diplomasi bilateral, upaya diplomasi melalui PBB berjalan lamban dan cenderung tidak mendapat tanggapan yang positif.
Kegagalan diplomasi dalam penyelesaian sengketa Irian Barat membuat Indonesia menempuh cara militeristik untuk mengembalikan Irian Barat ke Indonesia. Soekarno membentuk Komando Operasi Tinggi (KOTI) bagi pembebasan Irian Barat serta mengumumkan Trikora (Tri Komando Rakyat) pada 19 Desember 1961 di Yogyakarta. Isi dari Trikora adalah: gagalkan pembentukan negara boneka Papua oleh Belanda, kibarkan Merah Putih di Irian Barat, bersiap untuk mobilisasi umum demi mempertahankan kedaulatan dan kesatuan NKRI. Langkah pertama dalam pelaksanaan Trikora adalah pembentukan komando operasi yang bernama Komando Mandala Pembebasan Irian Barat.

Dengan demikian, konfrontasi militer pembebasan Irian Barat ke Indonesia terjadi pada tanggal 19 Desember 1961 yang ditandai dengan pelaksanaan Trikora oleh Soekarno.
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved