Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah data buku berikut dengan cermat!


Ulasan buku karya Sastragraha ini tidak mendalam dan tidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.space

Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah ....

Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah ....space

  1. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.space

  2. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Sastragraha tidak sulit.space

  3. Buku tersebut disusun karena desakan penerbit.space

  4. Pengarang menceritakan secara mendetail karya cerpennya.space

  5. Pengarang dengan leluasa mengungkapkan kesan pertamanya.space

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah karangan yang berisi ulasan sebuah karya, baik itu yang berupa buku, film, ataupun album lagu. Isinya berupa penilaian atas keunggulan dan kelemahan karya tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , keunggulan diartikan sebagai keadaan (lebih) unggul; keutamaan; kepandaian (kecakapan, kebaikan, kekuatan, dan sebagainya) yang lebih daripada yang lain. Sedangkan kelemahan adalah suatu keadaan yang lemah atau kekurangan. Berikut ini adalah analisis kalimat resensi pada setiap pilihan jawaban yang menyatakan kelemahan sebuah karya di atas, yaitu: Kalimat resensi pilihan A yang berbunyi "Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah." merupakan kalimat yang menyatakan kelemahan sebuah buku karena berisikan kekurangan penulis buku yang tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah. Kalimat resensi pilihan B, D, dan E menyatakan tentang keunggulan buku tersebut sedangkan kalimat resensi pilihan C menyatakan tentang alasan penyusunan buku tersebut. Berdasarkan analisis di atas, maka kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah kalimat yang berbunyi "Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah." karena berisikan kekurangan penulis buku yang tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Resensi adalah karangan yang berisi ulasan sebuah karya, baik itu yang berupa buku, film, ataupun album lagu. Isinya berupa penilaian atas keunggulan dan kelemahan karya tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), keunggulan diartikan sebagai keadaan (lebih) unggul; keutamaan; kepandaian (kecakapan, kebaikan, kekuatan, dan sebagainya) yang lebih daripada yang lain. Sedangkan kelemahan adalah suatu keadaan yang lemah atau kekurangan.

Berikut ini adalah analisis kalimat resensi pada setiap pilihan jawaban yang menyatakan kelemahan sebuah karya di atas, yaitu:

  • Kalimat resensi pilihan A yang berbunyi "Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah." merupakan kalimat yang menyatakan kelemahan sebuah buku karena berisikan kekurangan penulis buku yang tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.
  • Kalimat resensi pilihan B, D, dan E menyatakan tentang keunggulan buku tersebut sedangkan kalimat resensi pilihan C menyatakan tentang alasan penyusunan buku tersebut.

Berdasarkan analisis di atas, maka kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah kalimat yang berbunyi "Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah." karena berisikan kekurangan penulis buku yang tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space

Latihan Bab

Mengenal Resensi

Kebahasaan Resensi

Menganalisis Resensi

Membuat Resensi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13rb+

Nora Kapas515

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Aisyah sabila

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan bagian-bagian resensi pendek tersebut!

651

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia