Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini.


    Novel Sepatu Dahlan bisa dikatakan sebagai biografi tokoh Dahlan Iskan yang diselingi bumbu imajinasi. Novel ini bercerita tentang tokoh Dahlan Iskan kecil yang bersusah payah menuntut ilmu. Dikisahkan, setiap hari Dahlan harus menempuh perjalanan enam kilometer. Perjalanan yang termasuk sangat jauh ini tak menyurutkan langkahnya dalam mencari ilmu. Walaupun matahari bersinar terik, perut kelaparan, dan kaki lecet-lecet karena berjalan jauh tanpa sepatu, Dahlan tak mengeluh. Novel ini sarat akan ajaran moral dan sosial. Di dalamnya, banyak kisah yang dapat menginspirasi pembaca untuk menjadi orang yang baik. Satu hal yang patut disayangkan adalah alur cerita yang lurus dan kadang terasa melompat-lompat antarbab. Hal ini membuat pembaca harus berpikir keras untuk dapat menghubungkan jalan ceritanya. Selain itu, judul antarbab juga tidak saling berkaitan satu dengan yang lain.space 

Kalimat yang menyatakan keunggulan novel adalah ....

Kalimat yang menyatakan keunggulan novel adalah ....space 

  1. Novel ini mengisahkan tokoh Dahlan lskan kecil.space 

  2. Novel ini sarat akan ajaran moral dan sosial.space 

  3. Alur cerita dibuat alur yang lurus dengan sedikit lompatan.space 

  4. Alur cerita terasa memiliki banyak lompatan.space 

  5. Lompatan alur cerita membuat pembaca tertarik.space 

Iklan

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space 

Iklan

Pembahasan

Sebuah karya sastra, baik puisi, prosa, maupun drama, bisa dinilai berdasarkan keunggulan atau kekurangannya. Untuk dapat melakukan penilaian, Anda harus betul-betul memahami karya sastra yang­akan dinilai. Langkah pertama adalah dengan membaca keseluruhan isi novel. Ketika membaca, Anda harus memahami isi dan jalan ceritanya dengan baik. Setelah itu, berikanlah penilaian dengan objektif mengenai keunggulan dan kekurangan novel tersebut. Oleh karena itu, kalimat yang menyatakan keunggulan novel adalah "Novel ini sarat akan ajaran moral dan sosial." Hal ini berdasarkan pada kalimat "Novel ini sarat akan ajaran moral dan sosial. Di dalamnya, banyak kisah yang dapat menginspirasi pembaca untuk menjadi orang yang baik." Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Sebuah karya sastra, baik puisi, prosa, maupun drama, bisa dinilai berdasarkan keunggulan atau kekurangannya. Untuk dapat melakukan penilaian, Anda harus betul-betul memahami karya sastra yang­ akan dinilai. Langkah pertama adalah dengan membaca keseluruhan isi novel. Ketika membaca, Anda harus memahami isi dan jalan ceritanya dengan baik. Setelah itu, berikanlah penilaian dengan objektif mengenai keunggulan dan kekurangan novel tersebut.

Oleh karena itu, kalimat yang menyatakan keunggulan novel adalah "Novel ini sarat akan ajaran moral dan sosial." Hal ini berdasarkan pada kalimat "Novel ini sarat akan ajaran moral dan sosial. Di dalamnya, banyak kisah yang dapat menginspirasi pembaca untuk menjadi orang yang baik."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

74

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagai kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah ....

561

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia