Roboguru

Jika diuji dengan alat penguji elektrolit, ternyata larutan NH3​ 0,1 M merupakan konduktor yang lebih buruk daripada larutan NaCl 0,1 M. Mengapa demikian?

Pertanyaan

Jika diuji dengan alat penguji elektrolit, ternyata larutan N H subscript 3 0,1 M merupakan konduktor yang lebih buruk daripada larutan Na Cl 0,1 M. Mengapa demikian?

Pembahasan Soal:

N H subscript 3 merupakan elektrolit lemah karena larutan tersebut terionisasi sebagian, sedangkan Na Cl merupakan elektrolit kuat karena larutan tersebut terionisasi sempurna. Oleh karena itu, larutan N H subscript 3 merupakan konduktor listrik yang lebih buruk daripada Na Cl.

Jadi, jawaban sesuai dengan uraian di atas.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Molekul A, B dan C dilarutkan kedalam air dengan hasil seperti terlihat pada gambar.     Dari gambar tersebut, kelompokkanlah berdasarkan daya hantar listriknya serta berikan alasanmu mengenai ba...

Pembahasan Soal:

Larutan A begin mathsize 14px style open parentheses Na Cl close parentheses end style merupakan larutan elektrolit, karena saat dilarutkan dalam air begin mathsize 14px style Na Cl end style terurai sempurna membentuk ion begin mathsize 14px style Na to the power of plus sign end style dan begin mathsize 14px style Cl to the power of minus sign end style. Berdasarkan daya hantar listriknya larutan A (undefined) merupakan larutan elektrolit kuat, karena terurai sempurna dalam air sehingga cahaya lampu yang dihasilkan terang.

Larutan B merupakan larutan elektrolit. Larutan B (air) hanya sebagian terurai menjadi ion begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style. Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan B merupakan larutan elektrolit lemah, karena hanya terurai sebagian dalam larutannya sehingga cahaya lampu yang dihasilkan redup.

Larutan C (gula) merupakan larutan non elektrolit, karena saat dilarutkan dalam air molekul-molekul gula tidak terurai menjadi ion tetapi hanya berubah wujud menjadi larutan gula. Karena larutan gula tidak mengion, tidak dapat menghantarkan arus listrik dan tidak menghasilkan cahaya  pada lampu.

Jadi, larutan A merupakan elektrolit kuat, larutan B merupakan elektrolit lemah, dan larutan C merupakan larutan non elektrolit.

0

Roboguru

Dengan menggunakan uji elektrolit apa yang terjadi jika larutan elektrolit lemah, elektrolit kuat, dan noneletrolit?

Pembahasan Soal:

Larutan berdasarkan daya hantar listriknya terdiri dari larutan elektrolit (elektrolit kuat dan lemah) dan larutan non elektrolit. Untuk membedakan larutan elekrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan nonelektrolit melalui percobaan sederhana, yaitu dengan menggunakan lampu kecil, rangkaian listrik, dan larutan yang ingin diuji. Hasil pengamatan dari percobaan ini berupa gelembung dan nyala lampu.

  • Jika larutan elektrolit kuat, hasil pengamatan adalah terbentuk gelembung gas dan lampu menyala.
  • Jika larutan elektrolit lemah, hasil pengamatan adalah terbentuk gelembung gas/ lampu menyala.
  • Jika larutan nonelektrolit, hasil pengamatan adalah tidak terbentuk gelembung gas dan lampu tidak menyala.

Jadi, uji elektrolit untuk larutan elektrolit kuat adalah nyala lampu terang dan gelembung gas banyak, elektrolit lemah nyala redup atau gelembung gas sedikit, serta nonelektrolit tidak menghasilkan gelembung gas dan lampu tidak menyala.

0

Roboguru

Pada konsentrasi yang sama larutan HCl memiliki daya hantar listrik lebih kecil daripada larutan ...

Pembahasan Soal:

Faktor yang mempengaruhi kekuatan daya hantar listrik suatu larutan elektrolit adalah:

  1. Kuat lemahnya sifat elektrolit. Semakin kuat sifat elektrolit suatu zat, semakin kuat pula larutannya menghantarkan listrik.
  2. Jumlah ion yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah ion yang dihasilkan oleh suatu zat di dalam larutan, maka semakin baik pula daya hantar listrik larutannya.
  3. Konsentrasi larutan. Semakin besar konsentrasi larutan, semakin baik pula daya hantar listrik larutannya.

HCl adalah zat yang tergolong elektrolit kuat dan tiap molekul HCl akan terionisasi menghasilkan dua ion dalam larutan. Pada konsentrasi yang sama, larutan HCl memiliki daya hantar listrik lebih kecil daripada larutan yang merupakan elektrolit kuat dan menghasilkan ion lebih dari dua ion.

begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style adalah zat elektrolit kuat yang tiap molekulnya dapat terionisasi menghasilkan tiga ion. Oleh karena itu, pada konsentrasi yang sama, larutan begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 4 end style akan memiliki daya hantar listrik yang lebih besar daripada larutan HCl.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Berdasarkan data percobaan daya hantar listrik beberapa larutan berikut ini, yang merupakan pasangan elektrolit kuat dan elektrolit lemah berturut-turut adalah ....

Pembahasan Soal:

Daya hantar beberapa larutan dapat diketahui dari eksperimen. Berdasarkan eksperimen jenis larutan dapat dilihat dari nyala lampu dan gelembung gas. undefined 

  • Larutan yang menimbulkan nyala terang dan terjadi banyak gelembung gas disebut kelompok elektrolit kuat,
  • Larutan yang tidak menimbulkan nyala atau redup tetapi terjadi sedikit gelembung gas disebut kelompok elektrolit lemah 
  • Larutan yang tidak menimbulkan nyala dan tidak terjadi gelembung gas disebut kelompok nonelektrolit.

Sehingga, pasangan elektrolit kuat dan elektrolit lemah di antara larutan pada tabel yaitu larutan D dan E, sebab larutan D memiliki ciri-ciri larutan elektrolit kuat yaitu nyala lampu terang serta terdapat banyak gelembung gas, sedangkan larutan E memiliki ciri-ciri larutan elektroilit lemah yaitu nyala lampu tidak menyala dan terdapat sedikit gelembung gas.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

1

Roboguru

Bila dilarutkan dalam air, bagaimana daya hantar listrik larutan yang dihasilkan ? Jelaskan, apakah akan membentuk senyawa elelktrolit atau nonelektrolit. Jika membentuk larutan elektrolit, tunjukkan ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan daya hantar listrik, lariutan dibedakan menjadi 2, yaitu :

  1. Larutan elektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Larutan elektrolit meliputi larutan asam, basa, dan garam. Berdasarkan kekuatan daya hantar listrikmya, larutan elektrolit dibedakan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang zat terlarutnya terioniasi sempurna (asam kuat, basa kuat, garam), sedangkan elektrolit lemah hanya terionisasi sebagian (asam lemah dan basa lemah).
  2. Larutan Non elektrolit. Larutan yang tidak dapat menghantarka listrik, biasanya senyawa senyawa organik selain asam, basa, dan garam.
     

Daya hantar listrik senyawa-senyawa tersebut ketika dilarutkan dalam air adalah sebagai berikut.

  • begin mathsize 14px style C Cl subscript 4 comma space C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 end style dan Urea begin mathsize 14px style C O open parentheses N H subscript 2 close parentheses subscript 2 end style merupakan senyawa nonelektrolit karena tidak dapat menghantarkan arus listrik.
  • begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style merupakan elektrolit lemah karena tergolong asam lemah yang ketika diuji dengan nyala lampu akan menghasilkan lampur redup dan sedikit gelembung gas. 
  • begin mathsize 14px style K subscript 2 S O subscript 4 end style merupakan elektrolit kuat karena  tergolong garam yang apabila diuji dengan nyala lampu akan menghasilkan lampu yang terang dan banyak gelembung gas.


Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai penjelasan di atas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved