Iklan

Iklan

Pertanyaan

Termasuk larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, ataukah larutan nonelektrolit senyawa-senyawa berikut ini? CO ( NH 2 ​ ) 2 ​ KCl CH 3 ​ COOH C 6 ​ H 6 ​ FeCl 3 ​

Termasuk larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, ataukah larutan nonelektrolit senyawa-senyawa berikut ini?

  1.    
  2.  
  3.  
  4.  
  5.  

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Senyawa yang termasuk elektrolit kuat adalah KCl dan FeCl 3 ​ , elektrolit lemah adalah CH 3 ​ COOH , dan nonelektrolit adalah CO ( NH 2 ​ ) 2 ​ dan C 6 ​ H 6 ​ . Berdasarkan daya hantar listrik, larutan dibagi menjadi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik karena dalam air dapat terionisasi menjadi ion-ionnya, sedangkan larutan nonelektrolit tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik. Berdasarkan kekuatan daya hantarnya, larutan elektrolit terbagi lagi menjadi 2, yaitu elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Contoh larutan elektrolit kuat adalah asam kuat, basa kuat, dan garam. Contoh larutan elektrolit lemah adalah asam lemah danbasa lemah. Contoh larutan nonelektrolit adalah urea, glukosa, sukrosa, benzena, dan senyawa nonpolar lainnya. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan: CO ( NH 2 ​ ) 2 ​ : urea - non elektrolit , KCl - garam - elektrolit kuat , CH 3 ​ COOH - asam lemah - elektrolit lemah , C 6 ​ H 6 ​ - benzena - nonelektrolit , FeCl 3 ​ - garam - elektrolit kuat .

Senyawa yang termasuk elektrolit kuat adalah KCl dan , elektrolit lemah adalah , dan nonelektrolit adalah  dan .

Berdasarkan daya hantar listrik, larutan dibagi menjadi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit. Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan listrik karena dalam air dapat terionisasi menjadi ion-ionnya, sedangkan larutan nonelektrolit tidak dapat terionisasi sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik.

Berdasarkan kekuatan daya hantarnya, larutan elektrolit terbagi lagi menjadi 2, yaitu elektrolit kuat dan elektrolit lemah. Contoh larutan elektrolit kuat adalah asam kuat, basa kuat, dan garam. Contoh larutan elektrolit lemah adalah asam lemah dan basa lemah. Contoh larutan nonelektrolit adalah urea, glukosa, sukrosa, benzena, dan senyawa nonpolar lainnya.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan:

  •  : urea - non elektrolit,
  •  - garam - elektrolit kuat,
  •  - asam lemah - elektrolit lemah,
  •  - benzena - nonelektrolit,
  •  - garam - elektrolit kuat.

Latihan Bab

Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

Elektrolit

Nonelektrolit

Konsep Kilat

992

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan percobaan pengujian sifatelektrolit beberapa larutan, diperoleh data sebagai berikut. Larutan yang bersifat elektrolit lemah dan nonelektrolit berturut-turut adalah ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia