Pertanyaan

Bacalah teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
 

    (1) Rokok merupakan teman akrab yang memberikan dampak negatif dan merugikan bagi pengisap atau pencandunya. (2) Akibat merokok, tubuh kita dirongrong sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa semakin cepat menua. (3) Di samping itu, kondisi perekonomian juga menjadi tidak seimbang, besar pasak dari pada tiang. (4) Jumlah pengeluaran bertambah untuk membeli rokok yang seharusnya dapat ditabung untuk hari esok. (5) Oleh karena itu, kurangi atau berhentilah merokok agar hidup menjadi lebih baik.space 

Jika dilihat dari struktur, bagiantesis (gagasan umum) terdapat pada kalimat . . . .

Jika dilihat dari struktur, bagian tesis (gagasan umum) terdapat pada kalimat . . . .space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (4)space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Teks persuasi adalah teks yang dimaskudkan untuk mengajak, membujuk, atau menyuruh pembacanya melakukan sesuai sebagaimana yang penulis sampaikan. Struktur teks persuasi sebagai berikut: pembukaan, memuat pandangan awal penulis terhadap suatu topik. tesis, memuat gagasan umum penulis tentang topik yang dibahas. argumen, berisi pendapat penulis atau bukti-bukti yang mendukung tesis. rekomendasi, bagian penutup teks persuasi yang berisi ajakan mau saran untuk melakukan hal yang disampaikan pada teks tersebut. Bagian tesis pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat (2). Berdasarkan kutipan: Akibat merokok, tubuh kita dirongrong sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa semakin cepat menua . Kalimat tersebut penulis menentukan arah topik permasalahan yang akan dibahas, yaitu dampak negatif merokok bagi tubuh. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Teks persuasi adalah teks yang dimaskudkan untuk mengajak, membujuk, atau menyuruh pembacanya melakukan sesuai sebagaimana yang penulis sampaikan.
Struktur teks persuasi sebagai berikut:

  1. pembukaan, memuat pandangan awal penulis terhadap suatu topik.
  2. tesis, memuat gagasan umum penulis tentang topik yang dibahas.
  3. argumen, berisi pendapat penulis atau bukti-bukti yang mendukung tesis.
  4. rekomendasi, bagian penutup teks persuasi yang berisi ajakan mau saran untuk melakukan hal yang disampaikan pada teks tersebut.

Bagian tesis pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat (2). Berdasarkan kutipan:  Akibat merokok, tubuh kita dirongrong sehingga tanpa kita sadari menjadi rentan terhadap penyakit dan terasa semakin cepat menua. Kalimat tersebut penulis menentukan arah topik permasalahan yang akan dibahas, yaitu dampak negatif merokok bagi tubuh. 
 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

3rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah paragraf berikut! 1) Kepala BNN kota Bandung, Yeni Siti Saodah, menyatakan keprihatinan kepada milenial yang saat ini menjadi sasaran peredaran dan penyalahgunaan narkotika. 2) BNN Kota Ba...

485

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia