Roboguru

Jepang merekrut penduduk pedesaan untuk dijadikan romusa. Kebijakan tersebut menyebabkan perekonomian di pedesaan terbengkalai karena...

Pertanyaan

Jepang merekrut penduduk pedesaan untuk dijadikan romusa. Kebijakan tersebut menyebabkan perekonomian di pedesaan terbengkalai karena...

  1. Anggota romusa memonopoli perdagangan di pedesaan

  2. Banyak petani dipedesaan dikerahkan menjadi romusa

  3. Pengusaha swasta dipedesaan direkrut menjadi romusa

  4. Anggota romusa melakukan blockade ekonomi dipedesaan

  5. Dana untuk pengembangan desa dialihkan bagi para romusa

Pembahasan Soal:

Awalnya tenaga kerja dikerahkan dari Pulau Jawa yang padat penduduknya. Lalu di kota-kota dibentuk barisan romusha sebagai sarana propaganda. Propaganda yang kuat itu menarik pemuda-pemuda untuk bergabung dengan sukarela. Pengerahan tenaga kerja yang awalnya sukarela menjadi paksaan. Terdapat panitia pengerahan (romukyokai) di setiap daerah. Desa-desa diwajibkan untuk menyiapkan sejumlah tenaga romusha. Para petani banyak yang menjadi pekerja romusha, akibatnya bahan makanan sulit didapat. Para pekerja romusha diperlakukan dengan kasar dan kejam. Kehidupan mereka tidak dijamin, kesehatan dan makan tidak diperhatikan. Akibatnya, banyak pekerja romusha yang sakit dan meninggal. Untuk mengembalikan citranya, Jepang mengadakan propaganda dengan menyebut pekerja romusha sebagai pahlawan pekerja atau prajurit ekonomi. Dalam propaganda Jepang, pekerja romusha digambarkan sebagai sosok yang suci dalam menjalankan tugasnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi!

Pembahasan Soal:

Dampak pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi terbagi menjadi 2 yakni dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini dampak positif dalam bidang ekonomi yaitu:

  1. Dalam bidang ekonomi, didirikannya Kumyai yaitu koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama.
  2. Diperkenalkan suatu sistem baru pertanian yaitu line system. Sitem ini adalah (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan.

Berikut ini dampak negatif dalam bidang ekonomi yaitu:

  1. Terputusnya hubungan antar daerah akibat dari self sufficiency.
  2. Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan perang sehingga seluruh potensi SDA dan bahan mentah lainnya digunakan untuk mendukung industri perang.
  3. Penerapan sanksi yang berat olehJepang dengan menerapkan sistem ekonomi secara ketat.
  4. Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang).
  5. Jepang mengeksploitasi SDA dan SDM untuk kepentingan perang.
  6. Jepang mengambil secara paksa makanan, pakaian dan pembekalan lainnya dari rakyat Indonesia tanpa kompensasi.
  7. Terjadinya inflasi dan krisis ekonomi yang sangat menyengsarakan rakyat.

Dengan demikian dampak positif pada bidang ekonomi khususnya dalam hal pertanian, Jepang mengenalkan sistem pertanian baru, yai Sistem ini digunakan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, tetapi dengan cara yang efisien. Dampak negatif yaitu terjadinya krisis ekonomi dan inflasi yang sangat merugikan masyarakat, kegiatan ekonomi dilakukan hanya untuk kepentingan perang, seluruh sumber daya alam dan bahan mentah digunakan untuk kegiatan perang Jepang, Jepang menerapkan sistem ekonomi yang sangat ketat dan terdapat sanksi bagi yang melanggarnya.

0

Roboguru

Penyebab utama timbulnya kesulitan ekonomi Indonesia masa pendudukan Jepang adalah...

Pembahasan Soal:

Untuk memenangkan perang, Jepang memanfaatkan Indonesia yang kaya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Jepang memberlakukan ekonomi perang di Indonesia. Ekonomi perang adalah kebijakan mengerahkan semua kekuatan ekonomi untuk menopang keperluan perang. Salah satu ciri utama dari sistem ekonomi perang adalah : hampir semua kehidupan diatur dengan peraturan-peraturan penguasa, institusi-institusi masa dibekukan, kepentingan bersama yaitu memenangi perang di atas segalanya, ruang gerak individu sangat dibatasi, ekonomi beroperasi berdasarkan perintah (command economy), transaksi sukarela (mekanisme pasar) hanya terjadi dicelah-celah sempit dalam perekonomian yang tersisa. Akibatnya, kesejahteraan rakyat Indonesia menurun karena yang diutamakan Jepang bukanlah kesejahteraan rakyat melainkan peperangan.

Dengan demikian, kesulitan ekonomi Indonesia pada masa pendudukan Jepang dikarenakan diberlakukannya sistem ekonomi perang.

0

Roboguru

Buatlah dampak positif dari pendudukan militer Jepang di berbagai bidang !

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia pada umumnya memberikan dampak negatif pada masyarakat Indonesia. Akan tetapi, terdapat pula dampak positif dari pendudukan Jepang di Indonesia, dampak positif pendudukan Jepang di Indonesia antara lain.

  1. Diperbolehkannya bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi nasional.
  2. Dalam segi ekonomi didirikannya kumyai yang kemudian menjadi koperasi yang berhaluan untuk keperluan bersama.
  3. Menghapuskan diskriminasi dalam sistem pendidikan, dan menggantinya dengan sekolah dengan jenjang 12 tahun (SD 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun).
  4. Pembentukan strata warga hingga tingkat sangat bawah adalah rukun tetangga (RT) atau Tonarigumi.
  5. Diperkenalkan suatu sistem baru untuk pertanian adalah line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang berhaluan untuk meningkatkan produksi pangan.
  6. Melatih mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia sebagai modal bertempur hingga pada akhirnya terbentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan asal usul TNI.

Dengan demikian, dampak positif pendudukan jepang antara lain diperbolehkannya penggunaan bahasa Indonesia, didirikannya kumyai, menghapuskan diskriminasi dalam pendidikan, membentuk strata warga, diperkenalkannya sistem pertanian dan melatih dan melatih dan juga mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia.

1

Roboguru

Dalam aspek ekonomi salah satu penyebab kemiskinan pada masa pendudukan Jepang diakibatkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia memberikan dampak dalam kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Sistem ekonomi perang yang diterapkan oleh Jepang menyebabkan kesengsaraan dan kemiskinan bagi masyarakat pribumi. Pada awal kedatangannya Jepang telah menerapkan self help yang bermakna berusaha memenuhi kebutuhan pemerintahan Jepang di Indonesia. Para petani padi diwajibkan untuk menjual hasil produksi padi sesuai kuota dengan harga yang telah ditentukan Jepang. Petani hanya berhak 40% dari hasil panen mereka. Selain itu, masyarakat juga dipaksa untuk mengerahkan tenaganya dalam pelaksanaan romusha atau kerja paksa.

Dengan demikian, kewajiban menyetor padi menjadi salah satu penyebab kemiskinan pada masa pendudukan Jepang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Alasan mendasar bagi Jepang yang pada akhirnya membuat kebijakan tentang romusha adalah .…

Pembahasan Soal:

Alasan Jepang membentuk Romusha tidak terlepas dari kekalahan Jepang dalam perang melawan Sekutu. Kekalahan tersebut antara lain pada Pertempuran Laut Karang pada Mei 1942, dan   Pertempuran Midway pada Juni 1942. Kondisi tersebut membuat kedudukan Jepang sangat terancam. Terlebih lagi Jepang memiliki wilayah kekuasaan yang cukup luas. Untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya, Jepang memerlukan tenaga bantuan untuk menyokong Perang Asia Timur Raya, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Tenaga kerja tersebut direkrut secara paksa. Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, rakyat Indonesia harus membantu Jepang. Tenaga inilah yang kemudian dikenal dengan romusha.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A. space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved