Roboguru

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi!

Pertanyaan

Jelaskan akibat pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Dampak pendudukan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi terbagi menjadi 2 yakni dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini dampak positif dalam bidang ekonomi yaitu:

  1. Dalam bidang ekonomi, didirikannya Kumyai yaitu koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama.
  2. Diperkenalkan suatu sistem baru pertanian yaitu line system. Sitem ini adalah (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan.

Berikut ini dampak negatif dalam bidang ekonomi yaitu:

  1. Terputusnya hubungan antar daerah akibat dari self sufficiency.
  2. Kegiatan ekonomi diarahkan untuk kepentingan perang sehingga seluruh potensi SDA dan bahan mentah lainnya digunakan untuk mendukung industri perang.
  3. Penerapan sanksi yang berat olehJepang dengan menerapkan sistem ekonomi secara ketat.
  4. Menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang kegiatan perang).
  5. Jepang mengeksploitasi SDA dan SDM untuk kepentingan perang.
  6. Jepang mengambil secara paksa makanan, pakaian dan pembekalan lainnya dari rakyat Indonesia tanpa kompensasi.
  7. Terjadinya inflasi dan krisis ekonomi yang sangat menyengsarakan rakyat.

Dengan demikian dampak positif pada bidang ekonomi khususnya dalam hal pertanian, Jepang mengenalkan sistem pertanian baru, yai Sistem ini digunakan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, tetapi dengan cara yang efisien. Dampak negatif yaitu terjadinya krisis ekonomi dan inflasi yang sangat merugikan masyarakat, kegiatan ekonomi dilakukan hanya untuk kepentingan perang, seluruh sumber daya alam dan bahan mentah digunakan untuk kegiatan perang Jepang, Jepang menerapkan sistem ekonomi yang sangat ketat dan terdapat sanksi bagi yang melanggarnya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Harian ekonomi Indonesia pada masa pendudukan Jepang mengalami penurunan bahkan hasil pertanian mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh...

Pembahasan Soal:

Indonesia dikuasai oleh Jepang pada 1942-1945. Pada masa pendudukan Jepang, terjadi berbagai krisis dalam berbagai bidang di Indonesia. Pada masa pendudukan di Indonesia, Jepang mengeluarkan kebijakan ekonomi perang. Ekonomi perang merupakan kebijakan pemerintah Jepang yang digunakan untuk menggali semua kekuatan ekonomi di Indonesia. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk membantu kegiatan Jepang yang tengah menghadapi pada Perang Dunia II. Salah satu ciri utama dari sistem ekonomi perang adalah: hampir semua kehidupan diatur dengan peraturan-peraturan penguasa, institusi-institusi massa dibekukan, kepentingan bersama yaitu memenangi perang di atas segalanya, ruang gerak individu sangat dibatasi, ekonomi beroperasi berdasarkan perintah (command economy), transaksi sukarela (mekanisme pasar) hanya terjadi dicelah-celah sempit dalam perekonomian yang tersisa. Dalam bidang pertanian, salah satu kebijakan yang dikeluarkan Jepang adalah undang-undang No 322/1942 yang menyatakan bahwa gunseikan (kepala militer) langsung mengawasi perkebunan kopi, kina, karet, dan teh. Bagi Jepang hanya sedikit komoditas yang bisa berguna menunjang perang. Kopi, teh, dan tembakau diklasifikasikan sebagai barang yang kurang berguna bagi perang. Komoditas yang dipaksa Jepang untuk ditanam adalah karet, kina, gula, dan beras. Akibat dari ekonomi perang ini, kesejahteraan rakyat Indonesia menurun karena yang diutamakan Jepang bukanlah kesejahteraan rakyat melainkan peperangan.

Dengan demikian, kemorosotan ekonomi Indonesia pada masa pendudukan Jepang dikarenakan penerapan sistem ekonomi perang oleh Jepang, yang mengakibatkan dibatasinya ruang gerak masyarakat hingga diabatasinya komoditas pertanian sehingga menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia.

0

Roboguru

Dalam aspek ekonomi salah satu penyebab kemiskinan pada masa pendudukan Jepang diakibatkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Pendudukan Jepang di Indonesia memberikan dampak dalam kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Sistem ekonomi perang yang diterapkan oleh Jepang menyebabkan kesengsaraan dan kemiskinan bagi masyarakat pribumi. Pada awal kedatangannya Jepang telah menerapkan self help yang bermakna berusaha memenuhi kebutuhan pemerintahan Jepang di Indonesia. Para petani padi diwajibkan untuk menjual hasil produksi padi sesuai kuota dengan harga yang telah ditentukan Jepang. Petani hanya berhak 40% dari hasil panen mereka. Selain itu, masyarakat juga dipaksa untuk mengerahkan tenaganya dalam pelaksanaan romusha atau kerja paksa.

Dengan demikian, kewajiban menyetor padi menjadi salah satu penyebab kemiskinan pada masa pendudukan Jepang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Penyebab utama timbulnya kesulitan ekonomi Indonesia masa pendudukan Jepang adalah...

Pembahasan Soal:

Untuk memenangkan perang, Jepang memanfaatkan Indonesia yang kaya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Jepang memberlakukan ekonomi perang di Indonesia. Ekonomi perang adalah kebijakan mengerahkan semua kekuatan ekonomi untuk menopang keperluan perang. Salah satu ciri utama dari sistem ekonomi perang adalah : hampir semua kehidupan diatur dengan peraturan-peraturan penguasa, institusi-institusi masa dibekukan, kepentingan bersama yaitu memenangi perang di atas segalanya, ruang gerak individu sangat dibatasi, ekonomi beroperasi berdasarkan perintah (command economy), transaksi sukarela (mekanisme pasar) hanya terjadi dicelah-celah sempit dalam perekonomian yang tersisa. Akibatnya, kesejahteraan rakyat Indonesia menurun karena yang diutamakan Jepang bukanlah kesejahteraan rakyat melainkan peperangan.

Dengan demikian, kesulitan ekonomi Indonesia pada masa pendudukan Jepang dikarenakan diberlakukannya sistem ekonomi perang.

0

Roboguru

Tujuan pemerintah pendudukan Jepang tetap memberlakukan mata uang gulden atau rupiah Hindia Belanda adalah ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan ekonomi yang diterapkan pada masa pendudukan Jepang salah satunya adalah, kebijakan moneter dengan tetap memberlakukan mata uang gulden atau rupiah Hindia Belanda. Tujuannya adalah agar harga barang-barang dapat dipertahankan seperti sebelum perang. Jika harga barang-barang tidak terkendali, maka akan mengganggu stabilitas ekonomi pada umumnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Sistem pengawasan ekonomi secara ketat yang diberlakukan oleh Jepang bertujuan untuk ....

Pembahasan Soal:

Pemerintah pendudukan Jepang menerapkan sistem pengawasan ekonomi secara ketat dengan sanksi pelanggaran yang sangat berat. Pengawasan tersebut diterapkan pada penggunaan dan peredaran sisa-sisa persediaan barang. Kebijakan tersebut berujung pada pengendalian harga dan sebagai upaya untuk mencegah meningkatnya harga barang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved