Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!

Air yang tergenang seperti di kaleng-kaleng bekas dan di selokan harus dibersihkan. Air tersebut tidak boleh dibiarkan karena akan menjadi sarang nyamuk. Nyamuk akan bertelur dan berkembang biak di genangan air itu.

Jenis paragraf tersebut adalah ....

Jenis paragraf tersebut adalah ....space 

  1. persuasispace 

  2. argumentasispace 

  3. narasispace 

  4. eksposisispace 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Jenis paragraf tersebut adalah eksposisi .Teks eksposisimerupakan karangan yang berisi gagasan dan fakta. Teks eksposisi mengandung informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan. Paragraf dalam teks eksposisi sendiri sifatnya ilmiah atau non-fiksi. Dalam teks eksposisi umumnya berisi masalah serta rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas. Adapun tujuan dari teks eksposisiialah untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca. Dengan membaca teks eksposisi, pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu masalah atau kejadian. Dalam teks eksposisi bisa membahas isu tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. Kutipan teks di atas merupakan teks eksposisi karena kutipan teks tersebut berisi gagasan dan fakta. Selain itu, kutipan teks tersebut mengandung informasi atau pengetahuan mengenai bahaya air tergenang yang akan menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Jenis paragraf tersebut adalah eksposisi. Teks eksposisi merupakan karangan yang berisi gagasan dan fakta. Teks eksposisi mengandung informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi merupakan suatu uraian atau paparan yang bertujuan untuk menjabarkan maksud serta tujuan. Paragraf dalam teks eksposisi sendiri sifatnya ilmiah atau non-fiksi. 

Dalam teks eksposisi umumnya berisi masalah serta rangkaian argumen dari penulis yang mendukung isu atau topik yang sedang dibahas. Adapun tujuan dari teks eksposisi ialah untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca. Dengan membaca teks eksposisi, pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu masalah atau kejadian. Dalam teks eksposisi bisa membahas isu tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Kutipan teks di atas merupakan teks eksposisi karena kutipan teks tersebut  berisi gagasan dan fakta. Selain itu, kutipan teks tersebut mengandung informasi atau pengetahuan mengenai bahaya air tergenang yang akan menjadi sarang nyamuk.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di bawah ini merupakan pola pengembangan paragraf eksposisi, kecuali....

60

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia