Roboguru

Jelaskan yang dimaksud kesadahan sementara dan kesadahan tetap? Bagaimana cara menghilangkannya? Jelaskan.

Pertanyaan

Jelaskan yang dimaksud kesadahan sementara dan kesadahan tetap? Bagaimana cara menghilangkannya? Jelaskan.space 

Pembahasan Soal:

Kesadahan sementara disebabkan garam-garam hidrogen karbonat, terutama kalsium hidrogen karbonat Ca open parentheses H C O subscript 3 close parentheses subscript 2. Kesadahan sementara dapat dihilangkan melalui pemanasan. Sedangkan kesadahan tetap disebabkan garam-garam kalsium dan magnesium lainnya (selain hidrogen karbonat), misalnya kalsium sulfat atau magnesium sulfat. Kesadahan tetap tidak dapat hilang dengan pemanasan, namun dengan penambahan Na subscript 2 C O subscript 3.

Jadi, kesadahan sementara mengandung ion bikarbonat, sedangkan kesadahan tetap mengandung ion lainnya. Kesadahan sementara dapat hilang dengan pemanasan, sedangkan kesadahan tetap harus ditambah natrium karbonat untuk menghilangkannya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

a. Apa yang dimaksud dengan air sadah? b. Kerugian apa yang ditimbulkan pada penggunaan air sadah?

Pembahasan Soal:

Air yang terdapat di alam tidak murni karena mengandung zat-zat terlarut seperti ion-ion (misal Na to the power of plus signMg to the power of 2 plus signCa to the power of 2 plus sign,  C O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent, dan H C O subscript 3 to the power of minus sign), gas (misalnya O subscript 2 dan C O subscript 2), dan partikulat-partikulat yang lain.

a. Air sadah adalah air yang mengandung garam-garam Ca to the power of 2 plus sign maupun Mg to the power of 2 plus sign.

b. Kerugian penggunaan air sadah antara lain sebagai berikut :

  • Mengendapkan anion sabun sehingga mengurangi efektivitas pencucian dengan sabun.
  • Membentuk garam-garam kalsium dan magnesium yang sukar larut dalam air (seperti Ca C O subscript 3 dan Mg C O subscript 3) sehingga mengendap pada ketel atau pipa dan dapat menyumbat pipa.space 

0

Roboguru

Bagaimana prinsip penghilangan kesadahan dengan a. distilasi b. osmosis balik c. elektrodialisis

Pembahasan Soal:

Untuk mengurangi kerugian akibat air sadah, maka air sadah perlu dilunakkan dengan cara menghilangkan ion Ca to the power of 2 plus sign dan Mg to the power of 2 plus sign.

Beberapa cara penghilangan kesadahan beserta prinsipnya yaitu :

a. distilasi / penyulingan

Destilasi dilakukan dengan memanaskan air, uap air yang terbentuk dialirkan melalui kondensator untuk mengembunkan kembali uap air. Ion Ca to the power of 2 plus sign dan Mg to the power of 2 plus sign akan mengendap dalam bentuk garamnya sehingga uap air yang dihasilkan bebas dari mineral tersebut.

b. osmosis balik

Pada osmosis balik aliran terjadi dari larutan dengan konsentrasi zat terlarut tinggi ke ke larutan dengan konsentrasi zat terlarut rendah. Karena membran semipermeabel hanya dapat dilewati oleh pelarut, maka zat terlarut akan tinggal di kolomnya dan akan diperoleh pelarut murni yaitu air. Artinya ion Ca to the power of 2 plus sign dan Mg to the power of 2 plus sign akan tertinggal di kolom, sementara air murni dihasilkan melewati membran semipermeabel.

c. elektrodialisis

Elektrodialisis adalah proses dimana ion garam dipindahkan dari satu larutan melalui membran penukar ion ke larutan lain di bawah pengaruh perbedaan potensial listrik. Dengan demikian, ion Ca to the power of 2 plus sign dan Mg to the power of 2 plus sign akan terpisah dari air murni.space 

0

Roboguru

Bahan deterjen yang berfungsi mengikat ion  dan  yang terdapat dalam air sadah adalah ….

Pembahasan Soal:

Setiap detergen mempunyai bahan penyusun utama yang hampir sama, salah satunya adalah senyawa fosfat yang mempunyai tugas utama untuk mengangkat dan membersihkan kotoran, serta melunakkan air. Yang umumnya dipakai adalah Sodium tripolifosfat (STPP). STPP mempunyai peran mengikat ion begin mathsize 14px style Ca to the power of 2 plus sign end style dan begin mathsize 14px style Mg to the power of 2 plus sign end style sebagai kompleks polifosfat yang larut dalam air.

Jadi, bahan deterjen yang mengikat ion kalsium atau magnesium pada air sadah adalah Sodium Tripolifosfat (STPP).

0

Roboguru

Tuliskan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk melunakkan kesadahan.

Pembahasan Soal:

Ada beberapa cara melunakkan air sadah, diantaranya dipanaskan, didestilasi atau ditambahkan bahan-bahan seperti Na subscript 2 C O subscript 3 yang dapat mengendapkan ion-ion kalsium dan magnesium yang terdapat dalam air sadah. Bisa juga ditambahkan resin penukar ion yang mengandung ion-ion natrium bebas.

Jadi, bahan yang dapat digunakan untuk melunakkan air sadah adalah bottom enclose Na subscript bold 2 C O subscript bold 3 end enclose atau resin penukar ion yang mengandung ion natrium.

0

Roboguru

Sebutkan kegunaan dari:

Pembahasan Soal:

  • Na H C O subscript 3 (natrium bikarbonat) berguna untuk mengatasi asidosis metabolik, urine yang terlalu asam, dan asam lambung berlebih. Obat ini bekerja dengan cara mengurai natrium dan bikarbonat di dalam air untuk membentuk alkaline yang menetralkan asam. 
  • K Cl O subscript 3 (kalium klorat) adalah sebuah senyawa kristal beracun yang digunakan sebagai agen pengoksidasi, pemutih, dan desinfektan dalam membuat bahan peledak, korek api, dan kembang api.
  • Mg S O subscript 4 (magnesium sulfat) adalah suplemen mineral yang digunakan untuk mengatasi kondisi rendahnya kadar magnesium dalam darah (hipomagnesemia). Obat ini juga digunakan untuk mengobati dan mencegah kejang akibat eklamsia.
  • Ca O Cl subscript 2 (kalsium hipoklorit) digunakan sebagai serbuk pengelantang dan desinfektan. 
  • K Mn O subscript 4 digunakan sebagai antiseptik,  dapat digunakan secara luas dalam industri pengolahan air, dan sebagai pereaksi untuk sintesis senyawa organik.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved