Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa kesadahan sementara hilang dengan pemanasan, sedangkan kesadahan tetap tidak?

Mengapa kesadahan sementara hilang dengan pemanasan, sedangkan kesadahan tetap tidak?space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan kesadahan sementara hilang dengan pemanasan karena pada saat pemanasan terjadi pengendapan garam karbonat, sedangkan pada air sadah tetap garam tidak mengendap (tetap larut dalam air).

dapat disimpulkan kesadahan sementara hilang dengan pemanasan karena pada saat pemanasan terjadi pengendapan garam karbonat, sedangkan pada air sadah tetap garam tidak mengendap (tetap larut dalam air).

Iklan

Pembahasan

Air sadah atau hard water adalah air yang mengandung ion kalsium dan magnesium dalam jumlah yang cukup banyak. Disebut air sadah karena membuat sabun sukar berbuih. Terdapat dua jenis kesadahan, yaitu kesadahan tetap dan kesadaahn sementara. Kesadahan sementara hilang dengan pemanasan, sedangkan kesadahan tetap tidak hal ini dikarenakan pada saat pemanasan garam hidrogen karbonat yang terkadung dalam air terurai membentuk endapan garam karbonat. Misalkan air sadah yang mengandung garam kalsium hidrogen karbonat ( . Jika dilakukan pemanasan maka terurai membentuk endapan kalsium karbonat ( ). Sehingga kesadahan air tersebut hilang. Reaksinya adalah: Dengan demikian, dapat disimpulkan kesadahan sementara hilang dengan pemanasan karena pada saat pemanasan terjadi pengendapan garam karbonat, sedangkan pada air sadah tetap garam tidak mengendap (tetap larut dalam air).

Air sadah atau hard water adalah air yang mengandung ion kalsium dan magnesium dalam jumlah yang cukup banyak. Disebut air sadah karena membuat sabun sukar berbuih. Terdapat dua jenis kesadahan, yaitu kesadahan tetap dan kesadaahn sementara. Kesadahan sementara hilang dengan pemanasan, sedangkan kesadahan tetap tidak hal ini dikarenakan pada saat pemanasan garam hidrogen karbonat yang terkadung dalam air terurai membentuk endapan garam karbonat. Misalkan air sadah yang mengandung garam kalsium hidrogen karbonat (Ca open parentheses H C O subscript 3 close parentheses. Jika dilakukan pemanasan maka Ca open parentheses H C O subscript 3 close parentheses terurai membentuk endapan kalsium karbonat (Ca C O subscript 3). Sehingga kesadahan air tersebut hilang. Reaksinya adalah:

Ca open parentheses H C O subscript 3 close parentheses left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields Ca C O subscript 3 left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses and C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses


Dengan demikian, dapat disimpulkan kesadahan sementara hilang dengan pemanasan karena pada saat pemanasan terjadi pengendapan garam karbonat, sedangkan pada air sadah tetap garam tidak mengendap (tetap larut dalam air).

Latihan Bab

Pendahuluan Kimia Unsur

Unsur Golongan Alkali

Unsur Golongan Alkali Tanah

Identifikasi Unsur Alkali dan Alkali Tanah

669

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesadahan air terjadi karena di dalam air terdapat ...

541

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia