Roboguru

Jelaskan upaya stabilisasi sosial dan politik masa Orde Baru!

Pertanyaan

Jelaskan upaya stabilisasi sosial dan politik masa Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan masa pemerintahan Presiden Suharto di Indonesia dengan masa jabatan terlama, yakni 32 tahun tanpa pergantian kepemimpinan. Pada masa ini terjadi berbagai permasalahan sosial dan politik di Indonesia, salah satunya adalah peristiwa demonstrasi besar-besaran yang dilakukan mahasiswa yang menimbulkan kerusuhan dan jatuhnya korban. Untuk menanggulangi masalah tersebut, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan sosial dan politik yang ada dengan beberapa langkah, yaitu:

  • melakukan penangkapan dan penahanan terhadap orang-orang yang disinyalir terlibat dalam PKI baik langsung maupun tidak langsung,
  • menetapkan Pancasila sebagai dasar ideologi negara demi terciptanya keseragaman pemahaman atau ideologi,
  • pemberantasan ideologi sayap kanan (agamis) dan sayap kiri (komunis) yang dianggap ekstrem yang akan menimbulkan perpecahan dan mempengaruhi stabilitas sosial masyarakat Indonesia, dan
  • penyederhanaan partai-partai di Indonesia yang dikelompokkan berdasarkan visi dan misinya.

Dengan demikian, upaya stabilisasi sosial dan politik masa Orde Baru dilakukan dengan melakukan penangkapan terhadap orang PKI, menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara, memberantas ideologi ekstrem, dan penyederhanaan partai.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 21 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cara Soeharto melakukan stabilisasi politik keamanan nasional di awal pemerintahannya adalah ….

Pembahasan Soal:

Dalam melaksanakan rehabilitasi dan stabilisasi  politik dan keamanan, di awal pemerintahannya Soeharto melakukan de-Soekarnoisasi. De-Soekarnoisasi yaitu kebijakan yang diambil oleh pengelola negara Orde Baru di bawah Jenderal Soeharto untuk memperkecil peranan dan kedatangan Soekarno dalam sejarah dan dari akal bangsa Indonesia juga untuk melenyapkan pengkultusan dirinya. Wujudnya, ajaran-ajaran Soekarno seperti Nasionalis, Agama, dan Komunisme (Nasakom) dilarang keras oleh Soeharto. Gagasan anti Neo kolonialisme imperialisme (Nekolim) juga ditinggalkan. Soeharto juga mengakhiri konfrontasi Indonesia-Malaysia yang menganggap pembentukan Federasi Malaysia sebagai proyek neo kolonialisme dan imperialisme (Nekolim) Inggris yang membahayakan Indonesia.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Lima macam program yang dilaksanakan Kabinet Pembangunan I disebut dengan ….

Pembahasan Soal:

Setelah Soeharto dilantik pada 27 Maret 1968 sesuai Tap MPRS No XLIV/MPRS/1968, sebagai pelaksanaan Ketetapan MPRS pada 1968, dibentuklah Kabinet Pembangunan I. Kabinet ini melaksanakan 5 macam program yang disebut Pancakrida. Pancakrida Kabinet Pembangunan I tersebut ternyata dapat dilaksanakan dengan baik. Stabilitas politik dapat diciptakan. Dengan modal stabilitas nasional itulah pembangunan di segala bidang dapat dilaksanakan.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini NKK/BKK Manipol USDEK Fusi Parpol Dwifungsi ABRI Malari Dari pernyataan di atas, yang termasuk dalam kebijakan politik pada masa Orde Baru yang menguatkan p...

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan pemerintahan di Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Orde Baru muncul menggantikan Orde Lama sejalan dengan dikeluarkannya Supersemar oleh Soekarno kepada Soeharto. Selama 32 tahun masa jabatan Presiden Soeharno memiliki beberapa kebijakan. Yang diantaranya adalah:

  1. Dwi fungsi ABRI, dimana adanya peran ganda bagi anggota ABRI terhadap pertahanan dan keamanan dan sebagai kekuatan sosial dan politik.
  2. NKK/BKK (Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinasi Pemerintahan) merupakan kebijakan presiden Soeharto demi memecah gerakan mahasiswa tahun 1977-1978.
  3. Fusi Parpol, yaitu penyederhanaan fusi dan Partai demi mempertahankan kekuasaan politik tertentu.

Dengan demikian, kebijakan yang membuat semakin kuatnya pemerintahan Orde Baru adalah NKK/BKK, Dwi fungsi ABRI, dan Fusi Parpol.

0

Roboguru

Instrumen politik yang dinilai berperan besar dan kontrol besar negara terhadap rakyat di masa Orde Baru adalah berikut, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Masa Orde Baru memiliki tujuan untuk menciptakan stabilitas politik. Hal ini terlihat dari berbagai instrumen politik yang berperan sebagai pengontrol negara terhadap rakyat. Beberapa instrumen politik tersebut adalah sebagai berikut.

  • Penataran P4. Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia. Namun sayangnya, muncul berbagai tafsiran terhadap Pancasila sehingga dianggap membahayakan bangsa dan negara. Hal ini membuat Presiden Soeharto berencana untuk menafsirkan Pancasila menjadi satu tafsiran. Masa pemerintahan Orde Baru menginginkan untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Atas cita-cita tersebut, maka pemerintah Orde Baru membuat suatu program, yaitu Penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Penataran P4 ditujukan untuk semua kalangan, baik pelajar, masyarakat umum, maupun pegawai negeri sipil.
  • Dwifungsi ABRI. Dwifungsi ABRI adalah sebuah konsep dimana ABRI memiliki peran ganda, yaitu peran pertahanan keamanan dan sosial. Anggota ABRI mendapatkan jatah kursi di berbagai jabatan politik, seperti gubernur, bupati, walikota, camat, bahkan hingga MPR. Dwifungsi ABRI dapat dilihat sebagai suatu bentuk intervensi militer dan legitimasi militer dalam rangka mengontrol masyarakat.
  • Pemilihan Umum (Pemilu). Pemilu juga tidak lepas dari instrumen politik yang mengontrol rakyat. Hal ini dikarenakan dalam Pemilu, pemerintah menetapkan partai apa saja yang dapat mengikuti Pemilu. Selain itu, partai-partai politik pun disederhanakan menjadi tiga kelompok besar yang dikenal dengan nama fusi partai.
  • Badan Intelijen Negara (BIN). Di masa Orde Baru, intelijen secara efektif melaksanakan intervensi politik dengan banyak beroperasi untuk mengatasi segala bentuk ancaman yang ditujukan kepada pemerintah. Hal ini terlihat dari operasi militer di Aceh, Timor Timur, Papua, Malari (Malapetaka 15 Januari 1974), dan lain-lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Upaya pembangunan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat yg menurut mereka harus di lakukan pemerintah adalah...

Pembahasan Soal:

Tujuan Negara Republik Indonesia terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Alinea 4 yaitu berkenaan dengan perlindungan, kesejahteraan, pencerdasan, dan perdamaian. Dalam setiap tujuannya memiliki parameter tertentu, dalam hal kesejahteraan tolak ukurnya adalah terpenuhinya sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tingga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bila ketiga unsur ini terpenuhi, maka bisa dikatakan masyarakat sejahtera.

Untuk mewujudkannya Pemerintah utamanya melakukan upaya untuk menyediakan pelayanan publik yang berkualitas dan terjangkau bagi semua lini kehidupan masyarakat Indonesia. Pelayanan tersebut yaitu berupa penyedian pelayanan pendidikan, kesehatan, bantuan langsung dan juga pembangunan sarana dan prasarana.

Dengan demikian, sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 menyatakan bahwa tujuan negara Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka dari itu upaya pemerintah utamanya adalah menyediakan pelayanan publik yang  berkualitas dan terjangkau seperti kesehatan dan pendidikan. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved