Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan setiap komponen sel darah.

Jelaskan setiap komponen sel darah.

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Darah tersusun dari kombinasi antara plasma darah dan sel-sel darah, yang semuanya beredar di seluruh tubuh. Sel-sel darah ini kemudian dibagi menjadi tiga jenis, yakni sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit . Semua komponennya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing yang mendukung kerja darah dalam tubuh. Sel darah merah Eritrosit (sel darah merah) berbentuk cakram bikonkaf dengan bagian tengah agak cekung. Berwarna merah karena mengandung hemoglobin yang mengandung unsur besi. Hemoglobin (Hb) merupakan pigmen respirasi yang berfungsi mengikat oksigen dan membentuk oksihemoglobin. Sel darah putih (leukosit) Dibandingkan dengan sel darah merah, sel darah putih memiliki jumlah yang jauh lebih sedikit. Meski begitu, sel darah putihmemiliki fungsi yang sangat penting yaitu melawan infeksi virus, bakteri, jamur, yang memicu perkembangan penyakit. Bentuk leukosittidak tetap dan tidak berwarna serta memiliki inti sel. Trombosit (keping darah) Sedikit berbeda dengan sel darah putih dan merah, trombosit sebenarnya bukan sel, melainkan sebuah fragmen sel berukuran kecil. Trombosit memiliki peran penting proses pembekuan darah (koagulasi) saat tubuh terluka.

Darah tersusun dari kombinasi antara plasma darah dan sel-sel darah, yang semuanya beredar di seluruh tubuh. Sel-sel darah ini kemudian dibagi menjadi tiga jenis, yakni sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Semua komponennya memiliki tugas dan fungsinya masing-masing yang mendukung kerja darah dalam tubuh.

  1. Sel darah merah
    Eritrosit (sel darah merah) berbentuk cakram bikonkaf dengan bagian tengah agak cekung. Berwarna merah karena mengandung hemoglobin yang mengandung unsur besi. Hemoglobin (Hb) merupakan pigmen respirasi yang berfungsi mengikat oksigen dan membentuk oksihemoglobin.
  2. Sel darah putih (leukosit)
    Dibandingkan dengan sel darah merah, sel darah putih memiliki jumlah yang jauh lebih sedikit. Meski begitu, sel darah putih memiliki fungsi yang sangat penting yaitu melawan infeksi virus, bakteri, jamur, yang memicu perkembangan penyakit. Bentuk leukosit tidak tetap dan tidak berwarna serta memiliki inti sel.
  3. Trombosit (keping darah)
    Sedikit berbeda dengan sel darah putih dan merah, trombosit sebenarnya bukan sel, melainkan sebuah fragmen sel berukuran kecil. Trombosit memiliki peran penting proses pembekuan darah (koagulasi) saat tubuh terluka.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Ririnn

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jaringan darah tersusun atas sel darah. Pasangan antara nama, struktur, dan fungsi jenis-jenis sel darah dalam tabel berikut yang benar adalah Jaringan Darah Struktur Fungsi Memiliki inti sel dan Memu...

2

2.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia