Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskanlah tiga jenis sel darah beserta struktur dan fungsinya!

Tuliskanlah tiga jenis sel darah beserta struktur dan fungsinya!space 

Iklan

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Darah merupakan jaringan ikat cair yang berfungsi untuk transportasi zat. Darah tersusun atas plasma darah dan sel darah. Sel darah terdiri sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Struktur dan fungsi sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah yaitu sebagai berikut. Sel darah merah (eritrosit). Struktur sel darah merah yaitu berbentuk cakram melingkar, tidak memiliki inti sel, memiliki pigmen merah bernama hemoglobin. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Sel darah putih (leukosit). Struktur sel darah putih yaitu memiliki inti sel, tidak memiliki hemoglobin, dan memiliki kemampuan gerakan amoeboid. Leukosit berfungsi sebagai pertahanan tubuh dan membentuk antibodi. Keping darah (trombosit). Struktur keping darah yaitu tidak berwarna, tidak berinti, dan memiliki bentuk sel tidak teratur. Fungsi keping darah adalah membantu proses pembekuan darah.

Darah merupakan jaringan ikat cair yang berfungsi untuk transportasi zat. Darah tersusun atas plasma darah dan sel darah. Sel darah terdiri sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Struktur dan fungsi sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah yaitu sebagai berikut.

  1. Sel darah merah (eritrosit). Struktur sel darah merah yaitu berbentuk cakram melingkar, tidak memiliki inti sel, memiliki pigmen merah bernama hemoglobin. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.
  2. Sel darah putih (leukosit). Struktur sel darah putih yaitu memiliki inti sel, tidak memiliki hemoglobin, dan memiliki kemampuan gerakan amoeboid. Leukosit berfungsi sebagai pertahanan tubuh dan membentuk antibodi.
  3. Keping darah (trombosit). Struktur keping darah yaitu tidak berwarna, tidak berinti, dan memiliki bentuk sel tidak teratur. Fungsi keping darah adalah membantu proses pembekuan darah.space space   

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Sartika Simanjuntak

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan antara sel darah merah, sel darah putih, dan keping-keping darah dalam hal fungsinya!

7

3.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia