Roboguru

Jelaskan pola penyajian teks biografi berdasarkan alur, sudut pandang penceritaan, gaya penceritaan, dan fokus penceritaan!

Pertanyaan

Jelaskan pola penyajian teks biografi berdasarkan alur, sudut pandang penceritaan, gaya penceritaan, dan fokus penceritaan!undefined

Pembahasan:

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Dalam biografi disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang ditulis. Cara penyampaian tentang kisah kehidupan seseorang disebut pola penyajian. Pola penyajian biografi dapat dilihat dari alur, sudut pandang, gaya penceritaan, dan fokus penceritaan.

  1. Alur adalah rangkaian peristiwa yang diciptakan guna mendukung jalannya cerita. Alur yang digunakan adalah alur maju (dari peristiwa masa lalu ke masa kini)  atau sebaliknya. Dalam biografi, alur cerita biasanya berjalan maju.
  2. Sudut pandang merupakan cara pandang pencerita dalam menyajikan sebuah peristiwa. Biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga atau serba tahu. Jika menggunakan sudut pandang pertama berarti teksnya disebut autobiografi.
  3. Gaya penceritaan adalah cara penulis dalam menceritakan riwayat hidup tokoh yang ditulisnya. Biografi biasanya ditulis dengan gaya penulisan deskriptif naratif atau gabungan antara deskriptif naratif dan dialog.
  4. Fokus penceritaan adalah hal-hal yang ditonjolkan dari tokoh oleh penulis, seperti identitas pribadi (asal-usul keluarga), pendidikan, perjalanan karier, dan pretasi yang diraih. Ada biografi yang berimbang mengisahkan asal-usul keluarga dan pendidikan dengan karier, ada pula yang fokus pada pekerjaan dan keberhasilan kariernya.

Dengan demikian, pola penyajian berdasarkan alur berupa rangkaian peristiwa, sudut pandang berupa cara pandang pencerita, gaya penceritaan sebagai cara penulis dalam becerita, dan fokus penceritaan berupa hal-hal yang ditonjolkan tokoh oleh penulis biografi.undefined

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Bacalah teks biografi berikut!      Ali Audah lahir pada tanggal 14 Juli 1924 di Bondowoso, Jawa Timur. Sejak kecil, ia terbiasa hidup menderita. Ayahnya meninggal ketika ia berumur tujuh tahun. Ali...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved