Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perjuangan Dr. Wahidin Sudirohusodo pada masa pergerakan nasional!

Jelaskan perjuangan Dr. Wahidin Sudirohusodo pada masa pergerakan nasional! space

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perjuangan dr. Wahidin Sudirohusodo pada masa pergerakan nasional adalah mengemukakan gagasan mengenai pentingnya pendidikan bagi masyarakat pribumi yang kurang mampu. Gagasan lainnya adalah mengenai pentingnya mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan danderajat bangsa. Gagasan itulah yang mendasari pembentukanBudi Utomo sebagai organisasi pertama pada masa pergerakan nasional.

perjuangan dr. Wahidin Sudirohusodo pada masa pergerakan nasional adalah mengemukakan gagasan mengenai pentingnya pendidikan bagi masyarakat pribumi yang kurang mampu. Gagasan lainnya adalah mengenai pentingnya mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan derajat bangsa. Gagasan itulah yang mendasari pembentukan Budi Utomo sebagai organisasi pertama pada masa pergerakan nasional. space

Iklan

Pembahasan

Dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan dokter lulusan School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA). Sebagai orang yang senang dekat dengan rakyat pribumi,ia memahami berbagai macam penderitaan yang dirasakan mereka, terutama di bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda sangatlah terbatas sehingga tidak seluruh rakyat pribumi dapat mengenyam pendidikan. Atas dasar ini, dr. Wahidin Sudirohusodo mengemukakan gagasan untuk memberikan beasiswa kepada pemuda-pemuda yang cerdas tetapitidak dapat melanjutkan sekolahnya. Gagasan yang disebut sebagai “dana pelajar” ini ia tawarkan kepada tokoh-tokoh masyarakat di Pulau Jawa namun kurang mendapatkan tanggapan. Akhirnya, gagasan itu dikemukakan kepada pelajar-pelajar STOVIA pada tahun 1907. Dr. Wahidin Sudirohusodo melontarkan gagasan bahwa perlu adanya sebuah organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan serta derajat bangsa. Gagasan ini disambut baik oleh para mahasiswa STOVIA sehingga dibentuklah organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Jadi, perjuangan dr. Wahidin Sudirohusodo pada masa pergerakan nasional adalah mengemukakan gagasan mengenai pentingnya pendidikan bagi masyarakat pribumi yang kurang mampu. Gagasan lainnya adalah mengenai pentingnya mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan danderajat bangsa. Gagasan itulah yang mendasari pembentukanBudi Utomo sebagai organisasi pertama pada masa pergerakan nasional.

Dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan dokter lulusan School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA). Sebagai orang yang senang dekat dengan rakyat pribumi, ia memahami berbagai macam penderitaan yang dirasakan mereka, terutama di bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda sangatlah terbatas sehingga tidak seluruh rakyat pribumi dapat mengenyam pendidikan. Atas dasar ini, dr. Wahidin Sudirohusodo mengemukakan gagasan untuk memberikan beasiswa kepada pemuda-pemuda yang cerdas tetapi tidak dapat melanjutkan sekolahnya. Gagasan yang disebut sebagai “dana pelajar” ini ia tawarkan kepada tokoh-tokoh masyarakat di Pulau Jawa namun kurang mendapatkan tanggapan.

Akhirnya, gagasan itu dikemukakan kepada pelajar-pelajar STOVIA pada tahun 1907. Dr. Wahidin Sudirohusodo melontarkan gagasan bahwa perlu adanya sebuah organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan serta derajat bangsa. Gagasan ini disambut baik oleh para mahasiswa STOVIA sehingga dibentuklah organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Jadi, perjuangan dr. Wahidin Sudirohusodo pada masa pergerakan nasional adalah mengemukakan gagasan mengenai pentingnya pendidikan bagi masyarakat pribumi yang kurang mampu. Gagasan lainnya adalah mengenai pentingnya mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan derajat bangsa. Gagasan itulah yang mendasari pembentukan Budi Utomo sebagai organisasi pertama pada masa pergerakan nasional. space

Latihan Bab

Munculnya Golongan Elit di Indonesia

Tumbuhnya Kesadaran Awal Kebangsaan

Organisasi-organisasi Kebangsaan

Sumpah Pemuda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam pergerakan nasional?

249

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia