Roboguru

Sebutkan para pahlawan pendiri Budi Utomo!

Pertanyaan

Sebutkan para pahlawan pendiri Budi Utomo!

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang didirikan oleh bangsa lndonesia. Lahirnya Budi Utomo diawali oleh pemikiran dan kepedulian dr. Wahidin Sudirohusodo terhadap pendidikan bagi kalangan pribumi. Pemikiran tersebut menginspirasi dr. Sutomo dan pelajar-pelajar STOVIA lainnya untuk mendirikan Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Dengan demikian, pahlawan yang berperan dalam berdirinya Budi Utomo adalah dr. Sutomo dan dr. Wahidin Sudirohusodo.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan 5 nama tokoh pergerakan nasional tahun 1908 dan sebagai perannya!

Pembahasan Soal:

Pergerakan nasional tahun 1908 merupakan corak baru dalam perjuangan melawan penjajahan. Pada periode tersebut masyarakat Indonesia, yang dipelopori oleh golongan intelektual membentuk sejumlah organisasi untuk memperbaiki kehidupan masyarakat pribumi. Beberapa tokoh pergerakan nasional tahun 1908, yakni:

  1. Wahidin Sudirhohusodo yang berperan sebagai pendiri organisasi Budi Utomo,
  2. dr. Sutomo berperan sebagai pendiri sekaligus ketua Budi Utomo,
  3. Gunawan Mangunkusumo yang merupakan pendiri Budi Utomo,
  4. Ki Hadjar Dewantara berperan aktif dalam Budi Utomo dan selanjutnya mendirikan Indische Partij, dan
  5. Cipto Mangunkusumo yang berperan aktif sekaligus pendiri organisasi Indische Partij.

Dengan demikian, 5 tokoh pergerakan nasional tahun 1908 adalah Wahidin Sudirohusodo, dr. Sutomo, Gunawan Mangunkusumo, Ki Hadjar Dewantara, dan Cipto Mangunkusumo.

0

Roboguru

Perhatikan gambar dibawah ini! Gambar di atas merupakan tokoh kebangkitan Nasional, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Gambar diatas merupakan potret dari dr. Sutomo, salah satu pendiri organisasi Budi Utomo pada masa Pergerakan Nasional. Budi Utomo sendiri bergerak pada bidang pendidikan dimana salah satu programnya melakukan penggalangan dana pendidikan, juga bidang kebudayaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut Tokoh Budi Utomo tersebut merupakan sosok penting yang pernah berjuang di masa pergerakan nasional. Salah satu peran tokoh tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Gambar di atas merupakan perwujudan dari sosok Dr. Wahidin Sudirohusodo. Ia lahir di Yogyakarta 7 Januari 1852. Sejak kecil, Wahidin bersekolah di Yogyakarta dan melanjutkan studi Sekolah Dokter Jawa atau STOVIA Jakarta. Sewaktu menjadi pelajar STOVIA, ia bersama kawannya, yaitu Sutomo, memprakarsai berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Budi Utomo menjadi organisasi modern pertama yang lahir di Indonesia. Budi Utomo dianggap sebagai organisasi penggerak pertama yang berorientasi nasional. Lahirnya Budi Utomo kemudian menginspirasi lahirnya organisasi-organisasi modern lainnya seperti Sarekat Islam dan Indische Partij. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam pergerakan nasional?

Pembahasan Soal:

Pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Pergerakan yang dilakukan untuk menentang kaum penjajah sebelum tahun ini, masih bersifat kedaerahan. Kemudian di 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. Istilah pergerakan nasional juga digunakan untuk melukiskan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam fase mempertahankan kemerdekaan. Pergerakan masa ini untuk membendung hasrat kaum koloni yang ingin kembali merebut kekuasaan Indonesia. Oragnisasi yang diawali dr. Wahidin Soedirohoesodo yang berkeliling Jawa untuk melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan. Selain itu, terdapat dana pendidikan untuk yang kurang mampu. Dana tersebut disebut dengan Studie Fond. Pada 1907, Wahidin bertemu denghan Soetomo, mahasiswa STOVIA dan membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan organisasi pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia dan beranggotakan mahasiswa STOVIA.

Dengan demikian berdirinya organisasi merupakan awal kebangkitan nasional atau pergerakan nasional merupakan ide dari dr. Wahidin Soedirohoesodo bersama mahasiswa STOVIA lainnya.

0

Roboguru

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme,serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ditandai dengan lahirnya Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Tokoh tersebut ialah Dr. Soetomo atau Soebroto, yang lahir di Nganjuk, Jawa Timur pada 30 Juli 1888. Termasuk menjadi pemuda yang beruntung, Soetomo dapat bersekolah di STOVIA atau sekolah dokter pada 10 Januari 1903, dari sekolah inilah ide-ide perjuangan muncul dari Soetomo. Bersama rekan-rekannya di STOVIA dan dengan gagasan yang diterimanya dari Dr. Wahidin Soedirohusodo maka lahirlah Budi Utomo. Organisasi ini merupakan organisasi modern pertama ynag menajdi pelopor bagi gerakan kebangsaan Indonesia.

Dengan demikian tokoh tersebut adalah Dr. Soetomo. yang mempunyai peran penting terhadap kebangkitan nasional yaitu dengan mendirikan organsisasi pelopor gerakan kebangsaan yaitu Budi Utomo.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved