Roboguru

Apa peran Dr Wahidin Sudirohusodo di dalam gerakan Budi Utomo?

Pertanyaan

Apa peran Dr Wahidin Sudirohusodo di dalam gerakan Budi Utomo?

Pembahasan Soal:

Wahidin Sudirohusodo menyadari pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia. Ia mempunyai keinginan untuk menyebarluaskan pendidikan bagi bangsa Indonesia. Akan tetapi, ia tidak memiliki banyak dana untuk menyelenggarakan pendidikan bagi seluruh lapisan rakyat. Wahidin Sudirohusodo kemudian menggalang dana pelajar (studiefonds) guna membantu penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki kecakapan tetapi kurang mampu secara finansial.

Pada tahun 1907, Wahidin Sudirohusodo berkunjung ke STOVIA. Dalam kunjungannya tersebut Wahidin Sudirohusodo menemui para pelajar STOVIA danmenyampaikan pemikirannya mengenai nasib rakyat yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah kolonial BeIanda, terutama dalam bidang pendidikan. Ia kemudian menganjurkan agar para pelajar mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meningkatkan martabat bangsa. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo mendapat sambutan positif dari para pelajar STOVIA. Mereka sependapat dan menyadari buruknya nasib rakyat Indonesia dibawah penjajahan Belanda. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo kemudian menginspirasi Sutomo, salah seorang mahasiswa STOVIA. Selanjutnya, pada 20 Mei 1908 Sutomo bersama teman-temannya sesama mahasiswa STOVIA membentuk organisasi Budi Utomo.

Dengan demikian Wahidin Sudirohusodo adalah tokoh yang menginspirasi berdirinya Budi Utomo.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulislah bagaimana kelahiran Budi Utomo sebagai perintis Kebangkitan Nasional !

Pembahasan Soal:

Kebangkitan nasional ditandai dengan lahirnya organisasi sosial pertama di Indonesia pada 20 Mei 1908, Budi Utomo. Lahirnya organisasi tersebut, dinilai sebagai titik awal dimulainya kebangkitan nasional untuk melanjutkan perjuangan bangsa dengan strategi baru yang berbeda dari sebelumnya. Lahirnya Budi Utomo menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan dalam mengusir penjajah, menjadi perjuangan dengan kekuatan pemikiran dan bersifat nasional.
 

Dengan demikian, Budi Utomo resmi berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 dan memberi arah perubahan politik menuju penyemaian semangat nasional yang pertama.

Roboguru

Pada tanggal 3-5 Oktober tahun 1908, Budi Utomo mengadakan kongres pertama di Yogyakarta. Salah satu keputusan dari kongres tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Kongres Budi Utomo yang pertama adalah pada tanggal l 3-5 Oktober 1908 di Kota Yogyakarta dan mempunyai hasil diantara lain :

•    Menyatakan bahwa Organisasi Budi Utomo tidak berpolitik dan mencampuri hal itu
•    Semua Kegiatan budi utomo difokuskan pada bidang sosial, budaya dan pendidikan
•    Pergerakan Budi utomo terbatas hanya pada pulau jawa dan madura
•    Memilih ketua Budi Utomo pusat yang adalah mantan Bupati karanganya yaitu Tirtokusumo


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D

Roboguru

Tokoh pahlawan nasional beserta bentuk perlawanannya

Pembahasan Soal:

1. Dr. Soetomo
Dr. Soetomo atau Soebroto adalah tokoh pendiri Budi Utomo, organisasi pergerakan yang pertama di Indonesia. Soebroto mengganti namanya menjadi Soetomo saat masuk ke sekolah menengah. Pada tahun 1903, Soetomo menempuh pendidikan kedokteran di School tot Opleiding van Inlandsche Artsen, Batavia.
2. Dewi Sartika
Dewi Sartika amat gigih dalam memperjuangkan nasib dan harkat kaum perempuan. Pada 16 Januari 1904, dia mendirikan sekolah istri atau sekolah untuk perempuan di bandung. Pada tahun 1910, sekolah istri berganti nama menjadi Sakola Kautamaan Istri.  
3. Ki Hajar Dewantara
Sikap kepahlawanan: ia dikenal sebagai penulis yg sangat andal dan antikolonial. sebagian besar tulisannya mencerminkan semangat antipejajah. ia merupakan penditi perguruan taman siswa.

Dengan demikian tokoh pahlawan nasional beserta bentuk perlawanannya yaitu: Dr. Soetomo yang mendirikan Budi Utomo, Dewi Sartika yang mendirikan sekolah perempuan yaitu Sakola Kautamaan Istri dan Ki Hajar Dewantara yang mendirikan Taman Siswa.

 

Roboguru

Organisasi Tri Koro Dharmo memiliki keterkaitan dengan Budi Utomo. Keterkaitan kedua organisasi tersebut ditunjukkan oleh pernyataan….

Pembahasan Soal:

Tri Koro Dharmo adalah organisasi pemuda yang dicetus oleh Satiman Wirjosandjojo. Tri Koro Dharmo didirikan di gedung STOVIA pada tanggal 7 Maret 1915 dan kemudian berganti nama menjadi Jong Java untuk merangkul pemuda dari Sunda, Madura dan Bali.. Tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk mempersatukan kaum pelajar dan menyebarkan pengetahuan.

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa STOVIA. Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Tri Koro Dharmo dibentuk sebagai tanggapan atas organisasi Budi Utomo yang dianggap konservatif (Terbendung tradisi lama yang feodal), eksklusif (Budi Utomo Hanya untuk kalangan elit dan suku bangsa Jawa), dan monoton (Tidak sesuai dengan semangat muda). 

Dengan demikian, keterkaitan Budi Utomo dengan Tri Koro Dharmo yaitu sebagai bentuk tanggapan ketidak puasan pemuda terhadap Budi Utomo.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Tuliskan arti kata gerakan BUDI UTOMO!

Pembahasan Soal:

Budi Utomo adalah sebuah organisasi dengan tujuan ke arah pendidikan dan kebudayaan yang dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908. Budi Utomo berasal dari dua kata, yaitu Budi berarti kepribadian. Sedangkan Utomo berarti luhur. Sehingga Budi Utomo dapat diartikan sebagai kepribadian yang luhur.

Dengan demikian, Budi Utomo berarti kepribadian yang luhur.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved