Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa peran Dr Wahidin Sudirohusodo di dalam gerakan Budi Utomo?

Apa peran Dr Wahidin Sudirohusodo di dalam gerakan Budi Utomo?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Wahidin Sudirohusodo adalah tokoh yang menginspirasi berdirinya Budi Utomo.

Wahidin Sudirohusodo adalah tokoh yang menginspirasi berdirinya Budi Utomo.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Wahidin Sudirohusodo menyadari pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia. Ia mempunyai keinginan untuk menyebarluaskan pendidikan bagi bangsa Indonesia. Akan tetapi, ia tidak memiliki banyak dana untuk menyelenggarakan pendidikan bagi seluruh lapisan rakyat. Wahidin Sudirohusodo kemudian menggalang dana pelajar ( studiefonds ) guna membantu penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki kecakapan tetapi kurang mampu secara finansial. Pada tahun 1907, Wahidin Sudirohusodo berkunjung ke STOVIA. Dalam kunjungannya tersebut Wahidin Sudirohusodomenemui para pelajar STOVIA danmenyampaikan pemikirannya mengenai nasib rakyat yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah kolonial BeIanda, terutama dalam bidang pendidikan. Ia kemudian menganjurkan agar para pelajar mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meningkatkan martabat bangsa. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo mendapat sambutan positif dari para pelajar STOVIA. Mereka sependapat dan menyadari buruknya nasib rakyat Indonesia dibawah penjajahan Belanda. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo kemudianmenginspirasi Sutomo, salah seorang mahasiswa STOVIA. Selanjutnya, pada 20 Mei 1908 Sutomo bersama teman-temannya sesama mahasiswa STOVIA membentuk organisasi Budi Utomo. Dengan demikian Wahidin Sudirohusodo adalah tokoh yang menginspirasi berdirinya Budi Utomo.

Wahidin Sudirohusodo menyadari pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia. Ia mempunyai keinginan untuk menyebarluaskan pendidikan bagi bangsa Indonesia. Akan tetapi, ia tidak memiliki banyak dana untuk menyelenggarakan pendidikan bagi seluruh lapisan rakyat. Wahidin Sudirohusodo kemudian menggalang dana pelajar (studiefonds) guna membantu penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak yang memiliki kecakapan tetapi kurang mampu secara finansial.

Pada tahun 1907, Wahidin Sudirohusodo berkunjung ke STOVIA. Dalam kunjungannya tersebut Wahidin Sudirohusodo menemui para pelajar STOVIA danmenyampaikan pemikirannya mengenai nasib rakyat yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah kolonial BeIanda, terutama dalam bidang pendidikan. Ia kemudian menganjurkan agar para pelajar mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meningkatkan martabat bangsa. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo mendapat sambutan positif dari para pelajar STOVIA. Mereka sependapat dan menyadari buruknya nasib rakyat Indonesia dibawah penjajahan Belanda. Pemikiran Wahidin Sudirohusodo kemudian menginspirasi Sutomo, salah seorang mahasiswa STOVIA. Selanjutnya, pada 20 Mei 1908 Sutomo bersama teman-temannya sesama mahasiswa STOVIA membentuk organisasi Budi Utomo.

Dengan demikian Wahidin Sudirohusodo adalah tokoh yang menginspirasi berdirinya Budi Utomo.

Latihan Bab

Munculnya Golongan Elit di Indonesia

Tumbuhnya Kesadaran Awal Kebangsaan

Organisasi-organisasi Kebangsaan

Sumpah Pemuda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Thrianggoro kusumo wijoyo

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut Tokoh Budi Utomo tersebut merupakan sosokpenting yang pernah berjuang di masa pergerakannasional. Salah satu peran tokoh tersebut adalah ...

430

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia