Roboguru

Jelaskan perbedaan metode kualitatif dan metode kuantitatif, serta beri contohnya!

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan metode kualitatif dan metode kuantitatif, serta beri contohnya! 

Pembahasan Soal:

Perbedaan metode kualitatif dengan kuantitatif :

  • Metode kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Teknik yang digunakan adalah dengan wawancara. Contohnya, seorang peneliti ingin mengungkap perasaan seseorang atas masalah kemiskinan yang dihadapi.
  • Metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Data diperoleh melalui teknik survei dan dianalisis secara statistik. Contohnya, peneliti melakukan pendataan tingkat pendidikan suatu masyarakat. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Untuk mendapatkan data yang baik, mendalam, dan komprehensif, dalam sebuah penelitian tidak jarang menggunakan kuesioner dan wawancara secara bersamaan, hal ini disebut dengan . . . .

Pembahasan Soal:

Definisi Mixed Method Research (MMR) adalah metode penelitian yang diaplikasikan bila peneliti memiliki pertanyaan yang perlu diuji dari segi outcomes dan prosesnya, serta menyangkut kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Karena berfokus pada outcomes dan proses, maka desain MMR biasa digunakan dalam penelitian evaluasi program. Namun sekarang, MMR sudah sering digunakan untuk ilmu-ilmu sosial, seperti: konseling, psikologi sosial, manajemen dan pengorganisasian perilaku.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Penelitian sosial berdasarkan jenis datanya adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan jenis datanya metode penelitian sosial dibedakan menjadi :

  1. Penelitian Kuantitatif. Jenis metode penelitian ini menerjemahkan data menjadi angka untuk menganalisis hasil temuannya. Penelitian kuantitatif dapat bersifat deskriptif, korelasi, dan asosiatif berdasarkan hubungan antarvariabelnya. Penelitian kuantitatif deskriptif biasanya hanya mengukur tingkat suatu variabel pada populasi atau sampel, sementara korelasi dan asosiatif melihat hubungan antara dua variabel atau lebih. Jika kuantitatif korelasi hanya menunjukkan hubungan, asosiatif berusaha mencari hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel terkait.
  2. Penelitian Kualitatif. Berbeda dengan penelitian kuantitatif, jenis metode penelitian ini tidak bermain dengan angka. Cakupan penelitian kualitatif juga lebih kecil dibandingkan kuantitatif, tapi dilakukan secara mendalam. Penelitian kualitatif dapat dilakukan menggunakan metode naratif, fenomenologi, grounded, etnografi, dan studi kasus.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

Roboguru

Peneliti ingin mengetahui kehidupan masyarakat miskin di suatu kota. Ia melakukan observasi dan wawancara dengan beberapa warga miskin yang menjadi subyek penelitin. Ditinjau dari tempat pengambilan d...

Pembahasan Soal:

Bila dilihat dari latar tempatnya, penelitian sosiologi bisa dibedakan menjadi dua: lapangan dan laboratorium.

Berdasarkan pernyataan pada soal dijelaskan bahwa peneliti mendatangi responden untuk pengambilan data dengan menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian sosial yang dilakukan berdasarkan tempat responden berada adalah penelitian lapangan.

Sedangkan, penelitian laboratorium adalah penelitian yang dilakukan dengan responden di suatu tempat tertentu yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kepentingan penelitian.

Roboguru

Berikut ini yang menunjukkan pengertian dari penelitian kuantitatif adalah ....

Pembahasan Soal:

jenis penelitian yang menggunakan data berupa angka atau statistik dalam menjawab hubungan antarkondisi yang diteliti merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan kata lain, melalui penelitian kuantitatif, kita diarahkan untuk mengukur, menghitung, dan menganalisis hasil perhitungan dari temuan penelitian. Jadi jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Data angka seperti jumlah, persentase, dalam penelitian merupakan hal yang penting dalam sebuah penelitian khususnya dalam kondisi tertentu seperti jumlah pendapatan yang memengaruhi tingkat kemiskina...

Pembahasan Soal:

Suatu jenis penelitian yang menggunakan data berupa angka atau statistik dalam menjawab hubungan antarkondisi yang diteliti merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data dapat berfungsi sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan dalam pemecahan masalah. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved