Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan macam-macam alat pengumpul data penelitian yang kamu ketahui!

Sebutkan macam-macam alat pengumpul data penelitian yang kamu ketahui!space space 

Iklan

A. Mutiara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Soal menanyakan mengenaimacam-macam alat pengumpul data penelitian. Dalam melaksanakan penelitian sosial, dibutuhkan adanya instrumen penelitian. Instrumen penelitianmerupakan alat pengukuran yang digunakan dalam mengumpulkan data-data penelitian. Berikut ini merupakan alat-alat yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitia, antara lain : Kuisioner (angket) merupakan alat pengumpul data dalam bentuk pertanyaan tertulis untuk memperoleh informasi dari individu atau kelompok. Tes merupakan serangkaian pertanyaan, latihan, lembar kerja sebagai alat ukur ketrampilan, intelegensi dan kemampuan individu atau kelompok. Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab untuk mendapatkan informasi dari individu atau kelompok terkait topik tertentu. Observasi adalah kegiatan pengamatan secara langsung di lapangan. Skala Bertingkat adalah ukuran objektif yang dibuat secara bertingkat untuk mendapatkan gambaran kuantitatif aspek tertentu. Dokumentasi dapat berupa bentuk data yang dapat diperoleh secara langsung, atau dari berbagai sumber seperti buku, majalaha, catatan harian, video dan lainnya. Forum Group Discussion (FGD) merupakan kegiatan diskusi kelompok terarah untuk mendapatkan pemecahan dari suatu permasalahan. Anecdotal Record yaitu observasi yang dilakukan peneliti dengan hanya membawa kertas kosong untuk mencatat perilaku yang khas, unik, dan penting yang terlihat pada objek penelitian. Check list adalah suatu daftar yang berisi nama-nama aspek yang hendak diselidiki secara sistematis sehingga dapat dipastikan data yang diperoleh lebih tepat sasaran.

Soal menanyakan mengenai macam-macam alat pengumpul data penelitian.

Dalam melaksanakan penelitian sosial, dibutuhkan adanya instrumen penelitian. Instrumen penelitian merupakan alat pengukuran yang digunakan dalam mengumpulkan data-data penelitian. Berikut ini merupakan alat-alat yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitia, antara lain :

  1. Kuisioner (angket) merupakan alat pengumpul data dalam bentuk pertanyaan tertulis untuk memperoleh informasi dari individu atau kelompok.
  2. Tes merupakan serangkaian pertanyaan, latihan, lembar kerja sebagai alat ukur ketrampilan, intelegensi dan kemampuan individu atau kelompok.
  3. Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab untuk mendapatkan informasi dari individu atau kelompok terkait topik tertentu.
  4. Observasi adalah kegiatan pengamatan secara langsung di lapangan.
  5. Skala Bertingkat adalah ukuran objektif yang dibuat secara bertingkat untuk mendapatkan gambaran kuantitatif aspek tertentu.
  6. Dokumentasi dapat berupa bentuk data yang dapat diperoleh secara langsung, atau dari berbagai sumber seperti buku, majalaha, catatan harian, video dan lainnya.
  7. Forum Group Discussion (FGD) merupakan kegiatan diskusi kelompok terarah untuk mendapatkan pemecahan dari suatu permasalahan.
  8. Anecdotal Record yaitu observasi yang dilakukan peneliti dengan hanya membawa kertas kosong untuk mencatat perilaku yang khas, unik, dan penting yang terlihat pada objek penelitian.
  9. Check list adalah suatu daftar yang berisi nama-nama aspek yang hendak diselidiki secara sistematis sehingga dapat dipastikan data yang diperoleh lebih tepat sasaran.space space 

Latihan Bab

Mengenal Penelitian Sosial

Masalah yang Diangkat dalam Penelitian Sosial

Syarat dan Kegunaan Penelitian Sosial

Sikap yang Harus Dihindari Seorang Peneliti

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peneliti menguji metode belajar yang berbeda dengan cara memanipulasi atau mengontrol situasi alami menjadi situasi buatan. Kegiatan penelitian sosial tersebut berdasarkan metodenya termasuk jenis pen...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia