Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang peneliti menerapkan library research. Tindakan pengumpulan data yang tepat untuk jenis penelitian tersebut adalah ....

Seorang peneliti menerapkan library research. Tindakan pengumpulan data yang tepat untuk jenis penelitian tersebut adalah ....undefined 

  1. mewawancarai objek penelitian secara langsungundefined 

  2. mengumpulkan dokumen, arsip, dan data penelitian yang relevanundefined 

  3. menyiapkan bahan dan alat praktikum sesuai prosedur percobaanundefined 

  4. menyebarkan angket di lokasi strategisundefined 

  5. melakukan observasi kepada informanundefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Studi kepustakaan ( library research ) adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Ia merupakan suatu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Studi kepustakaan seorang peneliti dalam pengumpulan datanya dapat bersumber dari buku-buku, litertur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan, jurnal, majalah dan arsip dokumen-dokumen lainnyayang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan dan relevan dapat di pertanggung jawababkan.Dalam melakukan studi kepustakaan peneliti memeiliki beberapa jenis-jenis studi kepustakaan sebagai berikut: 1. Kajian pemikiran tokoh Penelitian pemikiran figur adalah penelitian yang berupaya untuk mencari atau mengetahui pemikiran figur tertentu melewati karya-karya yang ditinggalkannya. Karya itu dapat berbentuk buku, surat, pesan atau dokumen-dokumen beda yang menjadi cermin atas pemikirannya. 2.Analisis buku teks Penelitian berbasis analisis kitab teks terhadap buku-buku latihan disekolah biasanya mempunyai sifat evaluasi untuk mengukur relevansi materi latihan dengan pertumbuhan mutakhir. 3.Kajian sejarah Hampir semua riset sejarah selalu memakai penelitian kepustakaan dengan teknik pendataan data dokumenter. Akan tetapi, data data dalam riset sejarah tidak terbatas pada kitab atau karya, melainkan pun mencakup benda-benda peninggalan sejarah. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B, yaitu mengumpulkan dokumen, arsip, dan data penelitian yang relevan.

Studi kepustakaan (library research) adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitiannya. Ia merupakan suatu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Studi kepustakaan seorang peneliti dalam pengumpulan datanya dapat bersumber dari  buku-buku, litertur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan, jurnal, majalah dan arsip dokumen-dokumen lainnya yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan dan relevan dapat di pertanggung jawababkan.  Dalam melakukan studi kepustakaan peneliti memeiliki beberapa jenis-jenis studi kepustakaan sebagai berikut : 

1. Kajian pemikiran tokoh
     Penelitian pemikiran figur adalah penelitian yang berupaya untuk mencari atau mengetahui pemikiran figur tertentu melewati karya-karya yang ditinggalkannya. Karya itu dapat berbentuk buku, surat, pesan atau dokumen-dokumen beda yang menjadi cermin atas pemikirannya.

2. Analisis buku teks
      Penelitian berbasis analisis kitab teks terhadap buku-buku latihan disekolah biasanya mempunyai sifat evaluasi untuk mengukur relevansi materi latihan dengan pertumbuhan mutakhir.

3. Kajian sejarah
       Hampir semua riset sejarah selalu memakai penelitian kepustakaan dengan teknik pendataan data dokumenter. Akan tetapi, data data dalam riset sejarah tidak terbatas pada kitab atau karya, melainkan pun mencakup benda-benda peninggalan sejarah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B, yaitu mengumpulkan dokumen, arsip, dan data penelitian yang relevan.space space space space space space undefined

Latihan Bab

Mengenal Penelitian Sosial

Masalah yang Diangkat dalam Penelitian Sosial

Syarat dan Kegunaan Penelitian Sosial

Sikap yang Harus Dihindari Seorang Peneliti

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan macam-macam alat pengumpul data penelitian yang kamu ketahui!

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia