Roboguru

Jelaskan perbedaan mekanisme evolusi Charles Darwin dan JB Lamarck dalam memaparkan proses evolusi yang terjadi pada kupu-kupu Biston !

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan mekanisme evolusi Charles Darwin dan JB Lamarck dalam memaparkan proses evolusi yang terjadi pada kupu-kupu Biston !space 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Ngengat Biston betularia adalah ngengat yang terdapat di Inggris. Ngengat tersebut mengalami perubahan jumlah populasi sebelum dan sesudah revolosi industri. Sebelum revolusi industri, jumlah populasi ngengat berwarna cerah lebih banyak daripada yang berwarna gelap Sebaliknya, setelah revolusi industri jumlah populasi ngengat berwarna cerah menjadi lebih sedikit dibandingkan ngengat berwarna gelap. Perubahan jumlah populasi ngengat Biston dapat dijelaskan menggunakan teori evolusi Darwin dan Lamarck.

  1. Menurut teori evolusi Darwin, perubahan jumlah populasi ngengat terjadi karena adanya seleksi alam. Sebelum revolusi industri, lingkungan, pohon dan bunga-bunga berwarna cerah sehingga ngengat berwarna cerah tidak terlihat oleh predator. Sementara itu, ngengat gelap mudah terlihat oleh predator dan jumlahnya semakin berkurang karena seleksi alam. Setelah revolusi industri, lingkungan, pohon, dan bunga tertutup oleh jelaga sehingga berwarna hitam (gelap), Hal itu menyebabkan ngengat berwarna cerah menjadi lebih mudah terlihat oleh predator sehingga jumlahnya menurun atau terkena seleksi alam.
  2. Menurut teori Lamarck, perubahan populasi ngengat terjadi karena adanya adaptasi. Sebelum revolusi industri, ngengat berwarna cerah lebih adaptif terhadap lingkungan sehingga tidak terlihat oleh predator dan mampu berkembang biak. Sebaliknya, setelah revolusi industri, ngengat berwarna gelap lebih adaptif terhadap lingkungan sehingga mampu berkembang biak dan jumlahnya meningkat.

Berdasarkan peristiwa tersebut dapat disimpulkan bahwa meskipun teori Lamarck dan Darwin berbeda, tetapi teori-teori tersebut saling berhubungan. Adaptasi terhadap lingkungan merupakan mekanisme seleksi alam.space space

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 25 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Pertentangan antara teori evolusi Lamarck dan Darwin terjadi karena....

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan teori evolusi Darwin dan Lamarck.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Sebut dan jelaskan perbedaan kedua gambar tersebut! Dan manakah yang kalian percayai? Jelaskan alasan ilmiah mu!

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan mekanisme evolusi Charles Darwin dan JB Lamarck dalam memaparkan proses evolusi yang terjadi pada kupu-kupu Biston!

0

Roboguru

Berikut adalah nama ilmuwan biologi! August Weismann Gregor Mendel Charles Darwin Lamarck Watson and Crick Charles Lyell Tokoh yang mendukung teori evolusi ditunjukkan oleh nomor ….

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved