Roboguru

Jelaskan perbedaan antara kesetimbangan statis den...

Jelaskan perbedaan antara kesetimbangan statis dengan dinamis. Berikan contoh kesetimbangan statis dan kesetimbangan dinamis di sekitarspacekalian.

Jawaban:

Keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak merupakan keadaan setimbang statis. Dalam kesetimbangan statis jumlah gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol atau tidak ada kerja dalam kesetimbangan. Contohnya mendorong buku di atas meja maka buku akanspacebergerak.

Keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zat pereaksi disebut kesetimbangan dinamis. Contohnya proses pendidihan air di rumah. Amati dengan baik pada saat air mendidih, maka terjadi perubahan dari wujud cair menjadi wujud gas, yaitu uap air. Uap air yang terjadi jika terkena tutup atau benda lain dapat berubah menjadi airspacelagi.

Jadi, kesetimbangan statis merupakan keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak sedangan kesetimbangan dinamis merupakan keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zatspacepereaksi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved