Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan perbedaan antara kesetimbangan statis dengan dinamis. Berikan contoh kesetimbangan statis dan kesetimbangan dinamis di sekitar kalian.

Jelaskan perbedaan antara kesetimbangan statis dengan dinamis. Berikan contoh kesetimbangan statis dan kesetimbangan dinamis di sekitarspacekalian.

Iklan

S. Oktasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kesetimbangan statis merupakan keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak sedangan kesetimbangan dinamis merupakan keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zat pereaksi.

kesetimbangan statis merupakan keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak sedangan kesetimbangan dinamis merupakan keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zatspacepereaksi.

Iklan

Pembahasan

Keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak merupakan keadaan setimbang statis . Dalam kesetimbangan statis jumlah gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol atau tidak ada kerja dalam kesetimbangan. Contohnya mendorong buku di atas meja maka buku akan bergerak. Keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zat pereaksi disebut kesetimbangan dinamis . Contohnya proses pendidihan air di rumah. Amati dengan baik pada saat air mendidih, maka terjadi perubahan dari wujud cair menjadi wujud gas, yaitu uap air. Uap air yang terjadi jika terkena tutup atau benda lain dapat berubah menjadi air lagi. Jadi, kesetimbangan statis merupakan keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak sedangan kesetimbangan dinamis merupakan keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zat pereaksi.

Keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak merupakan keadaan setimbang statis. Dalam kesetimbangan statis jumlah gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol atau tidak ada kerja dalam kesetimbangan. Contohnya mendorong buku di atas meja maka buku akanspacebergerak.

Keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zat pereaksi disebut kesetimbangan dinamis. Contohnya proses pendidihan air di rumah. Amati dengan baik pada saat air mendidih, maka terjadi perubahan dari wujud cair menjadi wujud gas, yaitu uap air. Uap air yang terjadi jika terkena tutup atau benda lain dapat berubah menjadi airspacelagi.

Jadi, kesetimbangan statis merupakan keadaan setimbang benda-benda yang tidak bergerak sedangan kesetimbangan dinamis merupakan keadaan di mana reaksi berlangsung terus-menerus dan kecepatan membentuk zat produk sama dengan kecepatan menguraikan zatspacepereaksi.

Latihan Bab

Pendahuluan Kesetimbangan Kimia

Konsep Kesetimbangan Kimia

Konstanta Kesetimbangan (K)

Konstanta Kesetimbangan Konsentrasi (Kc)

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan dengan contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel.

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia