Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan dengan contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel.

Jelaskan dengan contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel.space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Jawaban

contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel sesuai penjelasan di atas.

contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel sesuai penjelasan di atas.

Iklan

Pembahasan

Reaksi reversible merupakan reaksi yang dapat dibalik . Sebagai contoh dalam paru-paru, oksigen terikat pada hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah membentuk oksihemoglobin. Ketika sel darah merah mengalir dalam jaringan, oksihemoglogin terurai kembali menjadi hemoglobin dan oksigen. Proses reversibel juga terjadi pada transisi fase antara air dan uap air pada suhu 100 °C dan tekanan 1 atm. Pada kondisi ini, air dalam wujud cair tepat berada pada titik transisi (titik reversibel) dengan uap air. Ketika suhu sedikit diturunkan, uap air berubah menjadi cairan dan sebaliknya ketika suhu sedikit dinaikkan maka cairan akan berubah menjadi uap air. Reaksi irreversibel merupakan reaksi yang tidak dapat dibalik. Dalam reaksi ini, produk reaksi tidak dapat diubah kembali menjadi pereaksi semula. Sebagai contoh, asap dan arang hasil pembakaran kayu tidak mungkin diubah lagi menjadi kayu. Besi berkarat tidak dapat diubah kembali menjadi besi. Nasi basi tidak dapat diubah menjadi nasi. Dengan demikian, contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel sesuai penjelasan di atas.

Reaksi reversible merupakan reaksi yang dapat dibalik. Sebagai contoh dalam paru-paru, oksigen terikat pada hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah membentuk oksihemoglobin. Ketika sel darah merah mengalir dalam jaringan, oksihemoglogin terurai kembali menjadi hemoglobin dan oksigen. Proses reversibel juga terjadi pada transisi fase antara air dan uap air pada suhu 100 °C dan tekanan 1 atm. Pada kondisi ini, air dalam wujud cair tepat berada pada titik transisi (titik reversibel) dengan uap air. Ketika suhu sedikit diturunkan, uap air berubah menjadi cairan dan sebaliknya ketika suhu sedikit dinaikkan maka cairan akan berubah menjadi uap air.

Reaksi irreversibel merupakan reaksi yang tidak dapat dibalik. Dalam reaksi ini, produk reaksi tidak dapat diubah kembali menjadi pereaksi semula. Sebagai contoh, asap dan arang hasil pembakaran kayu tidak mungkin diubah lagi menjadi kayu. Besi berkarat tidak dapat diubah kembali menjadi besi. Nasi basi tidak dapat diubah menjadi nasi.space 

space 

Dengan demikian, contoh perbedaan antara reaksi reversibel dan reaksi irreversibel sesuai penjelasan di atas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

91

Harine Julia

Mudah dimengerti

Nabilah Salsabila

Pembahasan lengkap banget

Nabila Maulida

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Reaksi kimia ada yang berlangsung dapat balik ( reversible ) dan tidak dapat balik ( irreversible ). Jelaskan perbedaannya!

22

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia