Roboguru

Jelaskan pengertian agama dan mengapa manusia membutuhkan agama!

Pertanyaan

Jelaskan pengertian agama dan mengapa manusia membutuhkan agama! 

Pembahasan Soal:

Secara umum, agama merupakan suatu sistem yang mengatur tata keimanan kehidupan manusia. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, mempelajari bagaimana tingkah laku masyarakat dalam kehidupan sosial. Konsep agama dalam ilmu sosiologi membahas mengenai pengetahuan terkait pola interaksi keagamaan, nilai-nilai dan norma yang terkandung secara spiritual, serta penerapannya dalam kehidupan. Jadi dapat dikatakan bahwa agama dalam pandangan sosiologi merupakan pandangan hidup yang yang harus diterapkan dalam kehidupan masyakat.  

Agama dapat dikatakan penting karena mengatur tata kelakukan manusia, serta membawa nilai-nilai kehidupan bagi manusia. Agama menjadi pendoman berisi norma yang harus dipatuhi oleh penganutnya. Batasan norma ini yang kemudian mengatur kehidupan manusia agar lebih tertata dan teratur. Manusia dalam menjalankan kehidupan menghadapi berbagai tantangan dan masalah. Sehingga untuk menghadapinya manusia membutuhkan agama sebagai kontrol sosialnya. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang terjadi jika kita tidak menghargai keberagaman agama yang ada di sekitar kita?

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki berbagai keberagaman yang menjadi kekayaan budaya dan nasional bangsa Indonesia salah satunya keberagaman agama. Di Indonesia terdapat lima agama yang diakui pemerintah yaitu Budha, Hindu, Islam, Katholik, Kristen, dan Konghucu. Dari berbagai perbedaan tersebut apabila tidak disikapi dengan bijak, seperti menghormati dan bersikap toleransi dengan adanya perbedaan agama maka akan memunculkan sikap primordialisme, sikap fanatisme, hinga memicu adanya konflik antar agama seperti yang pernah terjadi di Indonesia hingga berlangsung cukup lama yaitu konflik Poso.

Dengan demikian, jika masyarakat tidak menghargai keberagaman agama, maka akan menimbulkan sikap primodialisme. fanatisme, dan berujung konflik antar agama.  

Roboguru

Diskriminasi adalah sesuatu yang sulit dihilangkan di masyarakat, banyak golongan yang merasa lebih dominan untuk menindas kaum yang dianggap lemah, bentuk diskriminasi terhadap golongan orang yang le...

Pembahasan Soal:

Diskriminasi merupakan pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara, atau perlakuan dan tindakan yang tidak adil yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu/kelompok lainnya. Bentuk diskriminasi yang terjadi pada masyarakat yang menganut kepercayaan bisa berupa penolakan ketika ingin melakukan kegiatan pemakaman, pelarangan kegiatan peribadatan, bahkan sampai ada yang mengalami pembakaran tempat ibadah. Karena beberapa bentuk diskriminasi ini, akhirnya, gak jarang, banyak di antara mereka, yang terpaksa memilih agama yang telah diakui, untuk mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D. space 

Roboguru

Salah satu keragaman budaya yang paling kompleks bagi masyarakat Indonesia yaitu keragaman agama. Di satu sisi, agama perlu menjadi pendorong integrasi masyarakat. Tapi di sisi lain, terkadang fakta m...

Pembahasan Soal:

Keberagaman di Indonesia yang meliputi ras, suku, agama, golongan, dan adat istiadat merupakan aset nasional bangsa yang dapat menjadi kekayaan dan daya tarik warga asing. Namun di sisi lain apabila tidak disikapi dengan bijak keberagaman juga dapat memicu adanya konflik di masyarakat salah satunya dalam keberagaman agama. Di indonesia terdapat lima macam agama yang diakui oleh pemerintah, yaitu Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Perbedaan agama tersebut dapat menjadi perekat dalam kehidupan bangsa namun di sisi lain juga menimbulkan gesekan di masyarakat baik dalam pelaksanaan ibadah, adanya perilaku maupun ucapan yang berbau SARA. 

  1. Banyaknya konflik karena perbedaan agama di Indonesia seperti konflik Poso yang berlangsung hingga puluhan tahun, konflik Ambon, konflik Aceh, konflik Tanjung Badai, konflik Sampang, konflik Papua yang masing-masing konflik menimbulkan berbagai macam kerugian hingga korban nyawa. Dari berbagai konflik agama tersebut dapat kita lihat bahwa adanya perbedaan agama di masyarakat belum dimaknai sebagai kekayaan bangsa dan masih kurangnya rasa toleransi terhadap keberagaman. Dengan demikian perbedaan agama membawa 35% integrasi bangsa, dan 65% disintegrasi bangsa.
  2. Disintegrasi yang disebabkan oleh perbedaan agama di Indonesia masih seringkali terjadi karena agama menjadi hal yang sensitif di masyarakat, sehingga apabila tidak disikapi dengan bijak akan mudah menyulutkan emosi dan memicu konflik. Di sisi lain apabila disikapi dengan bijak tentu akan menciptakan harmoni keberagaman dalam masyarakat. Beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah disintegrasi karena faktor agama: 1). Mengembangkan sikap toleransi dan memaknai perbedaan agama sebagai kekayaan bangsa, 2). Membangun forum silaturahmi antar agama untuk lebih mengenal perbedaan agama dan mempererat hubungan, 3). Menghormati agama lain dan menyadari bahwa semua agama mengajarkan hal yang baik dan kebebasan beragama merupakan hak asasi manusia. space
Roboguru

Masalah. ketimpangan sosial di masyarakat sangat beragam. Salah satunya ialah disharmoni dalam kehidupan beragama. Munculnya disharmoni dalam kehidupan beragama dipengaruhi oleh ..,

Pembahasan Soal:

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat. majemuk yang memiliki keberagaman suku, agama, budaya, tradisi, norma, dan sebagainya. Adanya keberagaman tersebut dapat menimbulkan disharmoni antara suatu masyarakat dengan masyarakat lainnya. Disharmoni dalam kehidupan beragama juga dapat dipengaruhi oleh adanya sikap fanatisme yang berlebihan, sehingga mengakibatkan memudamya sikap toleransi di masyarakat.

Roboguru

Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Di Indonesia terdapat banyak keragaman, misalnya suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keragaman dalam masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Letak Strategis Wilayah Indonesia
  2. Kondisi Negara Kepulauan
  3. Perbedaan Kondisi Alam
  4. Keadaan Transportasi dan Komunikasi
  5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan

Keragaman agama yang ada di Indonesia disebabkan strategisnya letak geografis atau wilayah Indonesia. Letak Indonesia yang berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta berada di antara Benua Asia dan Benua Australia menjadikan Indonesia berada di tengah-tengah lalu lintas perdagangan. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia. Mereka inilah yang kemudian membawa agama, adat istiadat, dan kebudayaan dari negaranya. Banyak pendatang menyebarkan agama, adat istiadat, dan kebudayaan negaranya, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.undefined 

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved