Pertanyaan

Dalam Konfusianisme, agama memusatkan perhatiannya tentang hal yang ideal dalam hal spiritual dan tingkah lakunya Agama jenis ini disebut ....

Dalam Konfusianisme, agama memusatkan perhatiannya tentang hal yang ideal dalam hal spiritual dan tingkah lakunya Agama jenis ini disebut ....space space 

  1. naturalismespace space 

  2. civil religionspace space 

  3. animismespace space 

  4. teladan abstrakspace space 

  5. theismespace space 

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Soal menanyakan mengenai agama berdasarkan konsep pada soal. Jawaban yang tepat adalah D. Teladan Abstrak. William Kornblum mengklasifikasikan agama dalam beberapa golongan, yaitu: Simple naturalism merupakan bentuk agama yang tidak mengaitkan antara pikiran dan hal supranatural karena semua fenomena alam adalah bagian dari satu kekuatan. Dengan kata lain, mereka percaya akan adanya satu kekuatan yang maha hebat, tetapi mereka tidak memiliki konsep yang lengkap tentang Tuhan. Misalnya, Suku Enuit dan Eskimo. Animism, merupakan suatu bentuk agama yang meyakini bahwa semua bentuk kehidupan dan segala sesuatu yang ada di bumi ini didiami oleh kekuatan supranatural atau kekuatan gaib. Misalnya, pada kebudayaan orang Indian (orang asli Amerika Serikat), dan beberapa suku terasing di Afrika. Theism , merupakan suatu bentukagama yangpercaya bahwa Tuhan terpisah dari manusia dan makhluk hidup bumi lainnya, walaupun Tuhanlah yang bertanggung jawab atas penciptaan manusia dan nasibnya Theism terdiri atas: Polytheisme, yaitu kepercayaan akan banyak Tuhan, seperti Hindu dan Buddha. Monotheisme, yaitu kepercayaan akan satu Tuhan, seperti Islam, Katolik, dan Kristen. Teladan abstrak ( abstract ideal ) merupakan suatu agama a tau kepercayaan yang memusatkan perhatiannya tentang hal yang ideal dalam hal spiritualnya dan dalam tingkah lakunya. Misalnya, Konfusianisme dan Buddha. Agama masyarakat ( civil religion ) merupakan sekumpulan kepercayaan dan ritual yang ada di luar lembaga agama. Misalnya, Marxisme-Leninisme. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah D.

Soal menanyakan mengenai agama berdasarkan konsep pada soal.

Jawaban yang tepat adalah D. Teladan Abstrak.

 

William Kornblum mengklasifikasikan agama dalam beberapa golongan, yaitu:

  1. Simple naturalism merupakan bentuk agama yang tidak mengaitkan antara pikiran dan hal supranatural karena semua fenomena alam adalah bagian dari satu kekuatan. Dengan kata lain, mereka percaya akan adanya satu kekuatan yang maha hebat, tetapi mereka tidak memiliki konsep yang lengkap tentang Tuhan. Misalnya, Suku Enuit dan Eskimo.
  2. Animism, merupakan suatu bentuk agama yang meyakini bahwa semua bentuk kehidupan dan segala sesuatu yang ada di bumi ini didiami oleh kekuatan supranatural atau kekuatan gaib. Misalnya, pada kebudayaan orang Indian (orang asli Amerika Serikat), dan beberapa suku terasing di Afrika.
  3. Theism, merupakan suatu bentukagama yangpercaya bahwa Tuhan terpisah dari manusia dan makhluk hidup bumi lainnya, walaupun Tuhanlah yang bertanggung jawab atas penciptaan manusia dan nasibnya Theism terdiri atas:
  1. Polytheisme, yaitu kepercayaan akan banyak Tuhan, seperti Hindu dan Buddha.
  2. Monotheisme, yaitu kepercayaan akan satu Tuhan, seperti Islam, Katolik, dan Kristen.
  1. Teladan abstrak (abstract ideal) merupakan suatu agama a tau kepercayaan yang memusatkan perhatiannya tentang hal yang ideal dalam hal spiritualnya dan dalam tingkah lakunya. Misalnya, Konfusianisme dan Buddha.

Agama masyarakat (civil religion) merupakan sekumpulan kepercayaan dan ritual yang ada di luar lembaga agama. Misalnya, Marxisme-Leninisme.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah D.space space  

384

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengertian agama dan mengapa manusia membutuhkan agama!

464

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia