Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan maksud indeks "Rusli, Marah 2:88"!

Jelaskan maksud indeks "Rusli, Marah 2:88"!space 

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maksud indeks "Rusli, Marah 2:88", pengarang Marah Rusli dapat ditemukan di buku ensiklopedia jilid 2 halaman 88.

maksud indeks "Rusli, Marah 2:88", pengarang Marah Rusli dapat ditemukan di buku ensiklopedia jilid 2 halaman 88.space 

Iklan

Pembahasan

Indeks merupakan daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetak. Biasanya indeks ditempatkan pada bagian akhir buku. Sama halnya dengan kamus, Indeks disusun menurut abjad. Indeks buku menyajikan daftar istilah atau kata penting yang terdapat dalam buku tersebut beserta nomor halaman tempat kata/istilah tersebut berada. Teknik mendaftarkan istilah atau kata penting seperti ini turut dikenal dengan istilah lain yaitu konkordansi. Indeks dibedakan menjadi 2 yaitu indeks subjek dan indeks pengarang. Indeks Subjek: berisi daftar istilah-istilah dalam buku. Indeks Pengarang: berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan. Indeks "Rusli, Marah 2:88" merupakan indeks pengarang. Pada indeks pengarang, jika nama pengarang terdiri atas 2 kata, maka penulisan nama kedua diletakkan di depan dari nama pertama; di antara nama kedua dan pertama disisipi tanda koma. "Rusli, Marah" merupakan nama orang. Jika mengacu pada aturan penulisan indeks di atas maka nama pengarang tersebut ialah Marah Rusli. Angka merupakan jilid ensiklopedia dan angka 88 merupakan halaman yang terdapat pengarang Marah Ruslu. Jadi, maksud indeks "Rusli, Marah 2:88", pengarang Marah Rusli dapat ditemukan di buku ensiklopedia jilid 2 halaman 88.

Indeks merupakan daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetak. Biasanya indeks ditempatkan pada bagian akhir buku. Sama halnya dengan kamus, Indeks disusun menurut abjad. Indeks buku menyajikan daftar istilah atau kata penting yang terdapat dalam buku tersebut beserta nomor halaman tempat kata/istilah tersebut berada. Teknik mendaftarkan istilah atau kata penting seperti ini turut dikenal dengan istilah lain yaitu konkordansi. Indeks dibedakan menjadi 2 yaitu indeks subjek dan indeks pengarang.

  1. Indeks Subjek: berisi daftar istilah-istilah dalam buku.
  2. Indeks Pengarang: berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.

Indeks "Rusli, Marah 2:88" merupakan indeks pengarang. Pada indeks pengarang, jika nama pengarang terdiri atas 2 kata, maka penulisan nama kedua diletakkan di depan dari nama pertama; di antara nama kedua dan pertama disisipi tanda koma.

"Rusli, Marah" merupakan nama orang. Jika mengacu pada aturan penulisan indeks di atas maka nama pengarang tersebut ialah Marah Rusli. Angka merupakan jilid ensiklopedia dan angka 88 merupakan halaman yang terdapat pengarang Marah Ruslu.

Jadi, maksud indeks "Rusli, Marah 2:88", pengarang Marah Rusli dapat ditemukan di buku ensiklopedia jilid 2 halaman 88.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

33

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan maksud indeks "Dramatis 3:101-105"!

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia