Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan data buku berikut! Judul buku : Pengetahuan Seni Musik Pengarang : Atan Hamdju,B.A. Penerbit : Mutiara Sumber Widya, Jakarta Kota terbit : Jakarta Tahun terbit : 1990 Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...

Perhatikan data buku berikut!

 

Judul buku      : Pengetahuan Seni Musik

Pengarang       : Atan Hamdju,B.A.

Penerbit           : Mutiara Sumber Widya, Jakarta

Kota terbit       : Jakarta

Tahun terbit    : 1990

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...

  1. Atan, Hamdju.1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

  2. Hamdju, Atan.1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

  3. Atan, Hamdju 1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

  4. Hamdju, Atan.1990. Pengetahuan Seni Musik. Mutiara Sumber Widya: Jakarta.

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah 2.

jawaban yang tepat adalah 2.

Iklan

Pembahasan

Daftar pustaka adalah serangkaian daftar tulisan di bagian akhir yang memuat sumber, rujukan, ataupun referensi, baik itu merupakan data yang diambil dari jurnal, buku, skripsi, makalah, artikel internet dan sebagainya. Penulisan daftar pustaka ialah diawali dengan nama penulis, tahun terbit, judul, kota penerbit dan nama penerbit. Setelah penulisan nama, tahun , judul dan penerbit akhiri dengan menggunakan tanda titik (.) dan setelah nama kota penerbit diakhiri dengan titik dua (:). Adapun cara penulisan nama pada daftar pustaka antara lain: Jika nama pengarang mempunyai 2 suku kata atau lebih. Maka, dalam penulisan namanya dibalik dengan syarat antara kata pertama dan kedua di beri tanda koma (,). Contoh: nama pengarang adalah Abdul Khadir maka di daftar pustaka ditulis: Khadir, Abdul. Jika nama penulis terdiri dari 3 suku kata atau lebih. Maka nama yang terakhir diletakan didepan dan diikuti tanda koma (,). Contoh: Yudhoyono, Susilo Bambang. Jika pengarangnya ada 2 orang, maka hanya nama pengarang yang pertama yang dibalik, lalu antara nama pengarang yang pertama dan kedua di beri kata ‘dan’. Susunan penulisan daftar pustaka harus berurutan dari A-Z sesuai dengan huruf di awal dari nama penulis . Untuk penulisan nama, gelar akademis, gelar keagamaan, dan sebagainya tidak dicantumkan. Contoh: Dian Sastro, M. Pd cukup ditulis: Sastro, Dian. Cara penulisan daftar pustaka dibedakan tiap sumbernya, misal dari internet, buku, jurnal atau yang lainya. Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah (2) Hamdju, Atan. 1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya. Jadi, jawaban yang tepat adalah 2.

Daftar pustaka adalah serangkaian daftar tulisan di bagian akhir yang memuat sumber, rujukan, ataupun referensi, baik itu merupakan data yang diambil dari jurnal, buku, skripsi, makalah, artikel internet dan sebagainya. Penulisan daftar pustaka ialah diawali dengan nama penulis, tahun terbit, judul, kota penerbit dan nama penerbit. Setelah penulisan nama, tahun , judul dan penerbit akhiri dengan menggunakan tanda titik (.) dan setelah nama kota penerbit diakhiri dengan titik dua (:). Adapun cara penulisan nama pada daftar pustaka antara lain:

  1. Jika nama pengarang mempunyai 2 suku kata atau lebih. Maka, dalam penulisan namanya dibalik dengan syarat antara kata pertama dan kedua di beri tanda koma (,). Contoh: nama pengarang adalah Abdul Khadir maka di daftar pustaka ditulis: Khadir, Abdul.
  2. Jika nama penulis terdiri dari 3 suku kata atau lebih. Maka nama yang terakhir diletakan didepan dan diikuti tanda koma (,). Contoh: Yudhoyono, Susilo Bambang.
  3. Jika pengarangnya ada 2 orang, maka hanya nama pengarang yang pertama yang dibalik, lalu antara nama pengarang yang pertama dan kedua di beri kata ‘dan’.
  4. Susunan penulisan daftar pustaka harus berurutan dari A-Z sesuai dengan huruf di awal dari nama penulis.
  5. Untuk penulisan nama, gelar akademis, gelar keagamaan, dan sebagainya tidak dicantumkan. Contoh: Dian Sastro, M. Pd cukup ditulis: Sastro, Dian.
  6. Cara penulisan daftar pustaka dibedakan tiap sumbernya, misal dari internet, buku, jurnal atau yang lainya.

Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah (2) Hamdju, Atan. 1990. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara Sumber Widya. Jadi, jawaban yang tepat adalah 2.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

ilhamrizky

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data buku berikut! Buku yang digunakan sebagai rujukan berjudul "Menulis secara Populer" karangan Ismail Marahimin. Buku tersebut terbit pada tahun 1994 oleh penerbit Pustaka Jaya di Jak...

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia