Roboguru

Jelaskan latar belakang berdirinya Gerakan Nonblok!

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang berdirinya Gerakan Nonblok!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia bisa dikatakan memiliki peran yang sangat penting dalam proses kelahiran organisasi Gerakan Non Blok (GNB). Lahirnya organisasi Gerakan Non Blok dilatarbelakangi adanya ketegangan dunia yang semakin meningkat akibat persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur, yang dimulai dari pecahnya perang Vietnam, perang Korea, dan puncaknya krisis teluk Babi di Kuba, hampir saja memicu Perang Dunia III. Hal itu mendorong para pemimpin Negara-negara Dunia Ketiga untuk membentuk organisasi yang diharapkan bisa berperan mengurangi ketegangan politik dunia internasional. 

Dengan demikian, gerakan Non Blok lahir dilatarbelakangi adanya ketegangan dunia yang semakin meningkat akibat persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan GNB (Gerakan Non Blok)!

Pembahasan Soal:

Organisasi Gerakan Non Blok adalah organisasi yang dilatarbelakangi oleh ketegangan dunia yang semakin meningkat akibat persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur, yang dimulai dari pecahnya perang Vietnam, perang Korea, dan puncaknya krisis Teluk Babi di Kuba, yang hampir saja memicu Perang Dunia III. Hal itu mendorong para pemimpin Negara-negara Dunia Ketiga untuk membentuk organisasi yang diharapkan bisa berperan mengurangi ketegangan politik dunia internasional. 

0

Roboguru

Gerakan non-blok merupakan organisasi internasional yang berasal dari sebuah konferensi tingkat tinggi Asia-Afrika yang dulu diadakan di kota ....

Pembahasan Soal:

Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KTT Asia Afrika) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. Pertemuan ini berlangsung antara 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia, yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama melawan kolonialisme dan imperialisme. Sehingga, dari KTT Asia Afrika muncul suatu gagasan Gerakan Non Blok (GNB) di mana mereka mengusung spirit tidak berpihak atau lepas dari pengaruh Blok Barat dan Blok Timur saat terjadi Perang Dingin.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Jelaskan latar belakang pembentukan GNB!

Pembahasan Soal:

Lahirnya organisasi Gerakan Non Blok dilatarbelakangi oleh kekhawatiran para pemimpin negara-negara dunia ketiga terutama dari Asia dan Afrika terhadap munculnya ketegangan dunia waktu itu karena adanya persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur. Gerakan Non Blok dipelopori oleh lima pemimpin Negara Indonesia, India, Pakistan, Burma dan Srilangka. Tokoh-tokoh yang berperan dalam pembentukkan Gerakan Non Blok adalah Presiden Mesir Ghamal Abdul Nasser, Presiden Ghana Kwame Nkrumah, Perdana Menteri India Jawalharlal Nehru, Presiden Indonesia Soekarno, dan Presiden Yugoslavia Josep Broz Tito.

Dengan demikian, latar belakang pembentukkan GNB adalah adanya kekhawatiran para pemimpin negara-negara dunia ketiga terhadap munculnya ketegangan dunia waktu itu karena adanya persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur.

0

Roboguru

Kita semua tahu, bahwa berdirinya gerakan non-blok dilatarbelakangi oleh ....

Pembahasan Soal:

Lahirnya Gerakan Non Blok (GNB) dilatarbelakangi oleh adanya persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur selama Perang Dingin. Mereka bersaing untuk memperluas pengaruhnya di negara-negara lain. Sedangkan Gerakan Non Blok diinisiasi oleh negara-negara yang  mengusung spirit tidak berpihak atau lepas dari pengaruh Blok Barat dan Blok Timur saat itu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu upaya yang dilakukan Indonesia dalam menghadapi Perang Dingin adalah ....

Pembahasan Soal:

Blok Barat maupun Blok Timur sama-sama mengklaim bahwa ideologi mereka-lah yang paling benar dan mampu menyejahterakan rakyat. Atas dasar tersebut, masing-masing blok berusaha untuk memperluas pengaruhnya terhadap negara-negara dunia ketiga. Pada faktanya, justru kepentingan utama mereka adalah untuk memperebutkan penguasaan atas sumber daya alam di negara-negara dunia ketiga tersebut. Pertarungan ideologi keduanya lebih banyak berdampak negatif daripada positif, seperti terbaginya Jerman menjadi dua, Perang Vietnam, dan Perang Korea. Peristiwa tersebut memunculkan kekhawatiran terjadinya Perang Nuklir. Menyadari kekhawatiran tersebut, Indonesia akhirnya memutuskan untuk menerapkan sistem politik luar negeri bebas aktif dan turut serta mendorong para pemimpin dunia negara ketiga untuk keluar dari tekanan dua negara adidaya tersebut dengan salah satu cara yang dilakukan dengan membentuk Gerakan Non-Blok yang merupakan organisasi non-alignment (tidak memihak), baik terhadap Blok Barat maupun Blok Timur. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D. 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved