Roboguru

Guna membendung pengaruh buruk dari blok barat dan blok timur, Indonesia dan beberapa negara netral lain membentuk organisasi bernama ....

Pertanyaan

Guna membendung pengaruh buruk dari blok barat dan blok timur, Indonesia dan beberapa negara netral lain membentuk organisasi bernama .... space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Pasca berakhirnya Perang Dunia II, kondisi politik dunia dihadapkan pada situasi konflik antara Uni Sovyet dan Amerika Serikat. Konflik tersebut lebih umum dikenal sebagai perang dingin. Perang dingin tidak diartikan secara fisik sebagai sebuah pertempuran dengan melibatkan tentara dan senjata, perang dingin diartikan sebagai pertarungan dalam merebutkan pengaruh di sejumlah kawasan, terutama di negara-negara berkembang. Dalam merespon situasi tersebut, Indonesia dan negara-negara dunia ketiga atau negara-negara yang baru merdeka membentuk Gerakan Non Blok atau GNB. GNB bertujuan untuk menjaga netralitas negara-negara dunia ketiga pada masa Perang Dingin.

Dengan demikian, organisasi yang dibentuk Indonesia dengan negara-negara dunia ketiga adalah Gerakan Non Blok.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa Demokrasi Terpimpin Bangsa Indonesia terlibat dalam pembentukan Gerakan NON – BLOK (GNB) apa tujuan negara-negara netral membentuk GNB?

Pembahasan Soal:

GNB dibentuk sebagai upaya negara - negara netral untuk menghindari pertikaian Perang Dingin antara blok barat dan blok timur.


Dengan demikian, GNB dibentuk sebagai upaya negara - negara netral untuk menghindari pertikaian Perang Dingin antara blok barat dan blok timur.space space 

0

Roboguru

Peranan Indonesia dalam Gerakan Non - Blok, yaitu

Pembahasan Soal:

Gerakan Non Blok lahir pada tanggal 1 September 1962. GNB muncul setelah dilaksanaknnya Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Indonesia. Hal ini diawali saat Perdana Menteri Negara India, Jawaharlal Nehru, memperkenalkan istilah Non Blok. Saat itu ia sedang berpidato yang bertempatkan di Kota Colombo, Sri Lanka pada tahun 1954. Melalui gagasan itu, terciptalah Gerakan Non-Blok yang dirintis oleh beberapa pemimpin negara. Para pemimpin negara yang terlibat di antaranya, Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito, PM India Jawaharlal Nehru, Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser, PM sekaligus Presiden Ghana Kwame Nkrumah, dan Presiden Indonesia Soekarno.

Setelah aktif terlibat merintis GNB, Indonesia akhirnya berkesempatan memimpinnya. Kepemimpinan Indonesia dimulai dari tahun 1992-1995, dipimpin oleh Presiden Soeharto. Selain itu, Indonesia juga menjadi tuan rumah Konverensi Tingkat Tinggi X Gerakan Non-Blok pada 1-6 September 1992.

Indonesia pernah menjadi pemimpin gerakan ini pada tahun 1991. Presiden Soeharto selaku Presiden RI saat itu terpilih menjadi ketua GNB.

Dengan demikian Indonesia berperan aktif dalam GNB baik dalam pendirian maupun perkembangan pasca Soekarno tidak lagi menjabat.

0

Roboguru

Gerakan non-blok merupakan organisasi internasional yang berasal dari sebuah konferensi tingkat tinggi Asia-Afrika yang dulu diadakan di kota ....

Pembahasan Soal:

Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KTT Asia Afrika) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. Pertemuan ini berlangsung antara 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia, yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama melawan kolonialisme dan imperialisme. Sehingga, dari KTT Asia Afrika muncul suatu gagasan Gerakan Non Blok (GNB) di mana mereka mengusung spirit tidak berpihak atau lepas dari pengaruh Blok Barat dan Blok Timur saat terjadi Perang Dingin.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Salah satu faktor pendorong terbentuknya Gerakan Non Blok adalah ....

Pembahasan Soal:

Gerakan Non Blok adalah organisasi internasional yang berkeinginan untuk lepas dari kekuatan blok manapun. Organisasi yang didirikan oleh negara-negara yang baru merdeka ini lahir akibat dari persaingan ideologi antara Blok Timur dan Blok Barat. Persaingan tersebut merambah pada perebutan pengaruh kedua negara di luar Eropa. Oleh karena itu, negara berkembang menciptakan Gerakan Non Blok atau blok baru untuk membebaskan dari pengaruh kedua ideologi negara adidaya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan tikoh di bawah ini! Ir Soekarno Joseph Broz Tito Muhammad Ali Gamal Abdul Nasser U Nu Tokoh-tokoh yang merupakan pelopor terbentuknya Gerakan Non Blok ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Gerakan Non-Blok adalah suatu organisasi internasional yang terdiri lebih dari 100 negara-negara yang menganggap dirinya tidak beraliansi dengan kekuatan besar manapun, baik Blok Barat maupun Blok Timur selama Perang Dingin. Pelopor Gerakan Non Blok, yaitu:

  1. Josip Broz Tito presiden Yugoslavia
  2. Soekarno presiden Indonesia
  3. Gamal Abdul Nasser presiden Mesi
  4. Pandit Jawaharlal Nehru perdana menteri India
  5. Kwame Nkrumah dari Ghana

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved