Roboguru

Tuliskan latar belakang munculnya GNB!

Pertanyaan

Tuliskan latar belakang munculnya GNB! 

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Pembahasan Soal:

Gerakan Non Blok merupakan gerakan yang dipelopori oleh negara-negara dunia ketiga yang tidak memihak dan tidak beraliansi kepada Blok Barat maupun Blok Timur. Lahirnya organisasi Gerakan Non Blok dilatarbelakangi oleh kekhawatiran para pemimpin negara-negara dunia ketiga terutama dari Asia dan Afrika terhadap munculnya ketegangan dunia waktu itu karena adanya persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur. Terdapat 5 tokoh penting dalam pendirian GNB, yakni Presiden Indonesia Ir. Soekarno, Presiden Mesir Gamal Abdul Naser, Presiden Ghana Kwame Nkrumah, Presiden Yugoslavia Joseph Broz Tito, dan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru. 

Dengan demikian, latar belakang pendirian GNB adalah kekhawatiran para pemimpin negara-negara dunia ketiga terhadap munculnya ketegangan dunia waktu itu karena adanya persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerakan non-blok merupakan organisasi internasional yang berasal dari sebuah konferensi tingkat tinggi Asia-Afrika yang dulu diadakan di kota ....

Pembahasan Soal:

Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KTT Asia Afrika) adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. Pertemuan ini berlangsung antara 18-24 April 1955 di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia, yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama melawan kolonialisme dan imperialisme. Sehingga, dari KTT Asia Afrika muncul suatu gagasan Gerakan Non Blok (GNB) di mana mereka mengusung spirit tidak berpihak atau lepas dari pengaruh Blok Barat dan Blok Timur saat terjadi Perang Dingin.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Kontribusi Indonesia dalam meredam persaingan antar blok pada masa perang dingin kecuali...

Pembahasan Soal:

Perang dingin yang terjadi antara blok barat dan blok timur tak dimungkiri telah menyeret hampir seluruh negara di dunia untuk turut serta dalam pergolakan. Indonesia sendiri sebagai negara berdaulat dipandang sebagai salah satu peta kekuatan yang strategis di mata dunia dan diharapkan menjadi bagian koalisi salah satu blok yang berseteru. Namun demikian, Indonesia tidak memilih salah satu blok atau turut serta dalam perseteruan kedua blok tersebut, Indonesia memilih dan memposisikan diri sebagai penengah untuk menjaga perdamaian dunia. Dalam SEATO, Indoesia berperan utuk menahan masuknya komunis ke Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia juga berperan aktif dalam Gerakan Non Blok serta Mengajak negara-negara asia-afrika agar tidak terlibat dalam ekskalasi perang dingin yang lebih besar. Gerakan Non-Blok adalah salah satu tindakan yang tidak memihak antara salah satu blok yang ada di dunia. Sebenarnya gerakan ini bertujuan untuk mengatasi ketegangan dunia dari peperangan dan Indonesia sebagai negara kesatuan mempunyai peran yang sangat penting dalam gerakan Non-Blok. Adapun peran Indonesia dalam Gerakan Non-Blok antara lain; Presiden Soekarno berperan dalam pembentukan Gerakan Non-Blok, Indonesia diberikan wewenang dalam memimpin Gerakan Non-Blok dan berhasil menggelar KTT X-GNB yang diselenggarakan di Bandung, Indonesia juga berhasil meredam aksi ketegangan daerah bekas pecahnya negara Yugoslavia pada tahun 1991. Jadi yang bukan merupakan upaya Indonesia dalam meredam persaingan antar blok pada masa perang dingin adalah Pendiri ASEAN untuk menciptakan perdamaian dan keamanan regional.

 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Pada masa Demokrasi Terpimpin Bangsa Indonesia terlibat dalam pembentukan Gerakan NON – BLOK (GNB) apa tujuan negara-negara netral membentuk GNB?

Pembahasan Soal:

GNB dibentuk sebagai upaya negara - negara netral untuk menghindari pertikaian Perang Dingin antara blok barat dan blok timur.


Dengan demikian, GNB dibentuk sebagai upaya negara - negara netral untuk menghindari pertikaian Perang Dingin antara blok barat dan blok timur.space space 

0

Roboguru

Salah satu latar belakang berdirinya Gerakan Nonblok yaitu ....

Pembahasan Soal:

Gerakan Nonblok dilatarbelakangi oleh kekhawatiran para pemimpin negara-negara dunia ketiga terutama dari Asia dan Afrika terhadap munculnya ketegangan dunia pada masa Perang Dingin karena adanya persaingan antara Blok Barat dan Blok Timur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Tujuan pendirian Gerakan Non Blok adalah...

Pembahasan Soal:

Gerakan Non-Blok atau Non-Aligned Movement adalah suatu organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1961 di Belgrade pada ajang Conference of Heads of State of Government of Non-Aligned Countries. Organisasi ini kini beranggotakan lebih dari 100 negara yang berpendapat bahwa mereka sama sekali tidak beraliansi dengan kekuatan besar manapun di dunia ini.

 

Adapun tujuan didirikannya Gerakan non-Blok adalah untuk menjamin kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas teritorial dan keamanan dari negara-negara non-blok dalam perjuangan merkea melawan rasisme, apartheid, kolonialisme, neo-kolonialisme, imperialisme, agresi militer, hegemoni, interferensi, dominansi, pendudukan, dan blok politik.


Dengan demikian, tujuan pendirian GNB adalah menjamin kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas teritorial dan keamanan negara-negara non-blok dari negara blok barat dan timur.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved