Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan klasifikasi tanah berdasarkan kesuburannya!

Jelaskan klasifikasi tanah berdasarkan kesuburannya!

Iklan

A. Tyas

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tanah terbentuk dari campuran hasil pelapukan batuan, bahan anorganik, bahan organik, air dan udara. Jenis tanah berdasarkan tingkat kesuburannya dapat dibedakan menjadi empat, yakni: Tanah Muda , tanah muda adalah tanah yang mengandung unsur hara dan zat makanan yang masih sedikit, sehingga kesuburan tanah tersebut masih kurang terlihat. Tanah Dewasa , jika Anda mencari lahan pertanian, maka pilihlah jenis tanah dewasa yang telah memiliki unsur hara atau zat makanan yang sangat banyak. Sebab, kandungan tersebut penting untuk perkembangan tumbuhan. Tanah Tua , serupa dengan manusia, setelah fase dewasa tanah memasuki fase tua. Sayangnya, fase tua tanah ini membuat unsur hara dan zat makanan di dalamnya berkurang, sehingga kurang pas untuk pertanian Tanah Sangat Tua , jenis tanah keempat adalah jenis tanah yang sangat tua, atau bisa disebut sebagai tanah mati. Tanah ini disebut mati karena hanya menyisakan unsur hara dan zat makanan yang sangat sedikit di dalamnya.

Tanah terbentuk dari campuran hasil pelapukan batuan, bahan anorganik, bahan organik, air dan udara. Jenis tanah berdasarkan tingkat kesuburannya dapat dibedakan menjadi empat, yakni:

  1. Tanah Muda, tanah muda adalah tanah yang mengandung unsur hara dan zat makanan yang masih sedikit, sehingga kesuburan tanah tersebut masih kurang terlihat.
  2. Tanah Dewasa, jika Anda mencari lahan pertanian, maka pilihlah jenis tanah dewasa yang telah memiliki unsur hara atau zat makanan yang sangat banyak. Sebab, kandungan tersebut penting untuk perkembangan tumbuhan.
  3. Tanah Tua, serupa dengan manusia, setelah fase dewasa tanah memasuki fase tua. Sayangnya, fase tua tanah ini membuat unsur hara dan zat makanan di dalamnya berkurang, sehingga kurang pas untuk pertanian
  4. Tanah Sangat Tua, jenis tanah keempat adalah jenis tanah yang sangat tua, atau bisa disebut sebagai tanah mati. Tanah ini disebut mati karena hanya menyisakan unsur hara dan zat makanan yang sangat sedikit di dalamnya.

Latihan Bab

Pengantar Litosfer

Tektonisme

Vulkanisme

Seisme

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

kyonaa

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis tanah yang dapat ditemui di Pulau Kalimantan adalah tanah ....

504

2.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia